Wednesday, March 18, 2015

Pengalaman pahit kulineran

Saya emang suka kulineran sampai-sampai kalau di kantor di panggil pak bondan. Kenapa ya panggilan pak bondan ini aneh menurutku, orangnya aja gak mirip, acara pak bondan juga udah lama gak ada tayang. Begitu melegendanya acara kuliner nusantara. Istilah-istilah maknyus, top markotop, ah basi banget.

Sebagai admin channel kuliner semarang di saluran bbm / bbm channel sepertinya menjadi motivasi buat ngumpulin macam-macam kuliner semarang dan mereviewnya. Tapi kayanya channel bbm akhir-akhir ini emang kurang diminati subscribernya, kalah sama instagram dan path.

Bbm channel kuliner
Semarang

Ternyata gak semua tempat kuliner itu rekomended. Ada yang murah, enak, tapi lama antreannya. Saya sering ke tempat kulineran yang begini-nih. Kuliner jalanan akrab dengan mengantri. Mengantri jadi hal yang akrab di nuansa street culinary.

Resto Bandeng Juwana Pandanaran
Resto ini sebenernya rekomended, menu bandengnya dibikin macam-macam variasi. Bandeng serani, tongseng, tengkleng, nasgor bandeng, semua fresh dan ga ada amisnya blas. Tapi kenapa sepi pengunjung, mungkin pada enggak tahu kalau di lantai dua ini ada restonya.

Tapi entah waktu itu saya kesana pas itu belum mandi, eh gak dilayani. Antrian demi antrian terlewati. Padahal udah pesen lengkap tadi. Tinggal saya bengong duduk di meja. Lha terus karyawan bandeng juga gak ada yang nanyain atau bingung ada kejanggalan. Wooy, Apa saya segede gaban ini gak kelihatan?. Atau kelihatan terus saya cuma nongkrong-nongkrong aja disitu getoh?.

Ternyata setelah saya konfirmasi emang bener kelupaan gak dibuatin pesenan saya. Sial. Apa karena saya belum mandi? Ah mungkin mereka khilaf.
Tentu saja nggak ada hubungannya, sebenernya tapi keinget sampai sekarang. Hehe. tapi tetep aja resto ini rekomended buat saya.

Tahu Pong Pak Sabar Depok
Kalau ini kaki lima. Tapi emang laris. Taho kopyok telornya khas enak bangey, apalagi babat gongsonya. Yang datang kebanyakan mobil-mobil bagus. Kalau ini jeleknya warung kalau yang datang tamunya terkenal, eh antreanya didulukan. Saya cerita gini karena pernah antrean saya diserobot orang karena saya kaum sudra.

Sore itu saya berniat beli babat gongso bungkus. Udah pesen dan nunggu dengan sabar, dengan helm masih dikepala. Tiba-tiba mobil datang serombongan orang datang dan wajahnya ga asing, salah satu tokoh pemasar tolak angin. Ga tau tiba-tiba tukang jual warung yang tadinya cuek-cuek aja yang bicaranya dikit banget sibuk buat masak-masak pesenan jadi ramah banget sama pengunjung barusan. Ditanya-tanya pesen apaan. Semacam sekertaris mereka sibuk mesen-mesen makanan.

Bapak ini yang saya
maksud

Jeleknya setelah nunggu lama, pesanan mereka datang. Sedangkan pesanan saya dari tadi dilewatin tanpa dosa. Apa karena saya pakai helem, apa karena saya ga bawa mobil?, apa karena saya gak terkenal?. Apa karena beli gak bayar? Enggak juga kan. Mengenaskan kalau mental menjilat gini dipelihara, orang indonesia akan hancur pelan-pelan. Tempat kuliner ini jelas saya bilang "enough" bukan "enak" lagi. Saya ghak bakal kesini lagi.

Pia Gongso gapura Semarang Indah
Kalo ini gerobak modelnya. Pia gongso ini laris banget karena ga ada yang jual menu ini di Semarang. Murah dan enak. Lokasinya dibawah gapura Semarang Indah. Pia gongso terdiri dari nasi, mie, usus, pia-pia (semacam bakwan udang), kol, dicampur gitu aja. Baru kali ini pengalaman makan di suruh duduknya diatur urut biar penjualnya paham antriannya. Lhah ini jualan kok kaya guru ngatur-ngatur. Kalau dipeseni dulu bapaknya yang jual gak mau karena gak bisa nginget-inget. Wah-wah ini kaya perusahan monopoli aja semena-mena.
Belum lagi yang antreannya bubar karena yang pesen di sok akrabi pengunjung yang sok akrab sok kenal bisa didahulukan. Malah kadang yang jualan jadi salah masak atau kurang masukin bumbu-bumbunya. Ancur deh gini koq ya pada diantre.

Kuliner ini tetep menggoda tuk nyoba lagi, moga-moga besok bapaknya ga sendirian lagi dibantuin anaknya biar gak kerepotan.

Sate Madura Pleburan
Kalau ini jaman sate ini laris, Undip masih di bawah. Tiap malam waktu makan malam, sate ini penuh pengunjung selain murah banyak porsinya. Ya ini sate madura, orang madura asli yang jual.

Saking ramenya kalau orang yang baru pertama kali kesana pasti akan ragu jadi apa enggak. Kerap kali saya lihat ada pengunjung culun yang baru mungkin baru pertama kalinya kesitu dan pingin bungkus sate. Pengunjung itu pesen sate dibungkus tapi ditinggal dulu. Si ibu penjual dengan cueknya bilang kalau mau tar ya tar aja pesennya, yang nungguin banyak. Pengunjung itu bilang "wah antrenya kan lama bu", ibunya dengan santai bilang "kalau ga mau ya gapapa mbak". Mbaknya gak jadi beli deh.

Sekarang ini sate madura ini sepi gak selaris dulu. Mahasiswa undip yang banyak mendominasi sebagian besar pindah ke tembalang.

Mie Ayam Pak Djo, Batan Miroto
Semua yang diceritain diatas saya akui kuliner yang enak dan murah. Ini satu lagi mie ayam yang pas banget antara porsinya nendang, kuah dan mie nya enak, murah harganya. Lokasi di jalan batan miroto.

Ya enak tapi kalau mau makan disitu pas pesen kudu was-was juga sambil ngawasi yang jual bikin racikan. Pertama kali saya nyobain mie ayam ini, pernah sekali saya nungguin mie ayam koq gak jadi-jadi, wah yang jual malah minum es teh?. Ternyata saya gak dijualin. Sialan! Emang saya disitu ngapain, jadi patung gituh sama istri saya. Patung suami istri. Untung mie ayamnya emang bener-bener mantab.

Intinya walaupun laris tapi kudu tetep menghargai pelanggan rakyat biasa seperti saya ini dong. Kacang jangan lupa pada kulitnya. Hehe..

No comments: