Friday, April 08, 2016

Mengenal jenis cairan pembersih di garasi

Jika kita mencermati banyak toko atau supermarket yang menyediakan berderet cairan pembersih dengan banyak kegunaan masing-masing. Namun dengan penjelasan yang ada di kaleng pembersih pun kadang belum cukup membuat jelas konsumen. Ada salah satu teman di kantor yang berniat membersihkan perangkat papan elektronik komputer, namun malah membeli STP carburator cleaner. Seharusnya dia membeli yang bertuliskan contact cleaner.

Carburator/injector cleaner
Berfungsi untuk membersihkan bagian dalam karburator atau injektor. Cairan spray ini saya gunakan untuk membersihkan jalur injeksi mobil tua saya, dan terkadang karburator motor revo. Caranya gak perlu membongkar-bongkar injektor atau karburator, cukup nyemprotin dari lubang thortle (angin-angin) saja dikit dikit. Sebenernya cara ini gak akan mendapatkan hasil maksimal, namun tetap berpengaruh pada performa kendaraan. Walau sedikit, karena cairan ini dapat membersihkan semacam angus-angus hitem yang nempel di lubang thortle. Mobil atau motor injeksi sangat sensitif terhadap kotoran tersebut. Cairan ini jika disemprotkan seperti berbusa ketika menempel di obyek, mengangkat kotoran dan cepat menguap. Kotoran akan masuk ke ruang bakar dan keluar berupa asap hitam.

Memilih cairan pembersih karburator dan injeksi ini juga harus jeli, berbagai merk dan harga ditawarin, tapi gak semua bagus dan cocok sama mesin. Ada yang berbahan dasar air, juga ada yang berbahan dasar pengganti bbm. Saya belum tau pasti mana yang lebih baik. Semua ada kekurangan dan kelebihannya. Biasanya khusus injector cleaner harganya sangat mahal, karena banyak persyaratan yang kudu dimiliki produk tsb. Seperti aman untuk sensor dan catalyc converter.

Contact cleaner
Berfungsi untuk memebersihkan kotoran khusus di papan elektronik, soket elektronik, kabel dan semacamnya. Harga contact cleaner ini sangat mahal jika memang asli. Kegunaan pembersih ini sangat penting. Parts-parts elektronik pada otomotif, rumah tangga banyak yang menjadi kotor karena oli atau debu, hal tsb dapat mengurangi performa hantaran listrik parts tersebut. Jika di dunia elektronik, suatu penghantar jika terganggu semacam karat, akan menambah beban elektrik. Dapat juga menyebankan short atau konsleting.

Ciri pembersih ini ketika disemprotkan, dapat cepat membersihkan kotoran di perangkat elektronik dan segera kering. Dan yang menjadi syarat utama cairan pembersih ini adalah bukan konduktor alias tidak menghantarkan listrik. Jadi aman untuk disemprotkan ke semua bagian perangkat elektronik. Ini tertulis di petunjuk pemakaian produk, namun sampai sekarang sayapun masih belum percaya seratus persen kandungan cairan tsb sehingga tidak menghantar listrik, karena setahu saya setiap cairan dapat menghantar listrik, namun perbedaannya ada cairan yang dapat menghantarkan listrik dengan baik dan ada yang buruk.


Penetran
Biasanya kita mengenal pembersih ini dengan merek WD-40, cairan ini berfungsi memudahkan kita untuk membuka baut yang sudah lama sekali dan sulit digerakkan. Cara kerjanya cairan ini seperti pelumas, namun disemprotkan ke bagian yang membutuhkan, agar meresap ke dalam sela-sela baut atau engsel yang seret. Cairan semacam ini ada yang menggunakan teknologi nano, yaitu partikel yang sangat kecil sehingga dapat meresap kedalam pori2 sela-sela logam yang berkarat dan membersihkannya agar dapat dengan mudah membukanya. Bengkel otomotif pasti punya cairan ini yang nongkrong di antara peralatan kerja.

Engine degreaser
Cairan pembersih ini digunakan untuk memebersihkan kerak oli yang ada di mesin sehingga dapat kembali bersih seperti sedia kala. Cairan ini agak keras karena harus memebersihkan oli yang menempel di mesin-mesin mobil atau motor tua. Karena biasanya mesin tua banyak bocor oli disana-sini karena karet seal yang sudah aus dan karena suhu tinggi oli menempel di mesin menjadi hitam berkerak. Sebenarnya bisa kok kita buat sendiri pembersih oli ini dengan sabun colek+minyak tanah/spirtus atau bensin, dikuas dan disikat ke mesin. Ini kata bengkel langganan saya.

Anti Fog
Cairan ini berbentuk spray juga, dan dapat disemprotkan ke benda yang memang membutuhkan anti fog. Anti fog ini mencegah buram karena kabut benda-benda seperti kacamata, kacamata renang, helm. Cairan ini juga di amini untuk membersihkan layar laptop atau komputer.



Chain lube
Nah ini yang sering banget dijual di rak-rak toko dan mudah dipahami, karena biasanya produk tersebut bergambar rantai, dan fungsinya jelas kan. Chain lube ini bisa juga kok digunakan untuk pelumas engsel-engsel yang berbunyi. Fungsi chailube pada rantai motor jauh lebih baik ketimbang oli gemuk biasa.



A/C cleaner
Ada juga lho pembersih Ac mobil, jadi caranya disemprotkan sampai berbusa ke dalam kisi-kisi ac mobil kita dan nanti diharapkan kerak-kerak kotoran bisa terbuang sempurna ketika ac dinyalakan. Harga pembersih ini mahal sekali. Namun jenis pembersih ini menggiurkan juga untuk dibeli.

Tire Polish
Kalo ini semir ban, banyak banget dijual di toko-toko seperti Indomart semacamnya. Membikin ban usang menjadi tampak baru. Baca artikel make over ban usang. Versi spray juga tersedia untuk mereka yang malas menggunakan kuas untuk menyemir ban, tinggal semprot, jadi!!. Saya pernah pakai yang macem gitu, keunggulannya dapat digunakan saat ban basah atau kering. Bahkan kotor sekalipun bisa.


Wiper Fluid
nah, wiper fluid ini sepertinya cairan pembersih kaca depan mobil yang paling awet. Biasanya produk tersebut konsentrat. Karena hanya perlu beberapa tetes di isikan per liter ke tabung washer. Pernah kebanyakan makai cairan ini malah jadinya kaca mobil berbuih warna putih. Seperti kalau sedang cuci piring tapi kurang bersih bilas sabunnya.

Dashboard cleaner
Pembersih dashboard ini paling suka dengan wanginya. Interior mobil jadi terlihat bersih elegan, terasa keset namun ga garing. Namun hati-hati, di beberapa jenis dashboard akan menjadikan warna lebih pudar jika tidak langsung diratakan.

Belt dresser
ini cairan spray yang melumasi dan membersihkan bagian sabuk (belt) yang ada di mesin. Spray semacam ini ada bermacam tipe. Malah saya berpendapat sabuk serpentine semacam ini tidak perlu diberikan cairan apapun. Jika bunyi berarti sudah waktunya ganti. Pembersih ini ada yang membikin licin sabuk sehingga antara belt dengan pully tidak berbunyi. Namun ada juga yang malah membikin lengket dengan tujuan mengurangi gesekan antara pully dan belt agar lebih rekat. Keduanya adalah prinsip yang berlawanan. Enggak tau mana yang bener.

Sebenernya masih banyak jenis-jenis pembersih di rak toko yang terpajang, semuanya hasil kreasi produsen cairan pembersih. Produk-produk tersebut biasanya menggiurkan oleh pecinta otomotif. Namun tidak semuanya kita butuhkan. Memang bayangkan saja jika memiliki banyak jenis pembersih seperti ini akan membuat pekerjaan kita mudah, namun tidak bijak juga jika kita tidak selektif dalam memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Demikian :)

9 comments:

info asik said...

buruan gabung DISINI banyak yang menarik loh

Kusnadi said...

Saya juga pernah menggunakannya gan ? memang pembersih seperti itu sangat baik digunakan ketika membersihkan di bagian sparepart motor. Cocok sekali untuk anda para pengguna motor yang ingin tampil bersih

arkaciptaabadi said...

mantap infonya pak
cuci sofa
cuci karpet
cuci karpet kantor
jasa poles marmer
jasa cuci sofa

jasa cuci karpet
cuci karpet
jasa cuci sofa
cuci sofabed
cuci sofa
cuci springbed
jasa poles marmer
cuci kursi kantor

kantor konsultan
konsultan hki
pendaftaran merek
pendaftaran paten

rolling door
folding gate
service rolling door
service folding gate
toko rolling door

sewa mobil yogya
rental mobil yogya
rent car jogja
rental mobil yogyakarta
sewa bus jogja

toko rolling door
rolling door
harga rolling door
rolling door industri

rental jakarta
rental innova reborn
rental mobil fortuner
rental mobil jakarta
sewa mobil jakarta

rolling door otomatis
rolling door
toko rolling door
harga rolling door
service rolling door

sterno gel
sterno jelly
sterno pasta
flamo

xtra clean said...

mantap artikelnya. sangat berguna informasinya pak. terima kasih
tukang taman jakarta
kontraktor taman
taman minimalis
tukang taman
jasa taman

kirim online

jasa pindahan rumah
jasa pindahan
jasa pindahan apartemen
jasa pindahan kantor
jasa pindahan jakarta
jasa pindahan gudang

service ac
service kulkas
service ac jakarta selatan
service mesin cuci
service elektronik

Anonymous said...

rolling door otomatis
rolling door
rolling door industri
harga rolling door
pasang rolling door

sterno gel
sterno jelly
sterno pasta
sterno
sterno medan
sterno makassar

kanopi baja ringan
atap galvalum
rangka baja ringan
atap baja ringan
baja ringan

rental mobil jakarta
rental mobil innova
rental mobil fortuner
sewa mobil jakarta
rental jakarta

travel jakarta semarang
travel semarang jakarta
travel semarang

kursus autocad
kursus vray
kursus lumion
kursus sketchup
kursus revit

bahan baku cincau hitam
dried mesona chinensis
cincau hitam
supplier cincau hitam
jual bahan baku cincau

tenda roder
tenda roder transparan
sewa tenda roder

kontraktor bali
baja bali
baja wf

Anonymous said...

kursus autocad
kursus vray
kursus lumion
kursus sketchup
kursus revit

supplier cincau hitam
cincau hitam
bahan baku cincau hitam
jual bahan baku cincau
dried mesona chinensis grass jelly

tukang taman sidoarjo
tukang taman
tukang taman minimalis
tukang kolam minimalis
jual rumput gajah mini
tukang taman kering

subowo said...

rolling door otomatis
rolling door
rolling door industri
harga rolling door
pasang rolling door

sterno gel
sterno jelly
sterno pasta
sterno
sterno medan
sterno makassar

kanopi baja ringan
atap galvalum
rangka baja ringan
atap baja ringan
baja ringan

rental mobil jakarta
rental mobil innova
rental mobil fortuner
sewa mobil jakarta
rental jakarta

travel jakarta semarang
travel semarang jakarta
travel semarang

kursus autocad
kursus vray
kursus lumion
kursus sketchup
kursus revit

guru privat
belajar privat
guru les privat
les privat
guru les sd
guru les
guru privat sd

subowo said...

bahan baku cincau hitam
dried mesona chinensis
cincau hitam
supplier cincau hitam
jual bahan baku cincau

tenda roder
tenda roder transparan
sewa tenda roder
jual tenda roder
tenda event

canopy kain
canopy membrane
canopy tangerang selatan
canopy gulung
canopy lipat
canopy kain jakarta

tukang taman sidoarjo

tukang taman
tukang kolam minimalis
tukang kolam minimalis
jual rumput gajah mini
tukang taman kering

stroring motor jakarta timur
stroring motor jakarta selatan
stroring motor jakarta barat
derek mobil jakarta
stroring motor bekasi

aqiqah jakarta
aqiqah depok
aqiqah murah
jasa aqiqah
harga aqiqah

canopy kain
canopy lovera
canopy membrane

kitchenset
interior desain
furniture modern
interior apartemen
kitchenset anti rayap

Anonymous said...

nice info, thanks