Wednesday, March 04, 2015

Era'ku adalah 90'an

Lahir pada tahun 84, masa-masa sekolah adalah tahun 90 an. Banyak artikel bahkan buku yang mengulas lengkap tentang makanan, barang-barang dan mainan jadul untuk nostalgia. Tapi kadang kalau kita baca, gak semua lho anak tahun 90 an yang tahu semuanya. Langsung aja ah bahasan tentang barang-barang tahun 90'an versi saya. Ah mungkin tulisan ini jadi panjang.

Permen Sugus dan Chiki balls
Tiap saya kewarung sama papa dulu selalu dibelikan permen Sugus, ada rasa orange, strawberry, coklat, bahkan kopi. Kalau chiki balls cuman adsarasa waktu itu keju, ayam sama coklat. Oh tiga ya hehe. Kalau ada yang mau bilang coklat supermen, coklat payung, permen cicak, kalau saya jarang dibelikan itu, jadi kurang tahu dan gak tau kenapa.

Iklan lawas

Belanja di Micky Mouse
Ini di Semarang ya, tiap pulang sekolah dasar pasti diajakin keluarga ke mini market ini. Lokasinya di simpang lima. Waktu itu belum ada matahari, apalagi citraland masih gedung olahraga waktu itu. Di micky mouse ini dilantai bawah eskalator ada toko mainan, papa saya suka belikan mobil-mobilan disitu. Mobil-mobilan kecil kalau sekarang hotwheels, kalau dulu seinget saya dibawah mobil.mobilan ada tulisan "made in macau".
Adalagi pasaraya Sri Ratu, kalau diajakin ortu ke sini istimewa, soalnya ada mainan yang dinaiki pakai koin-koin. Masih keinget juga kalau diajak jalan-jalan gitu kalau enggak dibelikan sesuatu rasanya pingin ngambek. Kudu dibelikan mobil-mobilan atau naik mainan koin.

Nonton Video
Jaman TK sampai SD kelas 3, masih inget banget namanya kalau gak salah vhs atau vcr lupa. Pakainya kaset besar, kalau mau nonton kudu di rewind dulu, sampai-sampai beli alat pemutar rewind nya khusus. Soalnya kalau di rewind di video player nya bisa cepet rusak mesinnya. Tapi kalau paling males adalah pas disetel gambar nya kadang jelek, kudu dibersihkan dulu head nya pakai kaset khusus yang ada alkoholnya, ampun repotnya. Kaset video itu biasanya minjem atau sewa, kadang dicoba dulu. Kalau beli mahal, ga tau berapa.

Mengenal video pertama

Kalau playernya biasanya merek terkenal Sony atau Toshiba, bukan seperti sekarang dvd player gak harus merek terkenal, bisa aja merek china yang miring harganya.

Goggle V
Filem favorit anak kecil saya waktu itu superhero made in Japan yaitu Goggle Five ("emang gini nulisnya goggle, bukan google, yah mbah google kan jaman sekarang"), mungkin mbahnya power rangers kali ya. Sama jumlahnya lima orang warna-warni sehingga mudah dikenali. Kalau orang dewasa minjem filemnya paling filem silat, kungfu yang model serial kurang paham judulnya. Oiya tom and jerry waktu itu juga udah terkenal.



Google v


Filem Serial
Beda sama sekarang, sekarang kalau diperhatikan ga ngetren nonton filem serie di televisi. Kalau dulu tontonan yang saya inget MacGuyver, airwolf, night rider,  highway man, bicrosers, jiban. Kalau pas TK lawas lagi kalau saya masih ingat yaitu hi-men, centurion power extreeme.

Night Rider


Tamiya
Karena terpengaruh film dash yankuro di TVRI waktu itu anak-anak sejaman itu punya tamiya semua. Kalau enggak ya bikin tamiya kertas. Saya waktu itu udah ga punya papa, papa saya dipanggil yang maha kuasa saat umur lima, terus yang belikan mainan seringnya paman saya. Saya dibelikan tamiya yang mereknya bukan tamiya, model avante.

Tamiya saya


TAZOS
Masa-masa SD pun berganti ke SMP, Tazos adalah hadiah dari chiki yang bisa dikoleksi. Banyak banget iklannya di televisi. Bisa dibentuk-bentuk sesuai kreasi atau dibuat balapan dan dilontarkan ke udara. Anak jaman itu ya mudah dipengaruhi tivi sih. Busuk juga.

