Monday, March 09, 2015

Pekerja shift malam yang pemalas

Sebagai pekerja shift malam saya melihat jarang sekali ada artikel yang memaparkan cara hidup sehat ala pekerja shift malam. Padahal night worker ini emang harus ada di dunia ini dan mereka juga punya kehidupan sendiri. Cara hidup sehat dimanapun menganjurkan menjauhi begadang, asap rokok dan alkohol. Ya gimana caranya kamu sehat ya jangan begadang. Lalu mana cara gidup sehat dengan begadang?

Manusia itu butuh istirahat di malam hari, bekerja di siang hari, itu hakekat manusia. Tapi di jaman sekarang ada banyak pekerjaan yang menuntut sesorang harus begadang malam-malam sampai pagi. Bukan lembur, salah kalau anda bilang lembur, kalau lembur itu jam kerja normal tapi pulang kemalaman karena pekerjaan yang harus diselesaikan. Sifat lembur gak setiap hari. Berbeda dengan pekerja shift malam yaitu pekerja yang memang jam kerjanya mulai malam hari.
Do not disturb board

Memang dari sudut pandang orang yang tidak ditakdirkan untuk berkerja shift tidak akan memahami apa tantangan bekerja shift malam. Karena saat orang normal tidur, pekerja shift malam bekerja semalaman. Ketika orang normal bangun, pekerja shift malam mengakhiri pekerjaannya dan tidur. Jadi pekerja shift malam akan terlihat seperti pemalas, tiap harinya terlihat tidur-tidur saja sepanjang hari bagi orang normal.

Padahal pekerja shift malam jika tidur di siang hari pun mereka tidak akan senyenyak jika tidur di malam hari. Belum lagi jadwal shift yang tidak selalu sama atau berubah-ubah membuat jadwal tidurpun tidak tentu. Tak jarang pula mereka malah insomnia karena tidak bisa mengatur jadwal tidur.

Mengapa harus ada pegawai shift malam
Kalau ini penjelasannya singkat karena saat ini perusahaan membutuhkan produksi, pelayanan selama 24 jam selama 7 hari seminggu full. Contohnya produksi pabrik biskuit, mie instant, obat-obatan, jika gak diproduksi 24 jam tidak mungkin memenuhi target produksi mereka.

Ada pula pekerja pelabuhan yang sewaktu-waktu kapal datang harus bertugas sebagai operator angkut peti kemas di malam hari.

Ada lagi dari bagian keamanan, polisi, tentara, sekurity, pemadam kebakaran, dituntut pengamanan 24 jam.

Kalau saya sendiri petugas call center dan sebagian besar jam kerja adalah malam, pekerjaan ini sudah saya lakoni dari tahun 2007. Sejak pertama kali bertugas di telkom, xl dan sekarang ini pln. Hampir setiap perusahaan besar punya call center.

Kantor atau pabrik 24 jam biasanya ada di kota besar, namun dengan nilai upah minimum setempat yang rendah. Di perkotaan besar memang berbeda dengan di pedesaan terkadang pukul sembilan malam, toko-toko sudah tutup, orang-orang pada masuk rumah dan tidur.

Hidup sehat antara teori dan kenyataan
Perilaku hidup sehat kebanyakan jauh dari rokok, alkohol, kafein. Membiasakan tidur awal, bangun pagi. Olahraga cukup dan beristirahat cukup. Diimbangi gizi yang seimbang, cukup mudah untuk mencapai kehidupan yang sehat.

Pekerja malam akrab dengan asap rokok dan kafein, hal ini untuk menjaga konsentrasi pekerjaannya di malam hari saat orang-orang tidur. Situasi sepi pasti akan membuat ngantuk. Padahal pakar kesehatan mana yang menganjurkan teratur minum kopi dan merokok berlebihan tiap hari.

Pekerja malam suka susah tidur di siang hari, dan bekerja di malam hari membuat hari-harinya kurang istirahat dan gak fresh. Kalau anda sempat browsing apa bahayanya orang kurang tidur pasti ngeri sendiri. Susah tidur ini karena siang hari memang bukan waktu tidur, cahaya sinar matahari membuat kulit kita mengenali waktu dalam alam bawah sadar kita. Begitu pula sebaliknya jika malam hari, hormon-hormon akan menyesuaikan dan memberitahu otak untuk beristirahat.

Pekerja malam kadang memanfaatkan liburannya untuk tidur, ini menghilangkan kesempatan refreshing atau olahraga. Kadang tingkat stress pekerja malam lebih tinggi. Jika dipaksakan untuk refreshing atau olahraga korbannya adalah jatah tidur mereka yang belum tergantikan dan sudah harus kembali bekerja. Begitu berulang-ulang.

Pekerja shift malam akan cenderung sedikit obesitas. Ini disebabkan karena begadang dimalam hari akan membuat asam lambung diproduksi terus. Rasa lapar akan menyerang terus, sebagai gantinya mereka mengkonsumsi kalori untuk tenaga bekerja di malam hari. Namun sebaliknya tambahan kalori inipun buruk bagi kesehatan karena siang hari mereka tidur, sehingga kalori akan menumpuk menjadi timbunan lemak. Banyak dari pekerja malam yang perutnya cenderung membuncit. Bukan salah mereka.

Pekerja malam akan sulit berkonsentrasi di setiap acara, di setiap kesempatan karena mengantuk. Jarang sekali mereka merasa fresh. Kadang suka gak fokus kalau diajak bicara.

Tubuh akan melepas racun hanya ketika tidur istirahat dan dipagi hari. Pekerja malam yang gak punya kesempatan tidur di malam hari saya khawatir racun menumpuk terus, kecuali jika teratur berolahraga. Namun emang saya akui pekerja shift malam adalah orang-orang yang fisiknya kuat, mereka lebih cenderung dibayar menahan ngantuk. Orang-orang pekerja shift adalah orang yang pantas mendapat asuransi kesehatan nomor satu di perusahaannya.
Saya pun khawatir sebagian besar pekerja shift malam dimanapun akan susah beribadah sesuai waktu dan jauh dari sisi religius. Saya sendiri membuktikan hal tersebut.

Pekerja shift malam banyak yang mengira akan bisa bekerja double job, karena siangnya akan banyak waktu luang. Pada kenyataannya salah besar, karena siang waktu untuk istirahat. Bayangkan jika anda orang pekerja jam normal, pulang kerja langsung kerja sampingan sampai pagi, lanjut kerja lagi di pagi harinya begitu terus. Ini anggapan orang normal bahwa orang yang bekerja malam itu ga di'hitung' kerja, jadi bisa kerja sambilan di siang hari, karena yang nge,hitung' tadi lagi tidur. Setelah melakoni ternyata gak bisa. Kecuali sambilan-sambilan ringan seperti buka ppob, jualan pulsa, dagang kaos, tas, jajanan, itupun didalam komunitas kantor saja.

Lantas apa keuntungan bekerja shift kok banyak yang rela melakukan hal tersebut. Mungkin akan saya tulis kapan-kapan.

Cara sehat bekerja shifting malam versi praktisi
Pekerja shift malam tidak dapat menghindari kopi atau rokok, yang penting gak berlebihan, menabung sedikit demi sedikit untuk mengurangi porsi rokok dan kopi setiap harinya akan membantu kehidupan yang lebih baik di kedepannya. Untuk alkohol haram hukumnya untuk pekerja shift.

Olahraga yang disarankan adalah olahraga yang nyaman menurut tiap orang. Berenang, jogging, jalan kaki atau apapun itu. Yang jadi pilihan bukan jenis olah raganya, tapi waktunya. Itu yang gak kebayang bagi orang dengan daur hidup normal. Tiap orang butuh sinar matahari pagi. 

Pekerja shift malam yang pulang pagi seharusnya ngantuk dan tidur, namun terkadang tergoda untuk berolahraga di pagi hari. Olahraga pagi saat tubuh masih ngantuk sangat tidak direkomendasikan. Misalnya renang saat ngantuk berat, atau lari pagi saat yang dibutuhkan tubuh saat itu tidur. Tubuh masih dalam kondisi letih, lebih baik sarapan pagi dan berjemur sebentar, lalu tidur. Olah raga dapat dilakukan ketika libur shift, dan itu wajib dilakukan hukumnya.

Jangan lupakan berlibur. Pekerja shift terkadang tidak memiliki waktu untuk wisata atau piknik. Wisata tidak selalu harus di tempat yang jauh. Pekerja shift malah biasanya punya ide-ide yang unik untuk refreshing. Disarankan untuk refreshing dengan tema alam. Jauhi tempat-tempat dugem atau karaoke karena didalam ruangan.

Night worker schedule

Usahakan memejamkan mata atau tidur saat tidak ada pekerjaan di kantor di malam hari. Hakekatnya manusia adalah tidur di malam hari, percayalah dimanapun tidak akan ada pekerja shift malam yang jago melek disepanjang jam kerjanya, setiap hari. Mengistirahatkan mata penting, hindari mengobrol terus karena otak kita gak akan bisa istirahat. Kalau kebanyakan ngobrol tubuh akan kelelahan dan mengantuk berat. Jika sudah gitu tidur akan sulit dibangunkan. Kita harus pintar-pintar mengatur jam tidur. Pekerja shift malam itu kudu punya manajemen tidur.

Diketawain orang dengan daur hidup normal, "tidur aja pakai manajemen". Kalau mereka coba, bahkan mereka akan minta ampun jika ditakdirkan bekerja shift malam. Pekerja shift malam itu berbeda dengan begadang nongkrong atau nonton bola, mereka itu bekerja, dituntut profesional, dinilai dan setiap hari sesuai jadwal. Kalau nongkrong atau nonton bola itu kegiatan santai, mau gak pakai baju aja terserah.

Pola makan pekerja shift malam biasanya mereka akan makan di malam hari, atau makan malam yang kemalaman. Bervariasi tiap pekerja shift malam. Cenderung kesiangan untuk breakfast, hal itu wajar, karena daur hidup sudah berubah. Untuk menyiasatinya, pola makan harus sesuai pola makan orang normal. Makan minum harus dilakukan ketika lapar, 3 kali sehari. Minum ketika haus, jangan sampai menunda. Namun jangan berlebihan.

Nah semua curhatan bagi pekerja shift malam ini emang saya tulis karena pengalaman pribadi. Baiknya untuk jangka panjang pekerjaan shift emang layak untuk ditinggalkan segera. Siapapun tidak direkomendasikan untuk bekerja shift untuk jangka panjang. Idealnya perusahaan akan mempercepat turn over karyawannya.

No comments: