Wednesday, March 18, 2015

Timor, bahan olok-olok?

Ngebahas mobil bekas yang saya beli 2 tahun silam ya. Its my first car. Kenapa first car itu menjadi penting, karena disaat saya selama ini ngrawat motor sekarang ngrawat roda empat. Yang biasanya saya taunya kalau motor, ganti oli mesin dan stel klep. Mentok-mentok ganti kampas rem, ganti ban, setel kekencangan rantai, itu doang.

Ngerawat mobil apapun, baru, bekas tetap aja beda dengan ngerawat motor. Biasanya seperti saya orang yang baru pertama ngerawat mobil akan ngerasa mobil tuh boros banget yah. Kok beda sama motor. Ya iyalah, contohnya oli mesin motor bebek saya 1 liter kurang (800ml), lain dengan mobil harus beli 4 liter sekali ganti.

Pilihan saya jatuhkan ke mobil Timor DOHC (injeksi), kenapa pas saya lihat mobil ini bentuknya cocok banget sama selera saya, baik interior maupun exteriornya. Udah bulet bodynya, walau timor bukan mobil kekinian. Selain itu harganya murah namun bisa dapet tahun mudaan (th 2000). Banyak juga kekurangan mobil ini sih, tapi bisa dimaklumi kok.

Saya coba ambil sudut pandang beda dari mobil ini. Timor adalah mobil nasional jaman pemerintahan Pak Harto. Proyeknya putra Pak Harto yaitu Tommy Suharto. Mobil ini dari dulu jadi cemoohoan publik karena dimata masyarakat adalah mobil murahan dan produk gagal.
Tawangmangu

Cemoohan itu ada benernya juga. Mobil Timor adalah re-badge dari Kia Sephia yang merupakan produk Korea Selatan, namun dipesan spesifikasinya lebih rendah agar harganya murah.

Sedikit tentang Kia Sephia ini, menurut bacaan yang ada di google, mobil ini yang diproduksi dan diekspor oleh Kia sebelum KIA mengalami krisis dan bangkrut. Karena bangkrut sahamnya diakuisisi oleh Hyundai. Dibeli karena alasan nasionalis sesama produk korea. Mungkin agar nasib perusahaan tersebut bisa diselamatkan. Setelah itu KIA gak ngelanjutin produksi mobil merk Sephia ini. Entah apa Sephia itu juga enggak bagus penjualannya. Setahu saya Sephia waktu itu di jual di Amerika tahun 93 untuk meramaikan pasar sedan pesaing Toyota Corolla.

Mungkin jaman dulu itu karena belum ada internet kali ya, jadi orang Indonesia main percaya aja kalau pemerintah bikin kebijakan. Timor digadang sebagai mobil nasional buatan anak bangsa. Emang ga salah, waktu itu KIA memang enggak pelit buat transfer ilmunya ke anak bangsa, banyak mekanik handal yang ditraining ke Korea untuk nantinya bisa memproduksi di negara kita sendiri. Timor awalnya memang sebuah merek yang menginginkan kemandirian, orisinalitas dan nantinya merek yang berasal dari Indonesia. Bukan seperti mobnas sekarang ini, buatan asli Indonesia tapi malah masih gunakan label Jepang.

Gak mau kepanjangan ngomong sejarah Timor ini, karena di google banyak. Intinya ini adalah mobil kontroversi karena dapat keringanan bea masuk impor dari pemerintah Indonesia. Sehingga menimbulkan protes dari produsen mobil lain seperti Honda, Toyota dan lain-lain kepada WTO, sebuah asosiasi perdagangan dunia. Akhirnya dinyatakan WTO bahwa PT Timor Putra Nasional (TPN) harus mengganti rugi serta menaikkan harganya. Mulai dari situ timor pelan-pelan jadi bangkrut.

Banyak anggapan miring tentang mobil Timor ini. Sampai-sampai kalau saya sedang nyuciin mobil di bengkel cuci yang agak bagusan dikit, sering diajak ngobrol sama mas-mas yang ngelap. Saya diberitahu kalau mobil Timor itu mobil produk gagal. Gak ada spare partsnya dan susah. Lalu saya nanya sama mas nya tukang lap apa pernah pakai Timor, atau pernah ikut club Timor. Ternyata dia sama sekali gak pernah megang Timor.

Saya heran terus kenapa dia bisa beranggapan gitu. Setahu saya selama ini Timor udah nemenin saya aktifitas kemana-mana, jalan-jalan, kerja, nganter orang sakit. Sampai pernah ke medan yang ekstrim pas jalannya rusak parah buat sedan, cuma saya aja yang pakai, itu karena saya gak tahu medan. Tanjakan setinggi Tawangmangu saya juga lancar bisa dilewati.

Hehe, mobil Timor saya juga rodanya muter kaya mobil lain, spion nya juga elektrik, pembakarannya juga injeksi walau ga serumit mobil injeksi sekarang, ada power windownya juga, trus yang gagal dimananya.

Emang Timor itu sekarang udah gak ada bengkel resminya, udah bangkrut. Tapi banyak bengkel yang paham Timor karena emang mesinnya sama dengan mobil-mobil lain. Spare partnya banyak dan masih diproduksi sampai sekarang, istilahnya bukan kanibal. Spare partnya banyak dijual di toko onderdil, karena tipe nya sama dengan mobil sedan lain, seperti Mazda, Hyundai, Ford. Iya emang sebenarnya aslinya mesin mobil Timor jiplakan dari mobil-mobil jepang. Mesinnya sama persis dengan Mazda Familia. Biasalah, korea itu dulu gitu strateginya meniru dan sekarang bisa maju.
Belum lagi kalau saya lagi dijalan nggelinding santai, mobil-mobil yang baru itu gak mau berada dibelakang saya. Apa karena mobil saya sedang santai. Pas saya naik mobil selain Timor, perasaan saya malah lebih lamban tapi mobil dibelakang saya hampir gak pernah minta duluan gak sabaran. Padahal setelah saya berikan jalan buat lewat, tar juga mobil itu kesusul lagi. Semoga ini cuma perasaan saya saja.

Yang bikin saya gumun lagi kalau pas di toko onderdil, kalau nyari spare parts ringan-ringan aja, ditanyain sama pemilik tokonya mobilnya apa, setelah saya jawab Timor, kayanya penjualnya langsung bilang gak ada. Saya pernah mau beli lock actuator, itu loh perangkat buat central lock biar bisa ngunci sendiri. Itu ada alatnya yang universal bisa dipasang dimobil apa aja termasuk timor. Tapi lagi-lagi belum sampai tanya-tanya lebih jauh si penjualnya udah bilang kalau buat Timor enggak ada.

Saya kadang juga mikir apa salah mobil Timor koq sampai segitunya dicemoohkan. Kalau saya lagi diajak ngobrol temen saya, waktu itu saya ditanya berapa kali mobil saya mogok. Lha saya jawab enggak pernah. Mereka mungkin gak percaya. Ya walaupun setelah itu mobil saya pernah juga trouble, tapi itu karena kebodohan saya sendiri.

Red bull (merah buluk)
 mainan saya :D

Intinya, apapun mobil yang kita pakai, sejelek apapun yang penting bukan hasil korupsi. Dan bagaimana kita care sama mobil kita. Banyak orang yang punya mobil tapi pas ditanya berapa tekanan ban mobilnya, atau berapa spesifikasi oli mesinnya gak tau. Asal pakai aja, taunya ngisi bensin doang. 

Memang saya dulu gitu, dulu saya kira ban mobil itu ya isinya angin, tapi karet ban nya tebel dan kuat. Ternyata setelah pernah ngalamin ban sobek di jepara, baru tau dalamnya ban tubeless itu macem gitu aja, kalau tekanan ban gak bener jelas ban bisa sobek.

Banyak eksperimen yang saya lakukan sama Timor ini. Pemula emang cocok ngerawat mobil ini jadi tau seluk beluk mobil walau tahap standar. Sudah sering mobil Timor ini malah rusak karena sok tahunya saya di bidang otomotip. Contohnya dulu ngisi oli sendiri, kepenuhan malah bikin seal-seal mesinnya bocor. Air aki saya tambahin dengan air zuur tutup merah, harusnya kan tutup biru, saya mikirnya kalau yang tutup merah ini lebih kuat. Eh gak tahunya seminggu akinya langsung soak. Radiator normal-normal aja saya sikat dan siram biar bersih, eh malah besoknya bocor. Tuas master kopling bawah saya gerak gerakin, dulu saya pikir kopling mobil itu ada kawatnya kaya di motor, ternyata sistemnya hidrolis pakai minyak kopling, goblog banget, malah akhirnya koplingnya bocor dan ngelos kalau diinjek. Haha. Dahulu tekanan ban juga saya gak tahu berapa ukurannya, pokoknya kalau mau keluar kota nyamperin tukang tambal ban minta diisi angin biar gak gembos. Dan masih banyak lagi kekonyolan saya mengoprek mobil timor. 

Tapi positipnya saya jadi tahun dikit tentang ngerawat mobil, bersyukur saya punya mainan yang bisa dipakai serius juga.

48 comments:

Putra Indonesia said...

Sip.... saya juga termasuk pengguna timor. Dan saya suka juga bangga dgn timor saya. Its first car yg saya punya. Sejauh ini alhamdulillah no problem...

Unknown said...

Wahahaha.... curhat ya ? siip.
Saya pengguna Timor dan mobil masuk bengkel kalo pas saya malas atw gak punya alat untuk benerinnya.
Timor saya turun mesin, ganti timming belt, ganti plat kopling ya di garasi rumah pokoknya selama saya gak malas ya gak ke bengkel.
Jadi kalo punya mobil second apapun mereknya ya harus ngerti cara perbaikan kalo nggak ya uang habis di jasa bengkel.

Nah, kalo mau tanya2 tentang timor silahkan ke 083838118222. sy bukan bengkel dan bukan toko part tapi sy paham selukbeluk mobil timor.

ariestu.blogspot.com said...

Makasih bgt om Angga, saya simpan nomornya

Unknown said...

Nice artikel Om,,,
Hampir bernasib sama hingga saat beri nama tim saya dgn Lamborgini biru..jd smua pada terpukau karena bisa ngebut Ampe 140km/jam lebih..hahaaaa..bravo timor

Unknown said...

Nice artikel Om,,,
Hampir bernasib sama hingga saat beri nama tim saya dgn Lamborgini biru..jd smua pada terpukau karena bisa ngebut Ampe 140km/jam lebih..hahaaaa..bravo timor

ariestu.blogspot.com said...

Waw,, keren om lamborgininya hehe, iya memang timor masih tergolong gesit buat lari2an buat ngejar waktu bravo timor

ariestu.blogspot.com said...

Waw,, keren om lamborgininya hehe, iya memang timor masih tergolong gesit buat lari2an buat ngejar waktu bravo timor

Unknown said...

W o w . . .
My first car is TIMOR SO. so far so good ngga ad masalah d pw pulkam k klaten. Udh bnyk bnget jasanya. Wkt baru dpt lari tembus 16o km/jm, menegangkan krn ban ada tambelan . . .
RUAR BIASA msh w pake ame skarang om.

Unknown said...

siippp... mas bro sya jga timor.. ok ok aja tuh

Unknown said...

Saya jg pake timor..hidup timor yg penting tau selah nya aja aman aman aja..

Unknown said...

Saya jg pake timor..hidup timor yg penting tau selah nya aja aman aman aja..

Unknown said...

Gara2 dikomporin temen,skrg sy lg ngumpulin duit buat beli first used car..timorπŸ˜†

Unknown said...

Aku pake timor. Nyaman saja dan masih sriiing alias suara mesin halus kayak mobil batu.
Saat ini lagi ngadepin tangki bbmnya ysng bocot. Udak pake alteco dan bertahan 1 bln, kembali rembes
Ada yh tahu gmn solusinya,gak?

ariady said...

Jangan pake alteco om..pake plastic steel..di toko bangunan ada.murah lagi

fanocell said...

Seduluran sak lawase...salam STIC Semarang Timor Club

Unknown said...

Bravo timor indonesia.. Timor temanggung club #MORTEC#

Unknown said...

Salam kenal, saya juga user TIMOR..selama ini oke2 saja saya pake mudik rutin Bandung-Kediri.
Easy Come, Easy Go aja.. whatever lah kata orang Om, hahaha...

Unknown said...

Timor the best lah

Unknown said...

Nanya om.
Timor ane sering mati, bunyi agak kasar speedo meter naik turun, pas oper gigi lambat nanjak, terus kalo mesin panas gak mau idup, perkiraan kalo benerin total berapa biayanya yaaaa. Timor dohc 2000

Unknown said...

timor SOHC saya masih bisa ngejar innopa yg terbilang mobil baru :p , mobil timor berasa bawa bugatti veyron .. alhamdulillah kalau masalah trouble paling ban bocor , :p .. bravo timor , salam pengguna timor dari bontang kaltim

toelank blogspot said...

Salam kenal... saya juga pengguna timor.. semangat timor sampe sekarang masih bertahan... go go go timor.. timor depok

toelank blogspot said...

Salam kenal... saya juga pengguna timor.. semangat timor sampe sekarang masih bertahan... go go go timor.. timor depok

Unknown said...

Salam kenal smua...sy hadi..alhamdulillah sy ketemu ini blogg,trus terang sy lgi nyari timor dohc,jadi makin yakin mau beli timor,krn mnurut coment2 yg ada sy gak usah takut msalah ktersediaan sparepartnya....doakan ya brothers smoga sy dpet timor yg msh bagus....aamiin

Unknown said...

Bener kata Omnya ini Ok om makasih...baru saja saya ganti seal master kopling bawah..online sparepart bejibun..modif pun banyak yg gampang..indonesia

Unknown said...

sya mau jual sedan timor tahun 96 SOHC, plat cianjur, pajak hdup, barang mulus terawat, bru ganti sparepat kopling satu set, aki baru, dan baru beres turun mesin...kondisi seger.....yg minat bsa hub sya di 087728333660.

Unknown said...

sya mau jual sedan timor tahun 96 SOHC, plat cianjur, pajak hdup, barang mulus terawat, bru ganti sparepat kopling satu set, aki baru, dan baru beres turun mesin...kondisi seger.....yg minat bsa hub sya di 087728333660.

Unknown said...

om ahmad Halim saya pengguna Timor dari Samarinda. Bos tau bengkel yang Paham Timor ga Bos? soalnya habis turun mesin masih ngasep putih. klo ada yang tau seputaran samarinda, balikpapan, bontang, tenggarong deh..minta infonya ke hp saya 081348079973

ariestu.blogspot.com said...

Nyoba nyari info grup FB om, Timor-er Samarinda ada kok

ariestu.blogspot.com said...

Salam kenal om,,

ariestu.blogspot.com said...

Amiin om

ariestu.blogspot.com said...

Mesin kasar coba cek olinya om,, pakai 10-40
Kalau mesin panas ga mau idup cek aki sama dinamo statrernya (diservis ke tukang dinamo), benerin tergantung bengkelnya om,, sepertinya enggak mahal

ariestu.blogspot.com said...

Iya plastic steel tahan air/cairan soalnya,, alteko gak tahan air apalagi bensin.. kalau bensin jangan main2 om,, lebih baik di las atau ganti tangki sekalian biar yakin safety nya

ariestu.blogspot.com said...

Wah hebat,, tp tetep hati2 om, kalem aja ngebutnya hehe

ariestu.blogspot.com said...

Mantab om 😁

ariestu.blogspot.com said...

Iya om, semua mobil harus tau selahnya

ariestu.blogspot.com said...

Semoga ga kecewa ya om ,😁

Unknown said...

Ada no wa nya Om, boleh dong sharing2 seputar Timor. Soalnya saya jg pengguna Timor sekaligus timor is my first car. Ni wa saya on tlong di invite ya. 081362191500

Unknown said...

Ada yg tau gk persamaan bearing puley kompresor nya timor

leo said...

saya lg nyari koin klep utk s515i thn 95.. ada yg tau ya gan sy nisa belinya dimana?

leo said...

saya lg nyari koin klep utk s515i thn 95.. ada yg tau ya gan sy bisa belinya dimana?

Umar Bin Khattab said...

Sy mau bertanya gan, kenapa y rpm timor sy melemah tiap kali nayalain ac, klo lagi netral ttp hidup mesinnya, tp kalau masuk persenelangnya walaupun kopleng di injakin ttp mati juga mesinnya.

Unknown said...

Hai teman semua..aq ada masalah ma timor kesayanganku.. Kipas radiator kemaren bermasah so bengkel jadi sambung langsung ke releynya..gmba caranya supaya tetap elektrik menggunakan sekering itu..

Unknown said...

Tolong info yang jual teromol belakang timor tolong tolong please

Unknown said...

Saya mau bertanya gan.. Master kopling bawah saya kok sering nyeplos ya.. Kalo ganti yg bagus merek apa ya? Trims

Anonymous said...

Yg mau nanya /cari sparepart bisa sy bantu wasap aja ke nr 085718093098

Unknown said...

Slm kenalnom....

Unknown said...

Aqu pake timor nyaman" saja gak ada kendala ke luar kota juga oke

Satria Naga Bengawan said...

Sama om, saya juga pemula pakai mobil, udah hampir 10 mobil diliat pas mau beli. Tapi pas pilihan hati jatuh ke timor. Falling in love waktu pertama liat. Yang lebih bangga sesama pengguna timor, saling ngedim sama klaksom klo ketemu di jalan. Kerenlah pokoknya. Klo trouble mah biasa, karena dulu belum paham mobil. Hihihihi..