Hadiah chiki

Musik Rock
Di jaman itu saya baru seneng-senengnya musik agak telat, yaitu pas kuliah. Lagu yang nge hit saat itu padi, sheila on 7, gigi, coklat, rif dan masih banyak lagi. Nuansa rock masih laku saat itu. Kalau band luar negeri dicontoin sama kakak ipar saya metallica dan gun roses. Sedikit aroma dream theater jadi lebih mewarnai masa-masa kuliah.



Motor bebek dua tak
Waktu saya masih sekolah motor-motor yang merajai adalah motor bebek, gak seperri sekarang motor matic. Konon kalau jaman saya dulu ada motor matic akan di ejek. Motor jaman itu masih banyak yang 2 tak dipakai sehari-hari. Seperti F1ZR dan Satria-R. Motor bebek malah berkopling-kopling ria. Yang dibutuhkan waktu itu bukan kenyamanan tapi speed dan gengsi. Sekarang motor 2 tak yang masih dipakai cuma motor laki-laki, Rx-king dan ninja, lainnya motor matic semua.

Iklan motor 2 tak

Model Mobil
Mobil yang saya amati waktu itu bentuknya panjang-panjang, sedan. Berbeda dengan sekarang sepertinya yang ngetrend adalah mobil hatchback, itupun dengan bentuk ruang mesin terbatas. Kemajuan jaman emang mempengaruhi selera orang, dan selera orang pun itu cuma ngikut perkembangan jaman aja.

Model lawas itu kesannya panjang


Akrab dengan kaset
Saya curiga anak sekarang lihat kaset bingung benda apa ini. Dulu nyetel lagu itu pakai kaset, dimasukkan ke tape. Dulu ada mini compo, tape deck, ada amplifier dan equalizer untuk dengerin lagu yang bagus. Beda dengan sekarang yang serba canggih dan digital, equalizer lebih ngatur ke digitalnya. Lucunya dulu saya selalu punya obeng kecil untuk nyetel ketinggian head tape dan selalu punya cara agar kaset tetep bisa didengerin dengan jernih. Walau kasetnya udah tua.

Kaset

Pada saat tahun-tahun 1995 sd 2000 itu beralihnya ndengerin lagu di kaset jadi mp3 di komputer atau handphone. Orang-orang mulai kagum sama era yang berubah tadinya beli kaset yang isinya 20 lagu paling banyak, beralih ke mp3 yang disimpen ke komputer, cd dan handphone bisa ratusan lagu. Era-era perubahan ini unik menurutku, gak semua era mengalami transisi seperti ini. Banyak bisnis rental atau counter hape di mall yang nawarin isi lagu ke handphone. 

Akrab dengan telepon rumah
Telepon kabel saat itu jadi primadona saat belom ada handphone. Kadang kalau ada temen yang gak punya telpon di rumahnya kayanya jadi kurang gaul dan susah dihubungi. Keinget jaman dulu belum ada komunikasi handphone, pas janjian sama temen-temen SMA di malam tahun baru setelah kumpul, pada jalan sendiri-sendiri berpencar, kacau. Itu jaman dulu, sekarang sejak ada ponsel terus komunikasi jadi lebih koordinatif.

Telepon rumah kabel

Bikin Friendster
Kalau gak salah waktu kuliah semester tengah-tengah, diajarin temen bikin fs, singkatan friendster. Semua foto-foto bisa diupload disana. Bisa kirim-kiriman wall disana. Hehe, tapi sayangnya di fs kadang wallpapernya bisa diubah-ubah jadinya malah membingungkan. Friendster sekarang udah bangkrut, jadi website khusus game online.

Friendster

Sekian cerita masa era 90 an versi saya. Emang masa-masa era 90 an ini adalah era yang paling asik dan keren menurut orang yang lahir dan menikmati di masa teraebut. Orang yang lahir di masa sebelum atau sesudahnya gak bakal ngerti atau bilang asik. Mereka punya masa sendiri-sendiri yang asik-asik juga.



2 comments:

yeardlydahle said...

Snow Peak Titanium Flask - Titanium-arts.com
TitoNnite 2014 ford focus titanium hatchback Flask. TitoNite Flask - TITanium-arts.com. babyliss pro nano titanium flat iron TitoNite Flask titanium dab nail - TITanium-arts.com. 2013 ford focus titanium hatchback TitoNite Flask - TITNite Flask camillus titanium - TITANA-arts.com. TITANA-arts.com. TITANA-arts.com. TITANA-arts.com.

mcthasme said...

h733f1ymvzm756 dildos,vibrating dildos,dildo,Clitoral Vibrators,dildos,realistic dildo,male sex dolls,dog dildo,dual stimulator a185h5erclw624