Saturday, September 20, 2014

Ponsel Pertamaku

Saat yang jadul mengingat hal ini.

Punya hape kapan? Kalau saya jaman kuliah semester awal. Saya termasuk paling lambat bisa smsan sama teman karena baru akhir2 ini punya hape. Hape yang pertama kali dimiliki adalah siemens A35, bentuknya udah termasuk kecil, simpel karena bulet dan masih ada antenanya. Warnanya hitam dan jika sms bisanya hanya 1 deret saja. Kartu yang saya punya pertama kali adalah simpati lungsuran kakak nomernya masih inget 08122830521. Walau ga terlalu besar hape siemens ini jika digenggam agak terasa berat dan anteb. Walau hape ini fitur utamanya hanya sms dan telepon namun senang hati ini deh karena hape pertama dan dipandangi terus padahal displaynya masih monokrom dan berwarna lampu latar hijau.


siemens A35


Serasa sudah lama memiliki hape tadi, hape tersebut mulai rusak, karena baterai yang tiba2 jadi gendut sendiri. Gak tau sekarang dimana hape itu. Waktu itu saat puasa menjelang lebaran. Sedang getol2nya hape murah 388ribu, frensip. Hape cdma samsung bundling dengan operator fren. Hapenya item tipis, udah gak ada antenenya dan layarnya masih monokrom, biasanya kalau ada temen yang minta minjem hape ini tangannya langsung diarahkan ke AC trus pura2 nyalakan AC, karena sering juga di sangka remote ac, tapi emang orang sirik aja sama ini hape murah ini, selama ini ga pernah ada remote ac berwarna hitam. Seinget saya harus rela antre berjam-jam buat beli hape murah ini di dealer Fren Jl Gajahmada Semarang. Kekurangan hape ini jika sms tidak ada laporan yang masuk delivered atau ga.


Cukup lama saya memiliki hape dengan nomor awal 0888 ini karena lumayan kalau sedang telp ke sesama fren gratis 24 jam, dan kebetulan ada gebetan yang pakai operator yang sama, ini jadi motivasi tersendiri masih tetap menggunakan hape ini.


Frensip, HP mirip remote AC,
bundling operator Mobile 8

Setelah lama menggunakan hepe ini saya juga punya hape kedua yang lagi2 lungsuran kakak juga, yaitu hape motorola yang bentuknya udah lebih futuristik karena ga punya siku dan bulet, sayangnya karena terlalu bulet ujungnya jadi kaya uleg2, atau pencukur jenggot otomatis, kalau ada temen yang minjem hape ini begitu megang langsung tangannya memeragakan nguleg sambel atau nyukur jenggot. Nah yang ini saya lupa apa tipenya, kalau ga salah c156. Hape ini karena bodynya udah mengerikan mruntus2 gitu karena bodinya ga tahan kena keringat, sialnya lagi casingnya gak bisa diganti2. Lantas saya jual ke temen saya sebagai barang rusak seharga 50 ribu, lengkap dus dan headset nya. Padahal Hape ini udah punya koneksi internet WAP lho, sudah ada browser nya, buat internetan, tapi cuma tulisan saja yang muncul, udah begitu lama banget, bisa kebayang gak.


Hp Ulegan, Motorola c156
Nah hape yang selanjutnya saya miliki agak bagusan, karena sudah kerja dan punya sedikit penghasilan. Ini saat nya multimedia. Hape ini sebenernya bekas temen saya tapi dilego dan saya beli. Kerena dia baru aja beli dan tahu banget cara dia pakai sehari2 nya sangat dirawat. Hape nya adalah Sony Ericsson seri walkman W830i. Kelebihan hape ini  adalah suaranya yang mantab tak bisa terpisahkan sama headsetnya yang istimewa. Hape ini sangat kren menurut saya karena selain sliding, punya memory card sampai 2 GB yang pada saat itu tertinggi dikelasnya, serta punya kamera yang memadai saat itu yaitu 2megapixel. Didukung java dan kecepatan internet generasi 2G. Infrared, bluetooth dan kabel data yang lengkap. Yang paling saya suka disini adalah tombol walkman yang menyala jika ditekan untuk menyalakan lagu secara cepat tanpa ribet. Dan yang paling penting karena hape ini bisa multitask di kelasnya. Waktu jaman segitu banyak hape seharga ini dan bahkan lebih mahal tapi kalau mau buka aplikasi harus satu2. Lain dengan hape ini bisa buka operamini, sms, chat dan ngegame bersamaan tanpa harus menutup aplikasi lain dulu. Harganya 1,6 juta. Dari sinilah saya punya segudang lagu dan video favorit dan enggak lagi jadi anak jadul.



w830i walkman series

Sayang nya kelemahan hape ini sudah 2 kali ganti flexible nya karena model sliding dan charger serta headset model tuncepan yang ngelepasnya kudu ada gerakan dipatahin, Ini rawan banget rusak karena kalau pas dipinjem orang yang enggak tahu, ngelepasnya kesulitan karena langsung ditarik, ga dipatahin ke samping. Akibatnya kalau sedang dengerin lagu ga maksimal suaranya. Kadang ga stereo gara2 sudah lemah socketnya. Kelemahan lain adalah bodinya yang cepat pecah apalagi karena hape ini game nya bagus, jadi pas dipinjem anak2 kecil suka ngrusakin bagian joysteaknya. 


Setelah lama menyadari hape soner ini cuma buat mainan aja isinya, game java yang sederhana dan menghibur, video dan lagu itu2 saja, saya melirik sebuah hape yang saya pingin untuk dibeli yaitu nokia 5800 XM. Tampilannya touch screen ga biasanya, ada fitur express musicnya mantab, speaker luarnya stereo coba keren gak. Operating sistemnya sudah symbian, artinya sudah bisa install aplikasi yang macam2. Yang tak kalah saya suka adalah fitur maps dan gpsnya yang akurat banget. Kualitas jepretan yang handal oleh lensa carl zeis, dan banyak sensor2 yang sangat berguna jauh ketimbang hape2 yang sebelumnya. Sebut aja perangkat apa yang gak ada di hape ini? ada semua. Kekurangannya adalah aplikasi symbian tidak banyak vendor yang berminat membuat. OVI store adalah toko online aplikasi NOKIA yang sangat buruk pada waktu itu, servernya sangat lambat. Padahal jika nokia serius mengembangkannya pasti saat ini tidak bakal kalah sama OS lain seperti apple atau android.

Paket pembelian hape nokia 5800 ini menarik, yaitu karena temanya musik, dapat tali yang dihubungkan semacam pic guitar, tapi gunanya buat nyentuh2 touch screen nya, ada semacam penyangga keren untuk posisi landscape. Yang paling keren menurut saya ada sensor jarank di dekat kamera depan, gunanya agar saat  menelpon fitur2 dilayar tidak terpejet kena pipi atau tangan. Sensor tersebut dapat digunakan untuk aplikasi membuka keylock hape dengan hanya menggeserkan jari diatas layar.

Nokia 5800 xm
Sayangnya yang saya rasa kurang disini adalah head set nya yang jauh kualitasnya dibanding sony walkman punya saya sebelumnya. Tapi yang saya suka ada bagian headset soner saya bisa digabungkan ke jack 3,5 mm nokia ini. Harga Nokia 5800 XM ini saya beli dengan harga 2,6 juta ditahun 2009. Nah artistik kan hape jaman dahulu, ga seperti sekarang yang bentuknya cuman tablet. Emang sekarang hape sudah canggih2 Operasi sistemnya, murah bahan hardwarenya. (red:android)

Untuk Hape yang sekarang ini masih dipakai, yaitu setelah kehancuran dari nokia 5800 kesayangan adalah Blackberry Aries CDMA 8530 yang saya beli Black market dari seorang teman seharga 500ribuan. Ini berawal karena hape 5800 saya ini ga bisa sinkron sama blackberry istri saya. Istri saya sudah pakai blackberry sejak awal blackberry ada dan ngetren, Di blackberry bisa mengikuti hape nokia saya untuk chat menggunakan YM, nimbuzz, atau gtalk. Sayangnya chatting model itu sangat lemot jika dibandingkan dengan BBM. Malah seringkali jadi marahan sama istri gara2 ini. Akhirnya sayapun yang ngalah untuk membeli blackberry murah agar bisa BBMan dengan istri. Sedangkan nokia 5800 saya jual dengan harga cuma 500ribu rupiah, karena kejatuhan nokia dan  OVI storenya. Karena setelah itu nokia dengan sadisnya berubah OS menjadi Windows Mobile dengan Lumia nya.
8530 

Untuk mengimbangi teknologi sekarang ini saya beli tab 7 inch merek advan T1J agar bisa menikmati game2 di android, keunggulannya disini sudah jelly bean, tapi kekurangannya adalah GPS nya yang agak susah ngelock.


T1J
Demikian lah cerita Hape Ariestu. Untuk saat ini ketertarikan kepada hape saya sangat kurang. Entah ngapa, Mungkin saya akan tertarik kepada hape lagi jika udah ditemukan teknologi yang unik. Misalnya hape kalau dipanggil bisa datang sendiri dan berubah jadi robot.

No comments: