Sunday, March 15, 2015

Kenali Arloji kesayanganmu

Sore-sore disuatu kesempatan di sela-sela nganggur di kantor saya kerapkali bincang-bincang mengenai jam tangan atau arloji dengan teman-teman. Maklum teman-teman adalah muda-mudi yang suka akan fashion, sehingga arloji adalah hal yang penting untuk menunjang penampilannya.

Saat itu kebetulan saya pakai arloji Swiss Army chronograph dengan dial warna abu-abu dan model krepyak all stainless steel warna putih biasa, yang saya beli di tahun 2007 di salah satu toko jam lawas di Matahari dengan harga 600.000,-

Memang ini bukan arloji yang mahal, tapi berkualitas materialnya. Seperti yang kita ketahui arloji Swiss Army banyak diminati muda-mudi penggemar arloji pemula karena bentuknya keren-keren.

Saya dulu ngira arloji ini dari Swiss, sama seperti pisaunya Macguyver yang logonya tanda plus. Tapi ternyata setelah tau lebih banyak tentang arloji, ternyata Swiss Army merek lokal buatan china. Merek yang saya maksud adalah Victorinox Swissarmy, harganya paling murah dua juta rupiah, itu aja yang paling murah segitu diperuntukkan sebagai gift atau souvenir.

Victorinox Swiss Army

Produsen tersebut juga memproduksi pisau lipat yang digunakan oleh macguyver.

Pisau macguyver
victorinox swiss army

Tapi bukan berarti jam Swiss Army gak bagus. Swiss Army merek sekelas dengan Expedition, Alexander Christy. Memang walau Swiss Army merek sendiri, terkadang mengecoh pembeli awam. Swiss Army adalah merek original bikinan China. Bukan tiruan dari Victorinox Swiss Army.

Ada teman saya yang bilang kalau Swiss Army itu untuk dijual di Asia, kalau Victorinox Swiss Army dijual di selain Asia. Saya rasa temen saya ini salah, tapi saya gak ingin mematahkan semangatnya memiliki arloji Swiss Army. Kalau menurut saya Victorinox Swiss Army gak ada hubungannya dengan Swiss Army. Swiss Army bahkan gak punya website. Kalau anda search swissarmy.com ntar ngarahnya ke website resmi victorinoxswissarmy.com. disitu anda tar bisa lihat harga arloji original itu berapa. Hehe. Kalau dilihat sepintas dari lambangnya aja udah beda, kalau Swiss Army itu jajaran genjang tengahnya ada tanda plus, kalau victorinox swissarmy itu tameng ada tanda plusnya ditengah.
Merej china, bukan Swiss

Vixtorinox Swissarmy, ini Swiss asli

Arloji Swiss Army chronograph yang saya pakai sehari-hari ini dari tahun 2007 tahan air walau digunakan berenang, material stainless steelnya sampai sekarang masih tetap awet dan gak berubah warnanya. Biasanya kalau arloji besi krepyak kualitas kw, pasti dibaliknya lama-kelamaan muncul hitam-hitam karat. Apalagi kalau udah bertahun-tahun. Belum lagi pemiliknya mengaku alergi gatal-gatal memakainya. Padahal jika yang dipakai dari bahan all stainles steel ditangan akan terasa nyaman.

Dibeli pakai Gaji pas kerja di call
center Telkom th 2007

Sedangkan kaca penutup dial nya sendiri bukan kaca biasa, model shafire yang anti gores. Ini sih bilangnya si penjual 8 tahun yang lalu. Saya gak terlalu yakin ini shafire, tapi walau mungkin shafir-shafir'an dan bisa tergores namun lebih kuat dan sampai sekarang gak terlalu banyak goresan padahal sering terbentur-bentur meja hehe.

Untuk batere originalnya tahan sampai 5 tahun. Untuk batere selanjutnya cuma tahan 2 sampai 3 tahun saja.

Namun kekurangan dari arloji Swiss Army saya adalah masih menggunakan baterai, sehingga riskan jika diganti baterainya enggak anti air lagi kalau teknisinya ga pinter. Dan beberapa teman merasakan arloji saya lebih berat jika dibanding arloji miliknya. Padahal kalau saya lihat arloji-arloji original kebanyakan beratnya sama dengan Swiss Army saya. Memang arloji kw akan terasa ringan kalau dipakai dan selama ini banyak pengguna arloji yang lebih senang dan terbiasa menggunakan kualitas kw.

Oiya satu fakta lagi tentang arloji Swiss Army yang baru-baru saya sadari ternyata memang China banget, modelnya banyak meniru arloji-arloji merek laris dan terkenal, seperti Casio Eddifice. Baik model dan warnanya persis, yang beda cuman logonya saja.
Bentuk sama, merek beda

Dulu saya penggemar arloji-arloji merek kw, ganti-ganti arloji. Sekedar sharing aja tentang mengenal arloji original, kw, BM dan replika.

Original
Melihat dari paket pembeliannya, box, kartu garansi, sertifikat, buku petunjuk semua harus ada. Iya harus ada semua, ga boleh kurang satu aja dari yang tadi saya sebutin. Dan semuanya punya nomor seri yang sama dengan arlojinya. Box atau wadah arloji juga gak polos-polos aja, biasanya di design atau berwarna sesuai dengan merek atau model arloji. Kalau pas beli arloji disuatu toko jam dan dikasi box yang bentuknya sama semua, itu box yang diberi dari toko jam nya. Misalnya beli arloji A diberi box item dengan sabuk kertas putih polos, ntar beli arloji merek B juga dikasih box yang sama. Itu tandanya arloji dibeli partai besar, kodi'an oleh toko jam. Beli arloji gak ada dus aslinya sama aja gak original.

Belum lagi buku petunjuk. Standar pembelian barang elektronik apapun di dunia ini harus ada buku petunjuk resminya. Buku petunjuk pun kualitas cetakannya juga harus niat, kalau terlihat copy'an atau cetakannya jelek jelas perlu diragukan. Isi petunjuknya pun harus persis sama yang dioperasikan dengan arlojinya. Kalau memang barang itu resmi dijual di Indonesia, buku petunjuknya pasti berbahasa Indonesia bukan bahasa Inggris apalagi China. Namun kalau produk tersebut bukan resmi dijual di Indonesia, bahasanya tentu bukan bahasa Indonesia. Tapi kalaupun bahasanya china apa ya kita bisa ngerti itu original apa enggak. Tambah gak jelas kan.

Contohnya chronograph (stopwatch) di buku petunjuk arloji bisa digunakan untuk mengukur waktu dua putaran/two laps, begitu juga di arlojinya. Soalnya pengalaman saya, di buku petunjuk arloji Swiss Army saya chronographnya gak sesuai dengan produk arlojinya. Kalau yang gak terlalu teliti gak bakal jadi hal penting. Karena kita gak bakal tahu kalau gak dicoba dulu. Untungnya Swiss Army saya walaupun saya curiga abal-abal, toh udah teruji keawetannya sejak tahun 2007.

Tahan Air
Istilah water resistant, water proof itu gak hanya tulisan. Dan bukan hanya terkena cipratan air. Semua arloji original adalah water resistance. Tahan air, titik. Tahan celup, bukan cipratan atau hujan atau air wudhu saja. Serta petunjuk kedalaman anti air yang tertera di arloji itu juga bukan asal tulis. Tulisannya ATM, BAR atau Meters. Sebagai contoh water resistance salah satu arloji cewek original adalah 3 atm, itu bukan 3 meter. 3 atm itu 30 meter. Bayangkan jika arloji itu gak asli dicelupin semeter aja udah rusak.
Jadi kalau ada penjual arloji bilang kalau arloji yang dijualnya tahan air hujan atau air cuci tangan atau mandi aja, kalau dibuat renang enggak bisa, dah pasti itu arloji gak original. Apalagi cerita arloji dengan kaca berembun, itu gak bakal terjadi di arloji original. Jikapun berembun karena cuaca ekstrim maka akan langsung hilang dalam hitungan detik. Saya pernah baca di buku petunjuk casio G-shock saya dan membuktikan sendiri memang benar.

Website Resmi / official website
Kalau cara-cara diatas masih kurang yakin, anda bisa cari tipe atau seri yang ada di sisi belakang arloji untuk di cari di google. Kalau muncul dan mengarah ke website resmi produsen arloji, minimal bisa dipastikan arloji anda modelnya memang resmi ada. Bandingkan bentuk dan fiturnya melalui website resminya, bukan website toko jualan jam. Contoh Casio Eddifice ef550d, ada di website resmi casio cek disini.

Bahkan ada juga website resmi yang menyediakan cek nomer seri produknya, tinggal masukin seri yang ada di arlojimu nanti akan muncul spesifikasi dan detailnya. Kalau dimasukkan ke situ muncul berarti produk arloji anda dijamin original karena resmi terdaftar. Namun biasanya data arloji yang muncul adalah produk-produk yang baru dibeli belum lama.

Garansi
Garansi yang diberikan minimal 1 tahun dari dealer resminya, bukan garansi dari toko. Kadang toko itu karena ahli otak atik jam berani ngomong garansi ini itu. Pernah saya hampir beli arloji G-shock di counter toko jam di salah satu mall, dijanjikan garansinya sepuluh tahun. Garansi resmi aja setahu saya G-Shock cuma dua tahun. Maksudnya adalah garansi toko. Selang beberapa minggu counter toko jam itu tutup, gak tahu pindah kemana. Jangankan sepuluh tahun, sebulan aja gak bisa njamin.
Perlu diketahui dealer resmi arloji di Indonesia itu gak ada di tiap kota dan jarang banget. Contohnya Casio Indonesia cuman ada di Surabaya dan Jakarta. Biasanya toko jam yang baik membantu pelanggannya untuk klaim garansi di dealer resminya. Perbaikan yang dilakukan toko jam bisa saja malah membuat garansi resminya hangus.

Straps
Straps itu yang melingkar di pergelangan tangan. Modelnya ada empat, model logam, karet, kain dan kulit. Untuk model straps yang saya gemari adalah logam dan karet, yang lain saya kurang cocok karena di daerah tropis akan susah merawatnya agar tetap kering akibat keringat atau air wudhu. Jenis logam dan karet akan mudah untuk sering-sering dibilas dan dikeringkan. Namun jenis kulit memang terlihat paling elegan dan untuk bahan kain akan terasa paling nyaman digunakan untuk aktifitas outdoor.

Straps yang original memiliki kualitas yang bagus.
Karet: bukan karet biasa, tapi dari getah tumbuhan khusus bahan dasarnya sehingga tidak akan bau, gak bisa berjamur, anti alergi, nyaman digunakan, lembut, elastis namun sangat kuat.

Logam: terbuat dari all stainless steel, bukan hanya lapisannya saja. Sehingga tidak bisa berkarat sampai lama sekali. Kecuali jika sering digunakan di air asin. Tertulis di bagian belakang arloji all stainless steel untuk keseluruhan bagian bahan arloji yang anti karat, termasuk baut-baut arlojinya. Jika tertulis stainless steel back, berarti yang stainless steel hanya penutup bagian belakang arloji dan pergelangannya saja yang diberikan sepuhan lapisan stainless steel. Nantinya akan lebih mudah berkarat.

Untuk arloji all stainless steel ini emang akan sedikit berat atau mantab. Entah ini kelebihan atau kekurangan. Kalau saya selera arloji stainless warna putih biasa, memang lebih keren yang hitam dan lebih mahal, namun jika arloji dengan harga kisaran sejuta, cat hitam yang menutupi bahan all stainless nya akan memudar lama-kelamaan atau tergores karena pemakaian.
Kasta yang lebih tinggi dari stainless steel di dunia arloji adalah titanium, karena selain tahan karat selamanya walau terkena air garam. Titanium juga lebih kuat dari goresan pemakaian sehari-hari dan lebih ringan. Selain itu ada juga bahan dari emas murni, kalau ini saya enggan membahas. Selain belum pernah punya arloji emas, auranya lebih ke perhiasan murni.

Kain: straps dari bahan kain menurut saya cocok dan nyaman karena lebih flexibel untuk kegiatan outdoor. Naik gunung atau hiking. Karena sifatnya gak licin dan kesat jika terkena keringat. Untuk sifat kain pada jam original nyaman digunakan, lembut tapi kuat dan awet. Karena akrab dengan kulit sehingga dibikin dari bahan yang berkualitas supaya gak dibuat sarang bakteri.

Kulit; kharisma arloji yang memiliki straps kulit memang terlihat paling keren, elegan dan fashionable. Straps kulit tidak cocok digunakan di outdoor. Karena jika kulit terkena air akan cepat rusak walau berkualitas tinggi dan original. Contohnya straps kulit cocok digunakan pekerja eksekutif yang ga pernah berkeringat, di dalam kantor indoor, keluar ruangan pun diantar mobil ber AC sehingga gak ada cerita berkeringat. Straps model ini emang lebih bertujuan untuk fashion.

Arloji KW
Kw itu sebenarnya singkatan kwalitet kali nya. Jadi menunjukkan tingkatan kualitas. Kw super, Kw1, kw2, dst. Intinya kw itu tiruan dengan kualitas dibawah original sesuai dengan tingkatannya, begitu juga harganya.
Jadi, ada penurunan kualitas di sisi produksinya, tapi dibuat semirip mungkin dengan barang original tujuannya agar terjangkau dan tetap gaya menyerupai dengan original.

Dari segi produk, sangat gampang kelihatan dari ciri-cirinya. Tapi kalau belum pernah lihat atau punya arloji original memang agak susah membedakannya. Arloji kw juga bagus-bagus. Ciri-cirinya terlihat dari hal sebagai berikut,
Harga: harga menunjukkan kualitas, harga arloji original bervariasi. Jaraknya jauh dari harga original, misal harga arloji original casio eddifice paling murah 1.450.000, harga arloji kw nya 300.000,-.

Perhatikan angka digital: jika arloji digital kw, angka digitalnya kelihatan seperti angka kalkulator, besar-besar, gak rapi, kalau pas diatur waktunya atau sedang dihidupkan stopwatchnya seakan kedip-kedipnya gak rapi, gak halus khas arloji kw. Pokoknya terlihat sedikit kurang elegan. Malah seperti mainan.

G-shock riseman kw


G-shock riseman original

Kualitas materialnya,
Arloji akan terasa ringan, Arloji bahan logam kalau digerak-gerakkan akan berisik karena kurang presisi.

Kacanya terlihat sangat tipis untuk beberapa model, rasakan pas anda ketuk-ketuk kacanya.

Amati gerakan jarum jika arloji analog, biasanya jarum gak persis diangka atau garisnya. Bukan hal yang wajar, arloji original dibeli mahal karena ketepatan waktunya, presisi pas antara jarum dan garis angka yang ada di dialnya.

Gak tahan air, berembun. Kadang suka berembun berhari-hari. Saya suka geli kalau ada arloji berembun dan pemiliknya ngeluh terus. Saya suka sarankan masukin beras semalem biar anget.

Kalau arloji karet, karetnya kaku, warnanya enggak cerah, mudah getas. Mungkin karena campuran plastik. Setahu saya gak pernah ada arloji dengan strap plastik.

Arloji kw kelihatan gak ada kharismanya dan gak bakal tahan lama.
Kaca nya mudah lepas, kalau pas sial karena gerakan tangan atau benturan sedikit, kaca arloji akan mudah lepas jika arloji kw. Pengalaman saya dulu kalau udah lepas, jarumnya kena tangan, terus malah kadang di bengkok'in keatas biar lucu, dikembalikan gak bisa lurus lagi nah rusak semua deh. Kalau kaca udah buka kaya gitu akan kelihatan kw nya, bagian dial arloji yang terlulis angka-angka jam biasanya dari kertas atau plastik yang kaya gitu doang.

Gak ada box, buku petunjuk apalagi sertifikatnya. Garansi yang diberikan adalah garansi toko. Arloji kw mana ada box/dusnya'hehe. Orang toko biasanya belinya partai besar dalam karung. Cirinya adalah kalau pas beli di toko jam diberi tawaran pakai kotak apa enggak, kalau pakai nambah duit. Kalau enggak mau, arloji akan diberikan di kotak panjang kecil, atau parahnya lagi cuman diplastik dengan label toko, Hehe.

Arloji asli box nya gak
polos-polos aja

BM (black market)
Saya sendiri belum pernah nemu barang beginian. Arloji BM itu sendiri adalah arloji original yang dijual di negara tertentu tapi enggak sebagai barang resmi, gak diimpor melalui distributor resmi. Intinya tanpa terkena pajak bea cukai atau selundupan. Harganya tentu saja lebih murah jika dibeli langsung dari pabrik. Namun yang terjadi kejanggalan adalah, bukannya produsen arloji telah menjual dengan harga konsumen. Maka dimanapun harganya akan sama, atau jika ada perbedaan, harganya gak jauh berbeda.

Asumsi lain adalah arloji original yang gagal produksi dan cacat sedikit, namun layak digunakan dan bergaransi. Memang sih ada barang-barang elektronik yang beginian. Sehingga harganya murah karena gak bakal laku. Namun janggalnya, pabrik pembuatnya masa gak me-recall produknya yang seperti ini?, jika ada barang cacat pasti gak akan dijual, karena setiap pabrik produk apapun pasti ada quality controlnya. Mungkin bisa saja arloji yang cacat malah dihancurkan, karena akan mempengaruhi nama baik merek arloji itu.

Ada banyak website toko jam dan jualan di sosmed yang nawarin arloji BM, dengan harga jauh dari harga resminya. Misal Casio Eddifice Ef543d original harganya 1.900.000, barang yang ngakunya BM cuma 800.000. Anehnya semua arloji casio yang BM pukul rata 800.000,-.

Hati-hati, janggalnya masa sih produk BM banyak banget stok nya. Kalau saya kira barang BM ini sebenarnya barang KW atau replika super tiruan. Ini terbukti bahwa arloji Swiss Army dapat membuat desain persis dengan Casio Ediffice, beda logonya saja. Bayangkan kalau logonya dibikin sama. Bingung, apa harus bongkar arlojinya biar tau dalemannya sama apa enggak?. Nah..

Untuk box dan buku petunjuknya lengkap, hanya biasanya petunjuknya berbahasa China. Tapi bisa juga box dan buku petunjuknya dipalsu, secara buat arloji tiruan aja bisa, apalagi cuma box dan buku.
Kalau menurut yang jualan sih karena dibeli langsung dari china dan barang kapal. Jadinya ga kena pajak.

Sebelum percaya, bayangin harga segitu yang jualpun sudah dapat untung, sebenarnya berapa harga aslinya? Pasti lebih murah lagi. Makin gak percaya akan stok arloji BM ini.

Tapi saya pernah punya teman yang dibelikan pamannya G-shock dari Jepang, original. Ni karena karena pamannya pelaut. Waktu itu pamannya beli G-shock dengan tipe itu seharga 600.000 disana, dan kalau harga resminya di Indonesia waktu itu 850.000. Harganya gak terpaut banyak. Nah mungkin maksudnya seperti ini barang BM itu alurnya. Tapi kan bukan dijual belikan. Itupun cuma satu karena sebagai oleh-oleh.

Replika
Nah barang replika ini emang sengaja dibuat karena ingin meniru persis barang originalnya. Dan penjualnya memang mengakui kalau barang tersebut replika. Replika berbeda dengan kw. Karena barang yang namanya replika tentunya jelmaan sama persis merek originalnya. Jadi tidak ada penurunan kualitas disini.

Dan replika ini gak murah. Contohnya rolex, mau tahu harga arloji Rolex, mungkin sekitar 50 juta. Replikanya harganya cukup 10 juta. Apa ketipu? Enggak. Bayangkan harga sepuluh juta bisa beli arloji original merek lain. Bahkan dengan kasta tertinggipun. Tapi replika tersebut punya kualitas tinggi.
Namun emang ada penggemar arloji replika. Replika arloji Rolex itu juga dibuat dengan bahan berkualitas sama persis. Lantas apa yang membedakan.

Arloji swiss asli itu dibuat pakai mesin swiss ETA namanya
Arloji swiss dibuat di negara swiss dengan insinyur berpengalaman.
Arloji swiss diuji di swiss dan bersertifikat.

Seberapa pentingkah sertifikat arloji Swiss? Bagi orang awam seperti saya gak begitu penting, namun bagi angkatan bersenjata, tim sar, peneliti, ilmuwan, kalangan profesional, pembalap profesional, ketepatan waktu sangat penting. Arloji yang bagus adalah arloji yang presisi.

Faktanya, ternyata arloji atau jam yang kita pakai itu punya rentang kewajaran ketidakpresisi'an waktu setiap bulannya. Yaitu kurang atau lebih sekitar kurang dari 6 detik setiap bulannya untuk arloji analog dan kurang dari 3 detik untuk arloji digital. Kalau orang awam seperti sayapun hal ini gak terlalu penting.
Mengapa bisa demikian, karena arloji memiliki teknis gerak yang berubah dipengaruhi gerakan, suhu, baterai, material, cairan pelumas arloji dan faktor lain yang dapat menghambat atau malah mempercepat laju detik jam tiap bulannya sedikit demi sedikit.

Arloji yang baik adalah arloji yang semakin sedikit rentang waktu kesalahannya yaitu kurang dari 0.5 detik setiap bulannya. Biasanya arloji-arloji yang dibuat di Swiss dan dilisensi oleh pabrik jam Swiss. Disana mereka yang memiliki standar waktu persis di seluruh dunia yang dijadikan acuan. Standar waktu tersebut selalu dikalibrasi oleh para ahlinya. Apabila merek arloji mendapatkan sertifikat uji dari swiss berarti kualitas arloji tersebut sangat bagus dan presisi.
Nah beda arloji replika itu memang dibuat dengan mesin Swiss namun tidak dibikin di negara swiss ataupun diuji sertifikasi disana. Itu yang membedakan dari segi harganya.

Kesimpulannya dahulu saya lebih suka gonta-ganti arloji kw, namun karena jengkel tidak bisa diandalin, saya beralih ke arloji original. Mendingan original tapi murah daripada kw yang murah tapi enggak awet.

Nah demikian sharing saya tentang arloji, karena kepanjangan saya mohon pamit kali ini karena udah terlalu panjang. Hehe