Wednesday, April 27, 2016

Jika Mobilmu Mogok

Apa yang kudu dilakuin saat terjadi hal yang seperti momok ini. Bagi pengguna mobil jenis apapun, bagi orang awam kendala seperti ini akan membuat gemeteran dan sebel.

Lain halnya dengan sepeda motor, ketika sepeda motor kita mogok kita gak akan banyak menjadi bahan perhatian n penanganannya lebih cepat dan  simpel. Jika yang tiba-tiba mogok adalah mobil, maka akan mengganggu pengguna jalan lain terutama mobil dibelakangnya.

Bagi pengguna mobil lawas hal tersebut kadang sudah menjadi hal yang lumrah dan tingkat kesiapan pengemudi lebih tinggi. Namun bagi pengguna mobil anyar bisa menjadi hal yang menyebalkan. Hmm, jangan salah lho, mobil baru pun jika tidak dirawat secaea rutin maka akan mengalami hal yang sama, walaupun kemungkinannya kecil.

Jika terjadi troubel tiba-tiba pada mobilmu, apa yang kudu dilakukan simak artikel berikut.

Menepi
Menepi jika masih memungkinkan
Menghalangi jalan membuat lalu lintas menjadi macet, terutama jika jalan yang sedang dilalui kecil dan sedang padat lalu lintasnya. Pasti akan membuat macet panjang akibat 1 mobil mogok. Apalagi jika mungkin pas berada di tanjakan.



Jika mesin tiba-tiba mati
Jika tiba-tiba mesin mati total, coba putar kontak untuk menstart mesin kembali, jika tidak berhasil maka jangan panik, tunggu sampai beberapa saat coba start kembali. Jika tidak berhasil jangan frustasi dengan mencoba start terus. Jika pengguna jalan dibelakang biasanya sudah enggak sabar dengan membunyikan klaksonnya, nyalakan lampu hazard (ritting dobel itu lho), semoga mereka yang dibelakang mengerti. Tapi biasanya enggak hehe.

Jika ternyata mesin beneran tidak berhasil menyala, langkah pertama adalah turun dan usaha untuk dorong badan mobil ke pinggiran jalan, ini jika anda punya teman semobil anda, jika pas sendirian, kalau pas beruntung ada warga sekitar yang dengan senang hati menolong mendorong mobil anda ke tepi jalan. Tenang, adat warga Indonesia masih banyak yang suka menolong dan toleransi.

Perlu ada yang dorong dan menyetir dari dalam mobil pada saat yang bersamaan, emang ada juga yang berhasil mendorong mobilnya sendiri dengan membelokkan setir tanpa bantuan orang. Perlu diketahui beberapa mobil powersteering dengan oli, jika mesin mobilnya mati maka setirnya akan jauh lebih berat dari mobil yang tidak memiliki powersteering. Dan juga ada bentuk mobil yang sulit jika melakukan dorong sambari membelokkan setir, seperti mobil pendek atau terlalu tinggi atau kendaraan besar.

Jika mesin masih nyala
Jika mesin masih dapat berjalan namun anda merasakan adanya kendala di mobil anda, seperti tersendat, kopling tidak berfungsi atau kendala ban/kaki2, sesegera mungkin menepi dan cari tempat aman tuk berhenti, misalnya di luar garis jalan, kalau memungkinkan usahakan ditempat yang rindang.

Namun, ada juga kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan untuk dipinggirkan, terpaksa kita mau gak mau harus berhenti disitu, contohnya karena trobel pada kaki-kaki atau transmisi macet, sehingga mau gak mau harus mandeg di tengah jalan. Atau bisa juga saat berada di tanjakan, ga mungkin kan mendorong mobil kedepan, mundur kebelakang tambah ga mungkin jika lalu lintas padat.

Nah hal yang wajib dilakukan pertama adalah peduli dengan pengguna jalan lain, anda kudu pastikan pasang handrem (hand brake) dan keluar mobil untuk memasang tanda atau segitiga pengaman minimal 5 meter di belakang mobil anda, agar mobil dibelakangnya mengetahui dan bermanuver menghindari mobil anda yang trobel. Segitiga pengaman ini perangkat wajib yang ada di mobil, namun biasanya orang jarang membawa atau mengetahui letaknya didalam mobil. Letaknya di bagasi di dekat ban, jika belum ada maka kita wajib melengkapinya.

Apa yang dilakukan selanjutnya?
Nah, setelah menaruh mobil kita di tempat yang aman maka kita harus mengetahui trouble apa sih yang menimpa pada mobil kita. Sebelum kita menghubungi orang terdekat atau bengkel, setidaknya kita tau apa kendala yang menimpa kita. Sehingga nanti ketika kita menghubungi montir dapat langsung menyampaikan kendala kita. Bahkan si montir dapat membawa peralatan atau spareparts yang sesuai agar cepat penangannya. 

Buka kap mesin
Jika mobil anda tipe van, buka jok depan atau tutup mesin di dalam kabin. Ada pentingnya sedikit lakukan pengecekan mesin mobil sebelum berangkat tadi, namun jika sudah terlanjur, lakukan pemeriksaan singkat ini.


Kondisi mesin mati total
  • Cek kondisi positip negatip aki, apakah kendur. Jika iya, kencangkan.
  • Cek kabel busi, apakah ada yang lepas, cukup tekan dengan jari-jari secara cepat, awas suhunya tinggi alias panas.
  • Cek apakah ada asap atau bau gosong di ruang mesin.
  • Buka kotak sekring di ruang mesin, apakah ada yang hangus atau tidak.
  • Buka juga sekering di dalam kabin, biasanya dibawah dashboard dekat pedal gas.
  • Cek fanbelt dan timi belt semacam sabuk yang melingkar di roda-roda disamping atau depan mesin. Namun ada beberapa tipe mobil yang tidak terlihat belt nya karena ditutup cover. Cek jika memungkinkan ada yang putus atau tidak.
  • Cek di lampu indikator dashboard apakah ada yang menyala tidak biasanya, seharusnya ketika mobil berjalan normal tidak ada lampu indikator yang menyala. 



Kondisi mesin tidak mati namun ada trobel
Radiator keluar asap, overheat. Terjadi karena kipas radiator mati atau radiator bocor. Kondisi paling parah adalah waterpump bocor atau fanbelt penggerak waterpump putus, sehingga pendinginan mesin mengalami kegagalan.
Untuk waterpump bocor terlihat ada tetesan deras keluar dari samping mesin di dekat fanbelt. Kalau udah begini diisi air terus ga sampai 5 km sudah habis air radiatornya.

Mobil tersendat. Karburator atau injeksi bermasalah karena kotor. Lebih parah jika fuel pump yang berada di tangki bensin ga berfungsi optimal karena kotor. Jadi gak ada pasokan bahan bakar ke injektor atau karburator.

Roda tidak bisa bergerak maju atau mundur
Kerusakan kaki-kaki biasanya jarang terjadi sampai seperti ini jika pengguna mobil peduli dengan bunyi-bunyian disekitaran kaki-kaki.

Ban bocor. Wajib bagi pengguna mobil mempersiapkan ban serep dengan tekanan ban sesuai sebelum bepergian. Jangan sampai juga sudah membawa ban serep tapi gembos, atau lupa membawa dongkrak dan kunci roda.

Persneling macet tidak bisa ganti gigi. Cek kopling apakah terasa los dari biasanya? Jika iya, itu yang menyebabkan persneling gak mau diganti giginya. Terjadi karena bocor pada master koplingnya. Cek apakah minyak rem berkurang atau tidak. Jika terjadi hal ini, tunggu sebentar, kompres master kopling pakai lap basah agar suhunya dingin. Diharapkan karet didalam master kopling kembali pada bentuk aslinya dan kompresi timbul kembali. Namun jika tidak berhasil maka memang harus mengganti master koplingnya dengan yang baru.

Accu soak. Aki soak ini paling sering kejadian saat mobil berhenti mesin dimatikan dan saat hendak menyalakan kembali tidak dapat menyala karena aki kekurangan daya. Sebenernya hal ini tidak terjadi secara langsung, ada tanda-tandanya terlebih dahulu. Umur aki juga dapat dipastikan antara 2 sampai 3 tahun. Seringkali terjadi di pombensin atau parkiran. 

Sebenernya masih banyak sekali hal yang menyebabkan mobil tiba-tiba trobel, namun hal diatas tadi yang lebih sering terjadi jika kita jarang memperhatikan kondisi mobil kita.

Hubungi seseorang. Sebelum mengendarai mobil apalagi sendirian, pastikan kami bawa uang tunai, telpon yang ada pulsanya minimal bisa mengirim pesan.

Hal tersebut berguna jika terjadi troubel semacam ini.
Jika mobil anda mobil baru dan masih bergaransi akan lebih mudah cukup telpon call center bengkel resmi mobil dan datanglah teknisi. Anda cukup memiliki nomor telp call center tersebut jika anda membutuhkan bantuan semacam ini. Bahkan 24 jam, diluar kota pun anda dapat mengandalkan mereka melalui cabang dealer resmi yang ada.



Jika anda memakai mobil yang tergolong tua, ini yang butuh kesabaran extra. Butuh orang-orang pemberani yang mampu mengendarai mobil semacam ini. Jika terjadi hal demikian, anda sudah ga punya cara lain untuk memperbaiki mobil sendiri, maka harus diputuskan untuk menghubungi seseorang. Bisa teman yang mengerti, atau bengkel langganan. Lebih repot jika anda berada di luar kota. Anda akan mengandalkan bengkel dipinggiran jalan seadanya yang tidak dapat dipastikan keberadaannya. Belum lagi jika anda mengalami trobel di malam hari atau jam tutup bengkel.

Jika mobil anda memiliki jaringan klub penggemar, disarankan bergabung ke klub tersebut, berharap teman klub di kota tersebut berkenan membantu jika sedang tidak sibuk. Setidaknya om-om yang tergabung klub bisa membantu informasi atau saran dengan senang hati. Jangan berkecil hati jika belom tergabung dalam klub, karena peminat mobil yang sama akan senang hati membantu non klub. Setidaknya berbagi informasi.

Solusi
Jika permasalahan ringan, dengan perbaikan di tempat akan membuat kerusakan dapat segera diperbaiki oleh montir.

Ada juga permasalahan yang diselesaikan oleh montir dengan cara sementara, jadi ketika anda sudah sampai tujuan harus segera berkunjung ke bengkel untuk penanganan lebih baik.

Jika trobel tidak bisa ditangani ditempat, maka jalan terakhir mobil harus diderek atau ditarik menuju ke bengkel, tentunya biayanya tidak sedikit dan harus menunggu lama.




2 comments:

Unknown said...

Info bagus sekali, tapi sy terlanjur kena mogok kemarin......

ariestu.blogspot.com said...

Terimakasih gus, gpp gus tapi anda bs atasi sendiri, salute