Monday, February 05, 2018

Adanya Sensor Gyroscope di Smartphone menandakan era Robotic sudah di genggaman kita

Guna sensor gyroscope / giroskop merupakan suatu perangkat lebih responsif terhadap perubahan seperti getaran, percepatan, gravitasi, orientasi, posisi, sudut kemiringan dan prinsip lainnya..


prinsip Gyroscope

Namun Sensor Giroskop ini hanya berbentuk chip yang ditanamkan ke smartphone kita.

Sensor giroskop MEMS (microelectromechanical) berukuran kecil (antara 1 sampai 100 mikrometer, ukuran rambut manusia). 

Ketika gyroscope diputar, massa beresonansi kecil digeser sebagai perubahan kecepatan sudut. Gerakan ini diubah menjadi sinyal-sinyal listrik yang sangat kecil yang kemudian dinaikkan nilainya sehingga bisa terbaca oleh micro controller.

Gyroscope di Smartphone


Hmm rumit juga sensor ini, maka dari itu agar sensor-sensor di smartphone kita tetap berfungsi dengan baik, maka kita harus menjaga agar tidak terjatuh, terkena air atau guncangan keras. 

Sensor Gyroscope ini hanya sebagian kecil dari sensor-sensor yang dimiliki oleh smartphone. Sehingga jika sekarang ini kita ingin mengecek apakah smartphone kita dalam kondisi baik atau tidak, perlu waktu lebih lebih lama untuk mengecek segala keseluruhan sensor-sensor yang ada di smartphone.

Sensor gyroscope ini gampangnya adalah sensor yang dibuat agar aplikasi smartphone dapat mengetahui posisi badan smartphone itu sendiri dengan cara mengumpulkan data posisi axis sebuah smartphone. Atau ibaratnya kita sebagai manusia, otak kita pastinya dapat mengetahui tubuh kita ini sedang tidur, jungkir balik atau tengkurap.

Mengapa ini penting? jadi posisi smartphone yang sedang kita pegang ini semua ada datanya, mau tengkurap, miring, lurus, bergerak sedikit, berputar berapa derajat. 

Sensor ini sedikit berbeda dengan sensor accelerometer yang hanya mengetahui posisi smartphone posisi landscape atau potrait yang biasa dipergunakan untuk rotasi tampilan layar kita. 

Walaupun pada akhirnya sensor Gyroscope ini hanya bisa berfungsi jika bersama-sama dengan sensor accelerometer untuk mendapatkan data yang akurat.

Lalu apa gunanya sensor gyroscope ini, banyak sekali salah-satunya mendukung sensor-sensor lainnya seperti compass, accelerometer, dll untuk mendapatkan keakuratan data navigasi.

virtual reality

Hubungannya dengan navigasi arah di maps maupun aplikasi lain adalah seperti penghitung langkah, pendeteksi tidur dan masih banyak lagi lainnya. 

Fungsi lainnya adalah dipergunakan untuk virtual reality dan game smartphone yang membutuhkan efek 3D. 

kok sepertinya hanya untuk mainan saja. Penting gak sih sebenernya?



Sebenarnya fungsi Gyroscope ini tidak hanya untuk mendukung aplikasi-aplikasi di smartphone saja, melainkan untuk teknologi lain seperti keseimbangan robotic. 

Jadi Smartphone yang ditanamkan gyroscope ini sebenarnya adalah era kemajuan robot nantinya akan memudahkan kehidupan manusia seiring dengan kemajuan perkembangan robot itu sendiri.

Jika Membicarakan robot, gak perlu sejauh membayangkan berbentuk orang dan bisa kita suruh-suruh untuk menyelesaikan pekerjaan kita. 

Sebenarnya tanpa kita sadari, mobil merupakan robot yang canggih, karena bahkan dari dulu sampai saat ini semua mobil menggunakan ECU (electronic control unit) sebagai otak komputer yang kian hari kian dipercanggih sebagai pengatur segala macam fungsi mobil tersebut baik mesin, interior dan eksterior, contohnya seperti sistem pembakaran, sistem intake, rem ABS, pendingin udara, tekanan udara pada ban, EPS (electric Power steering), dll. 

Semuanya drive by wire dan tidak sederhana. Yang dimaksud drive by wire sebenarnya mengikuti perkembangan pesawat terbang yang dulunya masih menggunakan sistem hidrolis, pegas, kawat penghubung langsung ke tuas pengemudi atau pilot, saat ini tuas-tuas tersebut sudah diatur dengan komputer sehingga perhitungannya akurat dan efisien.

Bahkan mesin cuci otomatispun bisa dibilang robot sederhana, karena kita bisa memprogramnya agar mode mencuci sesuai keinginan kita dalam sekali sentuh saja sudah bisa menyelesaikan beberapa macam program mencuci seperti cuci-bilas-kering. Sudah sejak lama era digital menggantikan era manual, bahkan hampir 100%.

 
motor yang seimbang





Demikian singkat mengenai sensor Gyroscope tanda bahwa era robot sudah ada digenggaman kita dari dahulu, jika ada yang kurang sesuai dengan tulisan ini bisa tinggalkan jejak dibawah. Blog ini dibuat bertujuan agar mudah dibaca sehingga tidak berisi istilah-istilah dan perhitungan-perhitungan teknis.

Salam pengguna smartphone pintar...
Ariestu

No comments: