Wednesday, September 17, 2014

Motor pertamaku

Saat SMU, saat2 yang indah bagi setiap orang. Tapi sebenarnya ga setiap orang juga sih. Ada masa2 SMA yang dipenuhi canda, percintaan, persahabatan dll. Saat saya SMA sayang ga nemu fotonya saya berbentuk seperti apa, namun yang pasti saya kelihatan item, berdahi nonong, rambut tipis, kurus dan melengkung. Tapi SMA kalau dipikir2 menyenangkan walau hanya biasa saja. Waktu SMA tunggangan sehari hari adalah motor Yamaha ALFA warna biru, motor 2 tak yang kalau di gas suara nya aja yang kenceng, banyak asap tapi gak mau kenceng jalannya. Itu saja motor warisan ortu yang lungsuran dari kakak. Paling nyebelin juga kalau lagi nyalain sein ada bunyi tiit tiit tiit.. tapi kalau di tahun 88 an kayanya keren itu, hehehe

Yamaha alfa 88
Paling tidak pada saat itu teman2 punya motor astrea grand, crypton, satria R atau F1ZR (fis-er). Kembali lagi kita harus bersyukur masih ada teman yang ga punya motor. Beneran? Kayanya semua punya deh. Ya udah kembali lagi kita harus bersyukur. Teman saya yang waktu Sma naik vespa jadul sekarang jadi pegawai negeri sipil. Jadi kalau saya pakai motor butut yang waktu itu antara butut dan enggak, antara kuno atau gak, pokoknya serba nanggung, seharusnya saya juga bisa sukses juga. Amin, hehehe.

Mau dibilang motor butut juga masih ada yang lebih butut, tp kalau diajak motoran sama temen selalu ketinggalan apalagi kalau rute nya nanjak, keluarnya asap ngepul doang dan suara yang ga enak tp bikin kecewa yang mbonceng, soalnya suruh turun dulu sampai selesai nanjak. Geli juga kalau dipikirin. Apalagi anehnya pas asik2nya ngelewatin jalan yang ada genangan air nya sejengkal aja udah mogok. Ampun deh ini juga bikin repot kalau pas jalan2. 

Pada saat itu emang masih banyak motor 2 tak yang beredar, yamaha alfa punya saya ini punya spesifikasi

Tahun: 1988
Mesin: 2 langkah
Warna: biru

Panel instrumennya

Keunggulannya
Walau 2 tak bensin dan olie samping cukup irit
Perawatan mudah pas barunya.

Kelemahannya
Walau 2 tak tapi ga bisa buat ngebut
Karburator percah, bensin nya suka habis sendiri, karena netes
Tebeng yang coklat karena kena bensin
Wadah oli samping yang bocor
Suara mesin yang menunjukkan piston dah baret
Kenalpot yang bocor dan penuh oli
Dan masih banyak lagi

Terkadang saya malu banget pakai motor ini, soalnya ngaku punya motor tapi kalau dipakai malah sering nyusahin. Motor ini masih saya pakai lho sampai kuliah semester awal. Dan akhirnya bensinnya bocor ga ketulungan dan diistirahatkan digarasi saja. Dibawahnya ditaroh tampungan botol aqua. Saya juga bingung kok bisa yamaha buat motor macam gini, awetnya cm bentar untung kuliah bisa jalan kaki karena deket atau bonceng temen.

Alhamdulillah karena beberapa semester dalam kuliah saya bisa beli motor yang agak bagusan dikit yaitu Yamaha Vega R disc brake. Walau murah sangat produktif, bisa dipakai ke luar kota. Beberapa tugas dan proyek dari pak dosen dapat dirampungkan ditemani motor ini. Coba dari dulu ya aku mikirnya.

No comments: