Tuesday, October 07, 2014

Jika rumahmu padam

Sebagai petugas call center PLN saya rasanya kurang afdol kalau gak menulis tentang listrik padam. Walau tulisan ini standar, tapi banyak juga orang yang masih awam tentang kelistrikan walau kelistrikan di rumah sendiri. Tapi ga papa, saya dulu juga gitu. Wajar kok.

Kerapkali kita harus merasa tidak nyaman karena listrik yang tiba-tiba padam saat enak-enaknya melakukan aktifitas atau beristirahat. Mengapa listrik padam? biasanya ada dua jenis listrik padam, yaitu padam satu rumah saja atau padam satu wilayah. Cara mengetahui nya mudah, demi keamanan cukup anda mengintip ke luar rumah melalui jendela apakah tetangga kanan, depan, kiri anda terang atau gelap. Dengan begini anda dapat melakukan langkah selanjutnya. 

Jika padamnya hanya 1 rumah saja, sedangkan tetangga-tetangga anda asyik-asyiknya bercengkerama, nonton sepak bola, mainan Play Station, masak-masak, menikmati sejuknya pendingin ruangan, maka anda harus segera melakukan tindakan. Ambil penerangan seadanya, lebih baik lampu senter atau emergency lamp. Penerangan lilin atau teplok atau semacamnya ga disarankan di jaman modern ini, soalnya minyak atau apinya dapat membahayakan keselamatan kita. Belum lagi asapnya. Haduh. Minimal menggunakan penerangan di hape jika ada. Siapa yang ga punya hape, ngacung?. hehe. Oiya, Kalau semisal nemuin kejadian ini di tetangga yang sendirian, atau orang tua maka bantulah,, setidaknya menemani memcahkan masalah.

Dengan menggunakan penerangan lampu senter yang anda miliki, berjalanlah ke luar rumah untuk mencari meteran listrik. Sebagai informasi karena ada juga yang belom tahu bahwa meteran listrik ini pasti berada di luar rumah. Banyak orang menyebut meteran listrik ini begenser, kilometer, speedometer, paling parah ada juga yang nyebut pesawat. Kurang paham saya kok ada yang nyebut pesawat, mungkin mirip2 istilah pesawat telepon, oh halloleloo.... Istilah yang bener adalah APP (alat pembatas dan pengukur), atau kwh meter. Tapi saya lebih suka menyebutnya meteran, karena lebih mudah dipahami.

Karena gelap hati-hati kalau berjalan mencari meteran diluar, ingat-ingat perabot atau bentuk rumah dengan baik. Atau inget biasanya si pus nongkrong dimana, agar terhindar dari keserimpet buntut kucing atau kena cakar si pus karena kesakitan buntutnya diinjek.

meteran listrik

Setelah ketemu meteran listrik, apalagi yang kudu dicek. Arahkan senter ke bagian bawah meteran listrik, disitu ada yang namanya MCB (mini circuit breaker), Biasanya banyak yang nyebut saklar, jeglekan, tuas, on-off, Biasanya warnanya biru putih kalau asli dari PLN. Nah setelah nemuin MCB ini, periksa apakah dalam kondisi on atau off?, biasanya di sana ada simbol angka 1 (untuk ON) atau angka 0 (untuk off). 

MCB meteran
Seharusnya posisi normal dalam kondisi ON atau angka 1. Jika kondisinya OFF berarti anjlok karena fungsi MCB ini memutus arus sesuai dengan ukuran kapasitas dayanya. Jika MCB anjlog atau njeglek ke OFF berarti ada arus yang lebih tinggi dari arah dalam rumah. Bisa karena kelebihan pemakaian atau hubungan arus pendek (konslet). Untuk MCB yang turun anjlok ini biarkan dulu mari cek ke tahap selanjutnya.

Gangguan padam serumah aja kebanyakan karena konsleting listrik di dalam rumah, lanjutkan pemeriksaan ke dalam rumah. Pemeriksaan lanjutan yaitu wajib periksa sekering dalam rumah. Dimana letak sekering? letaknya di dalam rumah enggak jauh dari meteran yang diluar. Sekring bentuknya macem2, untuk jaman modern bentuknya MCB sama persis seperti yang di meteran listrik tadi. Bedanya disini biasanya ada lebih dari satu MCB, karena jalur kelistrikannya di bagi2 sesuai dengan selera. 

MCB sekering

Ada pula sekering untuk kebanyakan rumah jaman dulu masih menggunakan sekering yang bundar, kelemahannya jika putus kita harus repot ngontel sepeda ke warung untuk beli sekring yang baru. Sekering ini dinamai sekering batu (entah namanya gitu), dan cara melepas sekering ini kudu diputar dari boxnya dan dibuka untuk mengetahui kawatnya putus atau enggak. Kawatnya halus dan sesuai standar ampere nya. Biasanya ada orang suka main ganti kawat aja biar nyambung lagi. Boleh-boleh aja sih tapi buat sementara, soalnya harga sekring murah banget jika dibandingkan sisi keamanan yang diberikan. 

Sekering batu

Tipe sekring lain yaitu sekring otomat, bentuk nya juga bundar tapi sudah ada on offnya. Ini Lebih canggih karena bisa digunakan berulangkali. Buat yang masih pakai sekering batu, segera aja diganti sekering model ini, harganya lebih mahal tapi bisa dipakai terus.

sekring otomatis

Setelah menemukan sekring di dalem rumah, dicek juga dalam posisi ON atau OFF, kalau MCB. Posisi nonjol atau gak untuk sekring otomatis, dan khusus untuk sekring batu, kudu dilepas dengan cara diputer, trus di bongkar dalemnya dengan cara diputar juga, lihat kawat didalemnya putus atau enggak. 

Nah biasanya disini yang paling banyak terjadi adalah sekring di dalem rumah anjlok. Biasanya kita enggak sadar tadi pas padam tiba2 itu saat kita nuncepin alat listrik, atau bisa juga karena sebab lain. MCB sekring di dalem rumah kadang tidak semuanya anjlok atau OFF.

Nah jika yang terjadi ada salah satu MCB atau sekring yang turun atau OFF atau anjlok. Ga usah buru2, tenangkan hati dan pikiran serta yakin bahwa anda bisa mengatasi hal itu. Jangan lalu ga mau berusaha dan menanamkan paham bahwa "jangan main2 sama listrik", "aku awam banget sama listrik", "aku perempuan tua dan aku ga paham listrik". Stop, lebih baik berusaha, karena instalasi listrik sudah dibuat aman oleh pengguna. Untuk pengecekan standar gini ga diperlukan profesional. Siapa tahu bisa kita atasi sendiri, ngapain harus nunggu lama buat teknisi listrik datang. 

Langkah pertama adalah pastikan semua alat2 listrik kamu udah mati. Seperti TV, kipas angin, lampu2, magic jar, pompa air, kulkas, akuarium, lampu taman dan lain2 yang kira2 berpotensi konslet. Ingat2 dan peduli sama alat listrik sekitar, masa alat elektronik yang dimiliki ga tau, kan ga mungkin. Jangan ada yang terlewat, sementara semua kabel2 dilepas dulu dari stop kontaknya. Oiya, biasanya charger itu selalu nancep di stop kontak terus. Kabel rol yang nuncep dimana2. Melepas semua peralatan elektronik ini sama dengan mengamankan jaringan.

Kalau udah dipastikan kamu ngelepasin alat2 listrik tadi semua. Mari kita berjalan lagi ke arah meteran listrik yang diluar. Kamu bisa dengan PD nyalain tuas MCB dari OFF ke ON. Jangan khawatir MCB kalau di pegang gak akan nyetrum kok, karena berupa isolator. Nah setelah berhasil di ON kan, sekring di dalam rumah juga harus di ON kan juga. "Lho kok lampu belum pada nyala juga?", Oiya, kan tadi pada dilepas dan dimatikan alat2 elektroniknya semua. Hmm semoga enggak lupa karena panik tadi.

Nah setelah sudah di on kan semua MCB dan sekringnya, kita test satu persatu kembali nyalakan lampu dan alat2 elektroniknya. Bisa dimulai dari lampu dulu untuk penerangan. Dari yang watt nya kecil dulu. Kembali tancapkan alat2 elektronik seperti sedia kala, satu persatu. Deg2an juga sih. Biasanya kalau penyebab konsleting adalah salah satu dari alat2 elektronik kamu, pas kamu nyalain benda elektronik yang bermasalah, dueerr. Listrik akan mati semua lagi. Cukup lepas alat yang bermasalah tadi, nyalakan MCB dan sekring yang anjlok lagi, semua akan beres.

Pengalaman saya pernah punya charger KW2 yang sudah busuk, masih dipaksa buat nge-charge hape. Akhirnya konslet dan mati serumah. Sempat juga sumpah serapah ke PLN yang ga becus karena akhir2 ini padam2 mulu, padahal karena kesalahan sendiri.

Sistem keamanan listrik di rumah sudah dibuat demikian aman sampai2 dibuat pengaman ganda (MCB luar dan sekring dalam). Anda harus bersyukur jika listrik anda njeglek2 terus itu berarti pengaman listrik di rumah berfungsi dengan baik. Namun dasar karena ada aja orang yang awam, tuas ON OFF di meteran itu dilem pakai alteco biar kuat dan enggak njeglek2 terus. Ya, ini baru orang awam yang bodo, karena MCB yang dilem ga bisa berfungsi lagi untuk mutus arus sewaktu ada arus pendek (konsleting), yang terjadi malah keluar percikan api. Itu masih mujur, kalau ga mujur ya kebakaran. Naudzubillah..


Jika MCB dan sekring On semua tapi kok masih padam?
Artinya gak ada listrik yang masuk ke dalam rumah. Penyebabnya bisa karena kabel sambungan dari tiang ke rumah, atau dari tiang ke tiang putus, tapi ini jarang banget kalau ga ada badai. Bisa juga karena hanya kendur di dak standar. Dak standar adalah tiang kecil letaknya diatas rumah yang terhubung dengan kabel listrik, biasanya nyambung menyambung dari rumah ke rumah, atau langsung ke tiang. Nah kalau hal ini terjadi langsung aja minta bantuan ke petugas PLN. Hubungi ke 123. Dilarang memperbaiki sendiri, karena berbahaya dan butuh penanganan profesional. Penanganannya cukup dikencangkan atau mengganti kabel jika diperlukan.

kabel Sambungan rumah
dan tiang dak standar

Nah demikian ulasan tentang listrik padam satu rumah. Sederhana aja, tapi penting. Ternyata listrik sangat penting buat kehidupan. Ada yang ga bisa tidur, mandi, belajar, makan, jualan makanan karena listrik padam. Karena pasokan listrik di Indonesia pas2an, selalu disarankan untuk menghemat listrik dengan cara apapun.

Have a nice day :)

259 comments:

1 – 200 of 259   Newer›   Newest»
YO2K said...

Nice info gan :)

Unknown said...

thank you...barusan tadi saya nyalain kipas terus njeglek hehe.

tapi untung ada sekering mcb.
nah yg mau saya tanyain...ketika sekering sudah di ON-kan aapakah perlu ganti mcb sekering tadi? dan juga apa benar kalo setelah meng-ONkan mcb sekering harus didiamkan dlu (dlama arti jgn langsung menyalakan saklar dll?)

terimakasih...

ariestu.blogspot.com said...

Terimakasih
Mcb sekering Enggak perlu ganti, fungsi sekering mcb memutus arus karena hubungan arus pendek (konsleting) di dalam rumah. Kalau misal penyebabnya sudah diketemukan dan sudah dilepas, mcb sekering langsung di on kan bisa, berarti alat2elektronik bisa langsung dinyalain.
Kalau misal njeglek lagi, berarti masih ada alat elektronik lain yang masih konsleting.

Ganti mcb diperlukan jika anjlok2 terus padahal udah enggak ada konsleting sama sekali atau kelebihan beban. Artinya mcb udah tua dan lemah.

ariestu.blogspot.com said...

Trims :)

ariestu.blogspot.com said...
This comment has been removed by the author.
Dhimas A. Prabowo said...

maaf sebelumnya, begini, kemarin saya memasukkan digit nomor pulsa listrik ke meteran dan tiba-tiba listrik saya padam, saya cek di meteran angkanya sudah masuk (sudah bertambah) namun listrik saya masih padam, saya juga sudah mengembalikan mcb sekering saya ke posisi on, namun listrik rumah saya tetap padam, saya telah mencoba meng on - off kan mcb sekring beberapa kali dalam jeda waktu tertentu, tapi hingga sekarang lisrik rumah saya masih padam, jadi apa ya yang harus saya lakukan supaya lisrik saya menyala kembali? terimakasih atas waktunya ya admin

ariestu.blogspot.com said...

Maaf juga baru jawab sekarang, maklum akhir2 ini komen di blog ga ada pemberitahuannya..hehe. Kalau prabayar padam sendiri padahal sisa kwh nya masih ada, bisa dilihat di layar kwh meternya. Biasanya muncul tulisan "periksa", "error", siapin nomor meternya, laporin langsung ke pln 123, tar biar ditangani sama petugas PLN team prabayar. Jangan khawatir meter prabayar itu sebenernya kuat dan bagus, dan lebih safety, jadi kalau ada yang aneh2 contohnya kesenggol tutupnya aja bisa bikin padam listriknya. Semoga kalau baca ini udah tertangani kendalanya ya om..

Nurwan said...

Makasih bos sharingnya..
Ane mau nanya nih.. Rumah ane hari ini udah 2x mati listrik (padam 1 rumah) dg posisi sekring maupun mcb di meteran tetap posisi ON.
Sekedar info, rmh ane udah berumur/tua. Beberapa bulan yg lalu sempat srg mati listrik jg. Cuma kalo mati yg turun lgsg mcb di meteran. Sekringnya gak turun. Setelah manggil teknisi akhirnya ketahuan sebabnya. Trnyata arus listrik dr meteran ke sekring terganggu.. Kemungkinan kabelnya (dalam tembok) dimakan rayap. Kebetulan sekring jg udah dijadiin rumah rayah. Sebelumnya cuma ane bersihin aja. Nah akhirnya buat sambungan kabel baru dr meteran ke sekring di luar tembok plus ganti sekring baru.
Nah utk mati listrik yg skg kira2 apa kemungkinan kabel dr sekring yg menuju ke peralatan rumah tngga dimakan rayap juga? Trm kasih jawabannya.

Traditional Trade FMCG said...

Thanks berat nih, bermanfaat banget. Pas ngalemin tengah malam begini. Baru tahu sekring otomatis. Ternyata tadi nonjol. Semua posisi meteran n mcb off dulu, terus pencet sekring yang nonjol. Nyalain meteran, nyalain mcb, voaaalaaa listrik nyala. Sementara nyalain seperlunya tidur dulu.

yolasams said...

Terima kasih banyak mas! Informasi sederhana tapi penting kayak gini jarang ada kalo nyari di google

Unknown said...

Listrik di rmh sy hidup mati trs.dari sekring keluar bunyi2 trs.meteran di luar on.itu knp ya.apakah bahaya? Hrs bgmn?

Unknown said...

Mbak ini d rumah saya td kan hujan, trus tiba2 trip lampu, mati.. Trus d cek d kwh meter trnyata anjlok, nah aku off in dulu tuh sekering, baru nge ON in mcb di kwh meter, baru ON in sekering, nah tpi tiba2 anjlok trus sekeringnya, beberapa kali d coba jg tetep masalahnya di sekering.. Itu konslet kan?? Nah cara ngecek konsletnya dmana?? Apa bisa kabel yg ada d dalem tembok konslet? Harus d bongkar dong? Trims sebelumnyaa

ariestu.blogspot.com said...

semua kabel yang menuju ke alat elektronik atau alat elektronik itu sendiri kalau mengelupas dan ada senggolan dikit aja antara positip dan negatip bikin mcb anjlok. Tapi harusnya sekeringnya juga anjlok om. Kecuali sekeringnya bermasalah, ga peka. Periksa mungkin ada salah satu alat elektronik yang bermasalah atau stop kontak. Pengalaman saya persis om, ternyata ada satu serabut kabel saklar lampu yang nempel ke sebelahnya jadinya konslet, hehe. Telusuri semua jalur listrik dirumah, kalau ga bisa serahkan ke teknisi listrik. Kalau ternyata semua normal, bisa juga mcb di meteran udah lemah, jadi sering anjlok sendiri.

ariestu.blogspot.com said...

Hehe iya, penting ketahuan apa yg nyebabin anjlok om,,,

ariestu.blogspot.com said...

Makasih...Haha ya pas kebetulan aja penting,, syukurlah.

ariestu.blogspot.com said...

Berpotensi membahayakan. Bunyi2an apa nih?, ya seharusnya anteng ga ada bunyi. Biasanya kalau bunyi kretek kretek gitu ya kudu dicek kak. Biasanya rumah sekeringnya gosong, panas, atau jadi rumah semut. Matiin dulu saklar mcb meteran depan. Trus periksa sekringnya, manggil tukang listrik ajah..

ariestu.blogspot.com said...
This comment has been removed by the author.
ariestu.blogspot.com said...

Sebelum on kan mcb dan sekeringnya, cek dulu peralatan elektronik nya barangkali ada yang konslet, lepasin aja semua kabel2 dan alat2 yang ada. Dipastikan ga ada yang terhubung ke listrik, baru di on kan mcb dan sekeringnya. Semoga solve ya

SeptoHadi said...

saya mau tanya, dirumah sy masih pake sekring yg dulu yg bentuknya bulet, setiap jam 6 kan listrik lg pada nyala semua, nah didlm sekring yg bulet itunya keluar cahaya orange sekitar 30menitan, udh gitu mati lg. kira2 itu kenapa yah??

Unknown said...

Saya di rumah pake listrik prabayar. Tetapi setiap memasuki pukul 18, tiba2 mati sendiri. Dan akan otomatis hidup sendiri minimal 30 menit kemudian. Posisi mcb on. Tu knp y?

ariestu.blogspot.com said...

Maaf, ga tau om.. Lebih aman sekering diremajakan diganti dengan model MCB

ariestu.blogspot.com said...

Sewaktu padam, dilayar kwh metet nys ada tanda apa, seharusnya gak perlu terjadi hal tsb.. Rugi kan kalau listrik kudu mati 30 menitann tiap hari. Lapor aja ke pln, tlp 123 atau via website, sosmed atau aplikasi PLN. Biar dicek sama tim prabayar PLN.

ariestu.blogspot.com said...

Sewaktu padam, dilayar kwh metet nys ada tanda apa, seharusnya gak perlu terjadi hal tsb.. Rugi kan kalau listrik kudu mati 30 menitann tiap hari. Lapor aja ke pln, tlp 123 atau via website, sosmed atau aplikasi PLN. Biar dicek sama tim prabayar PLN

Unknown said...

Tampilan d meter normal, ketika d cek kode 41 voltase ny 121 v, dan kode 47 daya ny 0 watt. Apakah meter prabayar klo voltase pln rendah bisa otomatis mati?

Unknown said...

Tampilan d meter normal, ketika d cek kode 41 voltase ny 121 v, dan kode 47 daya ny 0 watt. Apakah meter prabayar klo voltase pln rendah bisa otomatis mati?

ariestu.blogspot.com said...

Voltase normal nya 220 volt, kalau segitu pasti lampu dirumah meredup. Kalo kode 47 emang cek daya alat elektronik yg sedang dipergunakan. Kalau nol brati gada beban sama sekali. Kalau instalasi rumah dah oke, mending laporin ke pln kak, soalnya voltasenya 121 drop bgt, bisa ngerusak alat listrik.

Unknown said...

Mau tanya kl mcb on tapi listri di sebagian area mati yg lain nyala itu kenapa ya?di rumah saya ada 2 mcb dan yg di depan pln itu saya udah cek semua tp posisi on semua saya coba turuni mcb semua dan nyala lagi tapi tetap saja listriknya sebagian mati dia area dapur ? Itu harus bagaimana ya?

ariestu.blogspot.com said...
This comment has been removed by the author.
ariestu.blogspot.com said...

Ariestu satyawangsaDecember 29, 2015 at 2:54 PM
Itu jelas gangguan instalasi rumah, instalasi dlam rumah dibagi 2 jalur, ada jalur yang ada kendala. Bisa mcb nya udah ga fungsi atau ada kabel yang diatas plafon putus. Perlu pengecekan teknisi listrik. Itu diluar kewenangan PLN, krn instalasi dalam rumah milik pelanggan

M.Rezi Thamrin said...

Nih saya lagi ngalamin mati lampu serumah tadi sebelum mati kayak ada suara gitu dari arah sikringnya dan gak lama kemudian saya nyium agak bau angus. Itu kenapa yaaa

Unknown said...

so helpful thanks gan utk artikelnya

ariestu.blogspot.com said...

Sama2.. :

ariestu.blogspot.com said...

Ada konsleting, dicek alat elektroniknya.. Cek sekringnya juga sesuai di artikel, semoga solve ya kak

Unknown said...

Cari sekring batu susah banget , malahan yg ada sipenjual ketawa saking jadulnya,, ngakalin disambung kabel tetep gk bisa...
Kira2 Biaya ganti dari sekring batu ke mcb berapa ya gan?

ariestu.blogspot.com said...

Kalau di toko listrik yang lengkap masih ada yg jual. Cuman kalau diwarung emang skrg udah jarang. Mcb harganya bervariasi tergantung merk dan ukuran ampere nya. Kurleb 50 ribuan sampai seratus ribu, blm trmasuk jasanya.

Unknown said...

Mau tanya,gan rumah saya lantai 3 setiap kali menyalakan lampu pasti sekering nya mengeluarkan cahaya seperti api tapi posis mbc on,itu knpa ya?? Kebetulan rumah saya jg sdh tua bgt..

Unknown said...

Mau tanya,gan rumah saya lantai 3 setiap kali menyalakan lampu pasti sekering nya mengeluarkan cahaya seperti api tapi posis mbc on,itu knpa ya?? Kebetulan rumah saya jg sdh tua bgt..

ariestu.blogspot.com said...

Perlu pemeriksaan lebih lanjut, dari lampu, vitting (wadah menempelnya lampu), kabel2, saklar, dan rumah sekering. Rumah lama seperti rumah saya juga perlu pengecekan biasanya ada kabel yang rantas atau rumah sekering yang diisi sarang semut. Semuanya bs mengakibatkan konsleti listrik walau skala kecil. Demi keamanan, Disarankan pengecekan oleh teknisi listrik lokal pasti dgn mudah bisa mengatasinya :)

Tips Gadget said...

Mas gan, dirumah saya pernah mati lampu, tapi kenapa chargean hape saya masih jalan arusnya ya? Trus beberapa menit kemudian saya cabut dan saya colok lagi udah gak bisa. Saya juga ngechage raket nyamuk, pas mati lampu, masih nyala tuh lampu indikator charge nya. Kenapa bisa gitu ya gan?

ariestu.blogspot.com said...

Terkadang padam listrik secara kasat mata bs terjadi bukan karena tidak ada aliran listriknya sama sekali, tp bs juga krn ada aliran listrik namun voltasenya drop sekali. Ada beberapa perangkat listrik berdaya kecil masih bisa berfungsi. Bahkan ada kejadian tv led dan lampu kulkas masih bisa nyala, pdhl tv led tsb bukan tipe yang memiliki fitur menyimpan energi. Ada juga kejadian hanya 1 lampu dirumah yang nyala tapi redup. Jika terjadi demikian disarankan alat listrik dicabut saja karena tidak akan berfungsi optimal, malah bs merusak perangkat elektronik tsb, sampai listrik menyala normal kembali. Voltase/tegangan normal dari pln adalah 220 volt (1 phase) atau 380 volt (3phase)

Unknown said...

Halo gan.. Bergunabgt blognya.. Terima kasih.. Tp sy kasusnya agak beda jd mcb meteran on tp mcb dlm rmh off.. Sy cabut semua alat elektronik lalu cb on nyala listriknya tp 5 menitan mati lg.. Apa mcbnya yg error atau gmn y.. Sy br naikin daya sih gan.. Ngaruh ga ya? Thx

HENINGWICARANYA.COM said...

gimana kalau MCB meteran ON, stopkontak kita tespen kedua lobang nya menyala, dan jika MCB meteran OFF, stopkontak kita tespen hanya 1 lobang yang menyala, * mohon masukan nya...

ariestu.blogspot.com said...

sama kak, kalau mcb yang dalam off ya sama aja ada instalasi atau alat listrik dalam rumah yang bermasalah (dalam hal ini konsleting) atau mungkin bs juga karena 'MCB dalam' kapasitas ampere nya terlalu kecil jadi ketika ada alat listrik yang lebih besar dayanya harus di upgrade ampere nya. kalau perihal penambahan daya enggak ngaruh. Silahkan hubungi BTL atau konsultan listrik terdekat

ariestu.blogspot.com said...
This comment has been removed by the author.
ariestu.blogspot.com said...

Kasus semacam ini bisa karena kabel netralnya yang putus om. Bisa hubungi teknisi listrik dulu untuk memastikan kebenarannya atau bs langsung hubungi pln untuk penanganannya

hamba allah yang ikhlas said...

Infonya manfaat bgt nich.. pa lg pas mati lmp ky gini .. maw tny nih, sikring rmh sy yg mdl bulat ttus ada tombolnya, trus sering bgt hangus.. kira2 knp ya? Apa sy harus ganti dgn yg model modern ya? Apa sy harus pindahkan aja krn ada 6 lubang yang lainnya..

Unknown said...

Maaf mas mau tanya....knp mcb yg anjlok udah sya naikan lgi tp selang bebera jam anjlok lg,kra2 penyebabnya apa y.....mungkin kla d naikan lngsung trun gmpang ngeceknya,dlm kasus seperti ini kira2 bgmn mengeceknya n mngatasinya....trimakasih n mhon pencerahannya

ariestu.blogspot.com said...

Terimakasih, sekering punya saya juga model gitu. Coba diganti sekering model sama dulu dengan yang baru dan dicek ampere nya apa sudah sesuai, barangkali sebelumnya pernah dinaikkan dayanya, krn ada penambahan alat listrik yg lebih besar. jika ampere sekeringnya lebih kecil biasanya panas, hangus, leleh. Kedepannya Memang lebih baik diganti model MCB, namun jika tidak, sekering otomatis tersebut juga sudah cukup.

ariestu.blogspot.com said...

Mcb yang anjok yang luar atau dalam?
Iya om itu bisa juga karena konsleting, lebih teliti lg sama alat elektroniknya, pengalaman rumah saya persis kejadiannya sama om, ternyata ada satu serabut kabel yang nempel antara positip negatip, baru beberapa jam anjlog lagi. Namun ada juga kemungkinan lain yaitu mcb nya udah lemah (tua), perlu diganti.

ariestu.blogspot.com said...

Perlu pemeriksaan lebih lanjut, dari lampu, vitting (wadah menempelnya lampu), kabel2, saklar, dan rumah sekering. Rumah lama seperti rumah saya juga perlu pengecekan biasanya ada kabel yang rantas atau rumah sekering yang diisi sarang semut. Semuanya bs mengakibatkan konsleti listrik walau skala kecil. Demi keamanan, Disarankan pengecekan oleh teknisi listrik lokal pasti dgn mudah bisa mengatasinya :)

ariestu.blogspot.com said...

January 27, 2016 at 9:35 AM
Kalau di toko listrik yang lengkap masih ada yg jual. Cuman kalau diwarung emang skrg udah jarang. Mcb harganya bervariasi tergantung merk dan ukuran ampere nya. Kurleb 50 ribuan sampai seratus ribu, blm trmasuk jasanya.

Unknown said...

Kalo MCB no 3 didalem rumah turun dan MCB mini diluar rumah turun juga, apakah dipastikan ada konsleting... terima kasih. Apakah tempat colokan listrik lembab pada musim hujan begini bisa terjadi konsleting...

Unknown said...

MVB dalam rumah nomor 3 turun dan MCB mini diluar rumah turn juga apakah bisa dipastikan ada konsleting di jalur nomor 3, apakah keadaan lembab musim hujan seperti ini bisa menjadikan kosleting... terima kasih

Unknown said...

mau nanya bung. kalau saat pln mati trus kan kita pake genset. biasanya yang di meteran sama di sekring di off dua duanya. biar kalau nyala dri PLN listriknya gak tabrakan ya. nah pertanyaannya gimana kalau yang satu aja di off-kan , gak perlu dua-duanya bisa gak ?
repot kalau lampu pln nyala tengah malam, sekringnya di dalam kamar kakak saya yang udah bersuami.

Unknown said...

sedikit ngeselin juga ya tulisannya bang. ketika kita sedang panik trus baca tulisan ini kok malah banyak bercanda. haha, tpi makasih bang infonya, sangat bermanfaat..

baby.roedy said...

Mas,numpang tanya,listrik dirumah saya bentar bèntar jeglek pas dinylain lagi mcbnya nyala sebentar lalu jeglek diiringi sama kaya bunyi meledak...begitu terus sampai saya lelah ngidupin mcbnya yg diluar...kira2 itu knp ya?

ariestu.blogspot.com said...

Blogger Sajaya Ibadi said...
MVB dalam rumah nomor 3 turun dan MCB mini diluar rumah turn juga apakah bisa dipastikan ada konsleting di jalur nomor 3, apakah keadaan lembab musim hujan seperti ini bisa menjadikan kosleting... terima kasih
------------------------------
iya, bisa dipastikan ada yang bermasalah di jalur tsb, Lembab di musim hujan hanya akan berpengaruh jika ada kabel yang mengelupas atau jalur listrik yang terkena air. Seharusnya jaringan listrik dalam rumah aman terlindungi dari air. Kalau terkena air, cek lagi kondisi atap pecah atau teras yang mungkin perlu diperbaiki.

ariestu.blogspot.com said...

Angga Adinata said...
mau nanya bung. kalau saat pln mati trus kan kita pake genset. biasanya yang di meteran sama di sekring di off dua duanya. biar kalau nyala dri PLN listriknya gak tabrakan ya. nah pertanyaannya gimana kalau yang satu aja di off-kan , gak perlu dua-duanya bisa gak ?
repot kalau lampu pln nyala tengah malam, sekringnya di dalam kamar kakak saya yang udah bersuami.
---------------------------------------------------
iya om, yang dimeteran aja cukup. Kalau MCB di meteran dimatikan otomatis arus listrik dari PLN sudah berhenti, yang didalam mau on/off tetep sama aja ga ada arusnya.

ariestu.blogspot.com said...

as Aditya Yuda Yudistira said...
sedikit ngeselin juga ya tulisannya bang. ketika kita sedang panik trus baca tulisan ini kok malah banyak bercanda. haha, tpi makasih bang infonya, sangat bermanfaat..
--------------------------
haha, maapin om kalo gitu :D. Semoga bermafaat

ariestu.blogspot.com said...

baby.roedy said...
Mas,numpang tanya,listrik dirumah saya bentar bèntar jeglek pas dinylain lagi mcbnya nyala sebentar lalu jeglek diiringi sama kaya bunyi meledak...begitu terus sampai saya lelah ngidupin mcbnya yg diluar...kira2 itu knp ya?
-------------------------------------------------
dicoba MCB didalem rumah dioffin, atau jika sekring tulung dilepas dulu untuk ngecek. Kan padam tuh. Trus ambil senter cek MCB biru2 yang di meteran nya di ON kan. Kalau gak jeglek2 lagi, berarti cek didalam rumah pasti ada yang konsleting om> cari sumer konsletnya, lepas semua alat2 listriknya. Pasang lagi sekering dalamnya atau ONkan MCB dalamnya. lantas ON kan MCB luarnya. Semoga solusi

Unknown said...

Thanks mas, kemarin setelah di check ternyata ada 2 colokan listrik yang bermasalah, semuanya banyak terdapat sarang semut dikarenakan tempatnya lembab di dekat kolam dan tempat mesin cuci, setelah diperbaiki alhamdulillah tidak mati lagi listrik. Menurut tukang yang renovasi rumah dia satuin semua colokan di satu jalur MCB biar ketahuan mana yang rusak. Terima kasih banyak atas ilmu listriknya....salam

Unknown said...

maaf tanya, tadi malam rumah saya lampunya padam, tapi tetangga tidak padam hanya rumah saya aja yg padam, saya cek di meteran sama sekringnya semuanya posisi on, ngak ada yg off, itu kenapa ya? sebelumnya saya colok TV tau2nya lampunya padam, apakah karena TVnya atau apa ya? tapi masalahnya Meter sama sekringnya tetap ON

ariestu.blogspot.com said...

Meilany Mongilala said...
maaf tanya, tadi malam rumah saya lampunya padam, tapi tetangga tidak padam hanya rumah saya aja yg padam, saya cek di meteran sama sekringnya semuanya posisi on, ngak ada yg off, itu kenapa ya? sebelumnya saya colok TV tau2nya lampunya padam, apakah karena TVnya atau apa ya? tapi masalahnya Meter sama sekringnya tetap ON
-----------------------------------------------------------------------------
kalau itu bisa langsung hubungi PLN untuk pengecekan,, karena posisi MCB on semua.
Namun hal tersebut juga tidak mustahil ada gangguan instalasi dalam rumah,, karena padamnya sewaktu menyalakan TV.

Unknown said...

Pagi om,mbak.saya mau tanya nih.listrik dirumah saya pakai 1300w.kenapa sering mati gitu ya.awal nyasih kemaren tu kipas angin korslet dinamo nya kebakar trus listrik kami sering balik gitu.sekarang kipas angin nya da di pensiunkan tapi kenapa mati juga?di hidupkan lampu skring dalam rumah matu.hidup air sanyo gitu juga.sekarang kulkas,tv,air,lampu gakdi hidupkan.jadi kira kira solusi gimana ya om/mbak?apa harus ganti skring baru?mohon bantuan nya.trima kasih

Unknown said...

Pagi om,mbak.saya mau tanya nih.listrik dirumah saya pakai 1300w.kenapa sering mati gitu ya.awal nyasih kemaren tu kipas angin korslet dinamo nya kebakar trus listrik kami sering balik gitu.sekarang kipas angin nya da di pensiunkan tapi kenapa mati juga?di hidupkan lampu skring dalam rumah matu.hidup air sanyo gitu juga.sekarang kulkas,tv,air,lampu gakdi hidupkan.jadi kira kira solusi gimana ya om/mbak?apa harus ganti skring baru?mohon bantuan nya.trima kasih

ariestu.blogspot.com said...

Blogger Raudhah Rara said...
Pagi om,mbak.saya mau tanya nih.listrik dirumah saya pakai 1300w.kenapa sering mati gitu ya.awal nyasih kemaren tu kipas angin korslet dinamo nya kebakar trus listrik kami sering balik gitu.sekarang kipas angin nya da di pensiunkan tapi kenapa mati juga?di hidupkan lampu skring dalam rumah matu.hidup air sanyo gitu juga.sekarang kulkas,tv,air,lampu gakdi hidupkan.jadi kira kira solusi gimana ya om/mbak?apa harus ganti skring baru?mohon bantuan nya.trima kasih
_------_

Pagi juga,
1. iya coba diganti sekeringnya yang sesuai dengan daya 1300va, yaitu 6 ampere. Cek di badan sekering ada tulisannya.
2. Kalau udah sesuai tp masih seri anjlok coba cek kabel listrik atau stop kontak yang awalnya digunakan kipas angin td, apakah ada yg kebakar atau enggak, kalau iya ganti/perbaiki
3. Mcb di meteran jika udah usang, bisa saja lemah, perlu penggantian dari pln
4. Agar langsung menemukan sumber permasalahnya, hubungi tukang listrik handal terpercaya anda untuk konsultasi

Unknown said...

Mau nanya gan, rumah ane padam sebagian cek per cek mcb sekringnya jeglek, ane kira ad yg koslet d cari muter2 gak ad yg koslet ane "on" kan lagi MCBnya bisa tapi setelah 8-10 jam jeglek lagi klo mau d hitung ga kelebihan daya mau cari yg koslet jga gak ketemu2 mungkin bukan jodoh kali yh 😂 mohon pencerahan gan ane masih awam

ariestu.blogspot.com said...

Santos Cruzer said...

Mau nanya gan, rumah ane padam sebagian cek per cek mcb sekringnya jeglek, ane kira ad yg koslet d cari muter2 gak ad yg koslet ane "on" kan lagi MCBnya bisa tapi setelah 8-10 jam jeglek lagi klo mau d hitung ga kelebihan daya mau cari yg koslet jga gak ketemu2 mungkin bukan jodoh kali yh 😂 mohon pencerahan gan ane masih awam
=======================
iya terkadang orang awam kelistrikan seperti saya juga sama om, kesulitan mencari sumber konsleting, dulu pernah kejadian di rumah saya sering jeglek, dicari2 sendiri ga nemu2, setelah manggil tukang listrik ternyata ketahuan ada satu serabut kabel di salah satu saklar yang nempel ke kabel sebelahnya.. setelah dibenerin maknyus ga pernah jeglek2 lagi. hehe. Yah itu singkat cerita aja.

mungkin kasus nya om bisa di telusur dulu pas jeglek pakai alat listrik apa saja,, kalau masih jeglek dikurangi dulu satu persatu alat elektroniknya. Dievaluasi apa masih anjlok2 setelah dikurangi satu persatu. Jangan2 ada salah satu alat elektroniknya yang bermasalah. Jika masih anjlok juga padahal tanpa pemakaian beban elektronik apapun, perlu dicurigai MCB sekringnya udah lemah kudu diganti. Yah itu kalau usianya udah uzur sekali.

Kejadian gitu tetep curiga ada yang konsleting om,. cuman kudu jeli nelusurnya.

Eva said...

mau nanya, lampu di rumah ane beberapa hari ini sering ngedip. ada di 2 titik. lampu tersebut beda jalur. ngedipnya paling sekali aja, gak terus-terusan ngedip. pas ngedip, rumah sekring ada bunyi-bunyian. tapi kadang-kadang, rumah sekring nya bunyi-bunyi juga, padahal gak ada apa-apa dan lampu yang di 2 titik tadi dalam kondisi mati (saklarnya off). sekring di rumah masih pake yang model jadul, yang ada rumah sekringnya. cuma saya susah ngelacak, ngedipnya semua atau cuma lampu di 2 titik itu aja. pada saat itu pemakaian cuma lampu (rata-rata pakai led 4W dan kulkas 2 pintu), 1 tv led dan 2 kipas angin. itu kira-kira kenapa ya ? apa harus panggil teknisi listrik ? (ada rekomendasi ? saya belum pernah manggil teknisi listrik. yang pasang instalasi, tukang yang benerin rumah :D)

satu lagi, kalau abis listrik padam, pas pln udah nyala, mcb-nya pasti turun terus. kalau kulkas dicabut baru bisa. pemakaian lampu, kulkas, tv dan kipas angin. dulu-dulu enggak seperti itu. apa mcb di meteran udah perlu diganti ? kalau lapor pln, mau ngeganti gak ya ? nanti yang disalahin malah kulkasnya.

Terima kasih.

ariestu.blogspot.com said...

Eva said...

mau nanya, lampu di rumah ane beberapa hari ini sering ngedip. ada di 2 titik. lampu tersebut beda jalur. ngedipnya paling sekali aja, gak terus-terusan ngedip. pas ngedip, rumah sekring ada bunyi-bunyian. tapi kadang-kadang, rumah sekring nya bunyi-bunyi juga, padahal gak ada apa-apa dan lampu yang di 2 titik tadi dalam kondisi mati (saklarnya off). sekring di rumah masih pake yang model jadul, yang ada rumah sekringnya. cuma saya susah ngelacak, ngedipnya semua atau cuma lampu di 2 titik itu aja. pada saat itu pemakaian cuma lampu (rata-rata pakai led 4W dan kulkas 2 pintu), 1 tv led dan 2 kipas angin. itu kira-kira kenapa ya ? apa harus panggil teknisi listrik ? (ada rekomendasi ? saya belum pernah manggil teknisi listrik. yang pasang instalasi, tukang yang benerin rumah :D)

satu lagi, kalau abis listrik padam, pas pln udah nyala, mcb-nya pasti turun terus. kalau kulkas dicabut baru bisa. pemakaian lampu, kulkas, tv dan kipas angin. dulu-dulu enggak seperti itu. apa mcb di meteran udah perlu diganti ? kalau lapor pln, mau ngeganti gak ya ? nanti yang disalahin malah kulkasnya.

Terima kasih.

----------------------------

Memang instalasi listrik dalam rumah seharusnya dipasang oleh Biro Teknik Listrik yang resmi dan nantinya diterbitkan sertifikat(SLO), jika dipasang oleh tukang bangunan bisa saja tidak sesuai standar dari pemerintah dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Namun kadang tukang bangunan juga mengerti perihal listrik, walau bukan profesi resminya.

jika rumah sekering bunyi, lekas aja diganti, kemungkinan besar itu penyebabnya.. disarankan panggil tukang listrik aja, jika memungkinkan sekalian diganti model MCB agar lebih aman.

Rekomendasi tukang listrik rasanya bisa di googling aja, namun baiknya rekomendasi dari kenalan/sodara aja agar lebih terpercaya. Tukang listrik itu banyak kok kalau cuman benerin rumah sekering aja banyak yang bisa hehe..

Penyebab lampu kedip itu juga bisa karena rumah sekeringnya bermasalah, coba cek apakah panas atau ga, seharusnya rumah sekring ga panas dan ga ada bau2an gosong atau suara2 apapun.

Jika MCB sering turun setelah padam jika tidak dimatikan kulkasnya memang seharusnya mengecek dulu instalasi rumah, alat elektroniknya.. terkadang memang alat elektronik itu suka rewel lho, walaupun baru sekalipun. Apalagi jika pemasangannya tidak benar, semisal 1 stop kontak di bagi banyak alat elektronik, membahayakan.

contohnya lain ketika kondisi cuaca yang panas, terkadang Pendingin ruangan atau kulkas bekerja lebih ekstra, sehingga memerlukan daya listrik lebih tinggi di awal menyala.. iya emang waktu awal2 dulu enggak seperti itu, banyak faktor.

nah kalau memang sudah cek2 semua alat listriknya oke, lapor PLN aja,, misal menurut survey dan pengecekan petugas memmang MCB/meteran listrik yang bermasalah pasti diganti kok. Oke, muga2 ketemu solusinya kak :)


Achmad Fadilah said...

Malam admin saya mau tanya Listrik dirumah saya padam,tapi rumah disekitar gk padam saya cek mcb dalam keadaan on, mcb sikring juga keadaan on tapi selang -+30 menit tiba2 menyala lagi kira2 apa ya dan bahaya gk ya...trims

ariestu.blogspot.com said...

Ada beberapa kemungkinan di sambungan kabel dak standar (tiang yang diatas atap yg ada kabelnya dari pln) posisinya agak kendur, sehingga jika kena angin bisa hidup mati. Kalau kaya gini bisa lapor ke pln

Kemungkinan lain, rumah sekering bermasalah, tp biasanya kelihatan kalau kondisi rumah sekeringnya udah jelek kondisinya, ada bunyi, ada sarang semutnya, bau gosong, panas dll, kalau ini kudu panggil tukang listrik karena milik/tanggungjawab pelanggan.

Kemungkinan terakhir, kalau kwh meternya prabayar, bisa saja disitu gangguan di kwh meternya, atau setelah ditekan-tekan kode tertentu, salah tekan, padam sendiri, semacam test relay,, tp tentunya ada pesan error di layar kwh meter prabayarnya.

Sekian, semogamdiantara kemungkinan tersebut bs jadi masukan untuk solusi nantinya

Anonymous said...

mas mau tanya, listrik di rumah suka mati sendiri dng kondisi MCB off. Ketika MCB di ON kan selang beberapa jam mati lagi, tapi terkadang selang bbrp detik atau menit juga sudah OFF lagi. Saya sudah periksa semua alat elektronik dng mencabut dan pasang satu satu semuanya ok. Pernah panggil petugas PLN katanya meterannya ok tapi ada kelebihan daya. Saya sudah coba utk menyalakan tv saja tetep juga berulang masih suka mati sendiri selang bbrp waktu. Ada solusi mas? Makasih sebelumnya. Oiya dalam setiap kejadian mati listrik kadang yg OFF MCB nya saja, kadang juga sekering nya juga off. Tapi kalau di ON kan nyala hanya ya selang bbrp lama akan mati lagi

ariestu.blogspot.com said...

Kalau petugas pln sudah mensurvey dan kondisi kwh meternya normal berarti memang gak ada masalah dengan meterannya.

Langkah yang harus dilakukan adalah tetap cek instalasi dlm rumah,, jika dicari sendiri penyebabnya tidak ketemu, maka jalan satu2 nya minta bantuan instalatir listrik atau tukang listrik berpengalaman untuk cek instalasi rumah.

Sekering pernah off menandakan memang ada konsleting atau kelebihan daya dari arah dalam rumah.

Perkara terkadang sekeringnya kadang off kadang enggak, bisa disebabkan karena sekeringnya udah enggak peka, atau gak sesuai ampere nya. Untung masih ada MCB di kwh meter. Ganti aja sekeringnya untuk peremajaan.

Tadi coba nyalakan tv aja, pindah colokan tv nya ke colokan yang lain, atau coba nyalain lampu saja, apakah masih anjlok?

Saran aja, beban listrik jangan dimaksimalkan dengan daya kontrak pln. Misalnya saja daya 1300va pemakaian alat listriknya dua buah AC bersamaan, belum tv, pompa air dll. Jikalau cukup, ada kemungkinan mcb akan panas dan anjlok. Kadang alat listrik dayanya tidak sesuai dengan yang tertera, misal pompa air, lampu neon, ac,, ada deviasinya, yaitu lebih tinggi dari daya yang tertulis

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Permisi gan. Numpang nanya. Kalau setelah terjadi pemadaman listrik dari pln, tetapi MCB pln off sendiri setelah listrik pln nyala, itu penyebabnya apa. Soalnya MCB pln rumah saya suka turun sendiri kalau listrik pln sudah nyala setelah pemadaman listrik. Jadi harus on manual mcb plnnya. Ada solusi tidak gan. Thanks

ariestu.blogspot.com said...

Itu karena tegangan kejut ketika aliran listrik tersambung kembali dari PLN. Terutama saat alat2 listrik di dalam rumah sedang posisi banyak yang ON. Banyak kasus seperti itu ketika pemilik rumah masih menyalakan AC, pompa air, kulkas, mesin cuci atau alat2 elektronik berdaya lumayan gede ketika listrik padam.

Ketika PLN menyala lagi, serentak alat2 listriknya menyala bebarengan dan tidak salah jika MCB langsung trip/turun.

Disarankan ketika PLN padam, mengurangi pemakaian alat elektroniknya dulu kak,, (dicabut atau di OFFkan sementara), dievaluasi nanti apakah masih anjlok MCBnya ketika PLN menyala lagi.

Fungsi MCB sebagai adalah pembatas juga pengaman. Seharusnya jika MCB turun seperti kasus itu malah ga perlu khawatir, karena MCB nya berfungsi dengan baik dan peka ketika ada arus berlebih. Jadi ga perlu khawatir perihal tersebut :)

Namun memang sih kekurangannya ada,, jika rumah sedang kosong, ketika PLN menyala, rumah kita sendiri masih padam karena harus meng ON kan MCBnya.

Semoga kedepannya perusahaan listrik kita ga sering padam jadi kasus semacam ini ga lagi bikin ga nyaman.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Ok mas Ari. Terima kasih masukannya.

Yokotha said...

Mau tanya dong mas...kebetulan aku tgl.di tempat kos..liatrik 900watt dan masih pake sekring otmatis...beberapa hari ini tiba tiba suka mati lampu..pdhal token masih ada dan posisi ehmm apa itu ya namanya yg diluar rumah itu..mcb ya??.itu masih on..tp aku denger suara sekring klik..trus.padam..atau kadang mati idup mati idup gitu liatriknya.kt tetangga, cb ganti sekringnya...terus aku cb copot itu panasss banget...sampe.ke elemen yg didalamnya besi kuning.jg panas...terus ke toko listrik buat beli sekring baru..di sekring lama, tulisannya 6 ampere..tp.pas ke tokonlistrik kata yg jual surih pake yg 10 amp..karena aku 900.watt and ada 1 ac 3/4 pk..pas aku pasang sekrong baru, emg gak jeglek2x lagi..tp.kok sarangnya kalo dipegang dr luar masih panas ya? Terus baca2x di.internet kalo 900 waat harus pake yg 4 ampere, bkn yg 6 atau 10 ampre.. jadi gimana baiknya ya mas.. bantu pencerahan..trims

ariestu.blogspot.com said...

untuk daya 900 VA memang idealnya sekering yang dipasang ukuran 4 Ampere. Karena 900Va sama dengan 4 Ampere. Cara mengetahui berapa ampere adalah daya dibagi 220V..

jika kondisi sekring dalam diberikan ampere yang lebih besar memang tidak akan anjlok2 lagi. Tapi jadi ga berfungsi sekringnya buat keamanan. Pemutus arus ketika terjadi kelebihan beban atau konsleting hanya dibebankan ke MCB di meteran.

Saran pertama, mgkin perlu pengecekan rumah sekeringnya juga.

Saran lainnya jangan terlalu memaksimalkan daya 900Va untuk beban yang tinggi seperti AC 3/4 Pk, belom lagi lampu, alat listrik lain? coba hitung kembali watt alat2 listrik yang dipergunakan secara bersamaan

ada kasus jika dimaksimalkan akan berdampak panas MCB atau sekeringnya. Mungkin perlu dicoba jika sedang tidak menggunakan AC, atau menghidupkan lampu saja, apakah sekeringnya panas? jika tidak, saya rekomendasikan untuk menambah daya ke daya yang mencukupi kebutuhan alat elektroniknya, Demikian :)

Unknown said...

Saya Mau Tanya kenapa ya lampu dirumah kedip2 semua??

ariestu.blogspot.com said...

Saya Mau Tanya kenapa ya lampu dirumah kedip2 semua?? > voltase gak stabil kak, coba kurangin pemakaiannya apakah sama? kalau masih, lapor aja ke PLN

absidriszeaimas said...

Kalau meteran anjlok/off. Padahal semua sakelar sudah dimatikan. Dan mcb sekering juga udah dimatikan. Kira2 karena apa ya?

Anastasia said...

Hi, makasih atas ulasan artikelnya, artikel seperti ini sangat susah dicari digoogle.
Apakah ada ulasan tentang lampu2 yg ada di kwh meter pasca bayar? Saya sudah google tp sedikit sekali yang mengulas ini dan tidak lengkap.
Saya mau bertanya apakah wajar kalau saat mcb dimatikan, lampu hijau tetap menyala?
Lalu apakah bermasalah kalau lampu kuning menyala saat mcb menyala? Akhir2 ini lampu kuning ini sering sekali menyala.
Mohon bantuan informasinya. Terima kasih.

ariestu.blogspot.com said...

Belum ada ulasan resmi mengenai kwh meter model tersebut. Kwh meter pasca bayar yang ada lampunya itu dinamai "Smart Meter". Kwh tersebut pengganti kwh meter pasca bayar yang sebelumnya menggunakan piringan. Smart meter mungkin ada beberapa macam, namun kebanyakan lampunya ada 3, merah, kuning dan hijau.

Hijau : menyala menandakan power dari kwh meter itu sendiri (normal jika tetap menyala walau mcb off)
Kuning : menyala jika ada gangguan instalasi dalam rumah (normalnya gak nyala)
Merah : kedip2 normal karena menandakan adanya pemakaian, semakin cepat kedipannya menunjukkan pemakaian listriknya banyak seperti piringan yang berputar cepat.

Lampu kuning nyala disarankan cek instalasi dalam rumah,, hubungi btl atau teknisi listrik kepercayaan, kemungkinan ada error, kesalahan pengkawatan, netral dan groung digabung dsbg. Efeknya jika ada kesalahan tersebut selain membahayakan dapat juga membuat boros hitungan kwh meter yg dipergunakan.

Setelah adanya perbaikan instalasi, lampu kuning pasti gak akan menyala lagi

ariestu.blogspot.com said...

Blogger absidriszeaimas said...
Kalau meteran anjlok/off. Padahal semua sakelar sudah dimatikan. Dan mcb sekering juga udah dimatikan. Kira2 karena apa ya?
_------

Mcb yang di kwh meter udah lemah, perlu adanya penggantian. Kalau gini lasung hubungi PLN 123 untuk pengecekan/surve petugas. Jika memang mcb kwh meter perlu diganti, tidak dikenakan biaya karena milik pln

Anastasia said...

Hi Mas, terima kasih atas respon cepatnya, informasi yg telah diberikan sangat membantu.

Unknown said...

Infonya bermanfaat sekali terima kasih barusan bisa nangani sendiri berkat blog ini. Thx bgt

Hanza81 said...

Mas, mau nanya, begini, ini kan lagi musim liburan, jadi saya kebanyakan menghabiskan waktu hanya di kamar, browsing internet sambil dengar lagu. Saya kira-kira menghidupkan wi-fi, menghidupkan laptop, speaker, ac mulai dari jam 7 malam, lalu sekitar jam 12 malam malah mati lampu. Sudah 2 hari ini terjadi begini terus.
Saya berpikir disini ada 2 kemungkinan, yang pertama, mungkin alat elektronik yang saya pakai melebihi kapasitas listrik di rumah saya. Tapi saya pikir ini ngak mungkin, karena kalau sudah melebihi, seharusnya saat saya mencolok kabelnya seharusnya listriknya sudah mati, kenapa harus sampai lewat beberapa jam lagi baru mati?
Lalu kemungkinan yang kedua, mungkin saya memakai alat-alat ini terlalu panas, jadi mati lampu, tapi saya kira ini juga ngak mungkin, karena saya pernah kemarin lembur sampai jam 4 pagi di rumah, tapi listriknya oke-oke aja kok.

Minta bantuannya ya mas. Susah juga kalau mau tiap malam keluar rumah lihat meterannya.
Makasih ya mas.

ariestu.blogspot.com said...

Jika padam yang dimaksudkan adalah posisi mcb turun/off, itu disebabkan karena adanya konsleting atau kelebihan beban, sama seperti dugaan diatas kak. Coba suatu ketika dimatiin/dikurangim 1 atau 2 alat listriknya. Disarankan enggak memaksimalkan daya listrik yang dikontrak dengan memaksimalkan alat2 listrik dipergunakan maksimal. Karena alat2 elektronik terkadang memiliki deviasi daya yang ga disadari. Contohnya penyejuk ruangan, AC dapat berkerja lebih keras saat pintu kamar lebih sering dibuka, atau saat suhu lebih panas dari biasanya, kemampuan kompresor yasng menurun, dapat membuat penggunaan listrik lebih (dari biasanya). Coba hitung watt peralatan listrik yg digunakan apa saja dengan melihat watt di tiap alat listrik,, dibandingkan dengan daya pln yang dikontrak. Jika dirasa sudah sesuai, dan jika sudah dikurangi penggunaannya tetap anjlok, perlu curiga mcb sudah lemah, perlu penggantian.

Hanza81 said...

Oke
makasih mas sarannya, nanti saya coba tes.
Makasih ya mas.

Anonymous said...

Mau tanya, rumah saya kan 2 lantai, waktu dini hari, entah kenapa listrik di lantai 2 jeglek, padahal lantai 1 listriknya nyala. Apa penyebabnya y? Padahal 1 rumah lgi pada tidur smua

ariestu.blogspot.com said...

Jika yang dimaksud jeglek adalah mcb dalam rumah, tentunya ada gangguan instalasi listrik/alat elektronik dijalur kelistrikan rumah tingkat dua.
Coba ingat2 alat listrik apa saja yang dipergunakan di lantai atas, lampu, ac, tv atau komputer serta colokan-colokan. Jika sudah dipastikan aman, perlu cek mcb jalur tersebut, apakah kondisinya masih bagus atau perlu ganti. Mcb anjlok/jeglek disebabkan adanya kelebihan beban dan/atau arus pendek (konslet). Itu pasti, karena fungsinya adalah pengaman.

Adri said...

Selamat Malam, kalo misalnya listrik sering mati tiba2 dan frekuensinya lebih sering malam hari. Padahal MCB nya on semua termasuk yang diluar itu karena apa yah ? Dan matinya bentaran cuman 1-2 detik saja trus nyala kembali tanpa MCB jadi off/kejetrek. Pernah dicoba juga semua lampu serta peralatan elektronik di matiin tetapi tetap aja mati nyala terus belakangan ink

ariestu.blogspot.com said...

Selamat malam juga, Sayang enggak dijelasin apakah memakai kwh meter prabayar atau kwh piringan biasa.

Jika prabayar, Sebisa mungkin ketika padam atau setelah padam, dilihat di display kwh meter ada keterangan apa? "error", "periksa" atau apa?. diharapkan jika padam ada keterangan errornya.

Kalau melihat padamnya 1 - 2 detik saja, sepertinya itu hanya berkedip. Yakin apakah berkedip atau redup? saya saranin hubungi PLN untuk pengecekan kwh meternya dan pengecekan kabel dak standar di atas rumah, apakah kendur sehingga jika kabel sambungan rumah (kabel SR) terkena angin bisa mati dan hidup sendiri.

Pengecekan/perbaikan tsb tidak dikenakan biaya jika yang gangguan bukan berasal dari instalasi rumah.

Kemungkinan lain, jika masih menggunakan sekering lama, box sekering yang didalam rumah, jika kondisinya sudah lawas bisa menjadi penyebab berkedip. Perbaikannya biaya sndiri oleh instalatir (tukang listrik).

diantara kemungkinan2 tersebut dpt semoga membantu ya kak :)

Wina said...

Mas mau tanya, dua hari ini setiap jam stgh 10 malam, listrik rumah jeglek padahal dari jam 4 sore gak ada penambahan beban listrik. Yg nyala ac, tivi m dispenser aja, dari jam 4 sore. Kenapa ya padahal sebelum2nya gak pernah gni.

ariestu.blogspot.com said...

Tetep dikurangi alat listriknya, listrik jeglek penyebabnya sederhana aja, kelebihan beban atau ada konsleting. Perlu curiga sama alat listrik kita, karena gak selamanya alat elektronik dalam kondisi optimal, terkadang ada penurunan kinerja alat tersebut. Coba kurangi pemakaian lampu, atau naikkan suhu Ac, atau memeriksa kondisi seluruh instalasi listrik baik kabel, stop kontak, alat kelistrikan dan lain2 oleh teknisi listrik. Jika semuanya normal, baru curiga mcb nya lemah

Unknown said...

Sama om rumahku juga seperti itu.semua udah di matikan dan semua steker udah di cabut dari colokan.tp kok mcb yg luar kadang2 msh njeglek jg ya.mohon bimbingannya nih sama yg lebih ahli

Hamba Allah said...

thanks bro, setelah konslet mcb saya diamkan sambil baca blog ini (sekitar 15menit) Alhamdulillah tadinya ga mau naik,trus bisa, nyala deh :)

ariestu.blogspot.com said...

Rano tigor> kalau gitu perlu curiga mcb lemah, itu nyebapin sering anjlok.

Hamba Allah> iya mcb memang cara kerjanya berdasarkan panas, ketika ada beban berlebih suhu naik dikit langsung anjlok. Beberapa kasus emang saat didiemin dan dingin bisa on lagi. Disaranin jangan memaksimalkan beban dengan daya yg dikontrak, atau naik daya.

crliquid works said...

Alhamdulillah listrik sudah nyala. Thanks sharingnya bos.

Maunanya sekalian. Klo lampu bunyi. Kadang nyala kadang idup. Yang salah kabel listriknya yg bocor atau ada masalah di fitting lampu ya?

crliquid works said...

Alhamdulillah listrik sudah nyala. Thanks sharingnya bos.

Maunanya sekalian. Klo lampu bunyi. Kadang nyala kadang idup. Yang salah kabel listriknya yg bocor atau ada masalah di fitting lampu ya?

ariestu.blogspot.com said...

Alhamdulillah. Kalau lampu bunyi, coba ganti lampunya atau pindah lampunya ke vitting lain untuk mengecek. Pertama curiga dulu sama lampunya. Selain itu cek juga apa emang semua lampu seperti itu atau hanya satu lampu saja, demikian, semoga ketemu solusinya..

Salam

itawati said...

Maap dong mau nanya, listrik rumah saya mati tadinya ditepat sekeringnya (model otomatis yg ada tonjolannya)itu bunyi meledak bgtu dan mcbnya pun jadi off.setelah saya ganti sekeringnya dan mcb posisi on listrik tidak mau nyala juga dan kalau posisi mcb on dan sekering tonjolannya saya tekan langsung turun smua listriknya, itu knpa ya? Terimakasih

ariestu.blogspot.com said...

Itu berarti masih ada konsleting di dalam rumah, coba lepas semua mua alat listrik, kabel yang dicolokan dicabut semua.. Jika udah yakin tidak ada yang nyala alat listriknya baru nyoba untuk menekan tombol yang menonjol di sekering otomatis tsb. Sekering otomatis kan tidak perlu diganti, tombol yang menonjol itu fungsinya on off seperti mcb. Jika bisa di onkan/ditekan, coba nyalakan satu persatu alat listriknya..

itawati said...

Udah saya cek smua tdi, mcb dan sekering dtekan tpi listrik tidak mau nyala juga sampai skrg

itawati said...

Alhamdulillah sudah nyala sekarang, terima kasih byk...:D

Unknown said...

Gan boleh Tanya, di rumah saya MCB dan sekering on semua dan listrik tetangga nyala semua tp Di rumah saya tidak. Apa yang harus saya buat? Mohon infonya.

Unknown said...

Gan boleh Tanya, di rumah saya MCB dan sekering on semua dan listrik tetangga nyala semua tp Di rumah saya tidak. Apa yang harus saya buat? Mohon infonya.

ariestu.blogspot.com said...

Siiip

ariestu.blogspot.com said...

Listrik nya prabayar atau meteran biasa? Kalau prabayar coba cek displaynya ada keterangan apa, selanjutnya hubungi pln 123, semoga ada solusi kak

Djelly said...

dikosan saya tiap ada yang hidupin lampu pasti sekring langsung njeglek, tapi kalau saya naikin sekringnya pas semua alat elektronik idup, gak ada masalah... njegleknya hanya waktu ada beban baru yang masuk seperti tadi hidupin lampu... hampir semua kamar tiap mau hidupin lampu pasti langsung njeglek, pas di cek di sekring MCB nya ternyata posisi masih on jadi hidupinnya dimatiin dulu baru di on in.. sehari sebelumnya memang ada yang konslet dari roll kabel teman saya ada yang terkelupas tapi sekarang sudah tidak dipakai... itu kira2 kenapa ya? apa MCB nya atau instalasi istriknya yang bermasalah akibat konsleting sehari sebelumnya? makasih,,

ariestu.blogspot.com said...

Kalau nyalain selain lampu njeglek juga apa enggak? Kalau misal nyalakan tv, atau kipas angin, setrika gak masalah berarti ya jalur lampunya yang mungkin bermasalah. Tapi jika dilihat dari mcb nya yang harus di on off kan dulu itu agak bahaya kak, mending diganti aja mcb baru. Karena mcb bekerja memutus arus. Kalau posisi on tp gak nyala listriknya trus harus di on off kan dulu brti udah kelihatan masalahnya disitu. Bisa saja rusak karena konslet sebelumnya.

Unknown said...

halo mas, listrik dirumah saya listrik token (prabayar) daya 2200, mcb dalem ada 2 utk aliran listrik dan 1 utk switch mesin genset.
mcb dalem utk lantai 1 dan 2 beda, yg selalu bermasalah mcb lantai 1.
masalahnya timbul tiap kali ada pemadaman bergilir dari pln, pas jamnya nyala, mcb luar (meteran) langsung turun gejlek gk bs naik sendiri. alhasil mcb dalam utk lt 1 kambuh gk bs on, sudah 5 kali dicek petugas listrik khusus bagian instalasi dalam rmh, petugas datang, listrik nyala tapi kambuh lagi tiap pasc pemadaman bergilir (pln palembang lg demen byarpet).
kemarin saya telp 123 minta tolong cek dri pln, saya takut saya dijadii atm sm petugas liatrik luar yg sdh 5x blm sukses jg nemuin penyebabnya.
dan hasilnya dari petugas pln, yg gangguan instalasi dalam, saya kmbali ngubungi org itu.
hari ini, jumat 14 okt 16 jam 8:00 teknisinya dtg dan listrik nyala setelah ngebobok beberapa bagian dak rumah saya (kesel siihh sampe bobok ngebobok gini).
daaan makin kesal jam 5 sore kembali pemadaman bergilir, kambuuh lagi mcb lantai 1 rmh, yg lantai 2 tetap bisa on.
saya sudah telp kembali, dan besok akan diperiksa lagi, yg jadi masalah, sampe kapan bobok ngebobok berakhir klo masih kambuhan kyk gini. teknisi ini padahal jam terbang tinggi, dia dipake bbrp developer perumahan. termasuk perumahan kami. masa tidak ada cara jitu ngedeteksi dimana gangguanya, adakah cara lebih smart efisien ngecek korsleting tanpa harus bobok ngebobok?
terimakasib atas jawabannya sebelumnya.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
ariestu.blogspot.com said...

Kak Lilly, hmm memang agak susah melacak sumber korsleting di suatu rumah, petugas instalasi listrik sepertinya sudah benar melokalisir merunut jaringan satu persatu dan memang konsekuensinya adalah bobok membobok instalasi yang sudah tertanam di dinding. Memang beberapa kasus terkadang pengalaman instalatir listrik bermain juga, menggunakan feelling menerka dimana letak korsleting langsung, dengan keberuntungan tentunya.

Coba cek juga apakah alat listrik di lantai yang sering anjlok tersebut lumayan banyak dibanding dengan jalur satunya?, Apa mcb sekeringnya ampernya udah pas? Coba saat listrik padam, lepasin dulu atau kurangin dulu alat listrik yang ada di jalur bermasalah, ketika pln nyala apakah masih terjadi hal yang sama? Mcb adalah alat pengaman dan malah saya bersyukur jika bisa off karena menunjukkan mcb tersebut berfungsi mengamankan. Seharusnya pln lah yang ga sering mati mati terus. Oke, semoga ketemu solusinya. ��

topik said...

Malam mas,saya masih awam ttg listrik,ingin tanya gmn cara saya tau kalau sekring dalam otomatis saya masih berfungsi/tdk?untuk menekan tombol "off" di sekring otomatis apa mmg susah?krn sekring sy susah sekali sy pencet off.terima kasih

ariestu.blogspot.com said...

Iya agak susah atau seret agak ditekan, tapi harusnya bisa, ya terkadang ada kasus mace tombolnya. Jika usia sekering udah tua alias bertahun tahun, disarankan langsung lepas dan diganti saja. Harganya ga mahal sebanding dengan keamanan yang diberikan, hitung-hitung peremajaan kak. Oiya jgn lupa perhatikan ukuran ampere nya harus sesuai.

ariestu.blogspot.com said...

Iya agak susah atau seret agak ditekan, tapi harusnya bisa, ya terkadang ada kasus mace tombolnya. Jika usia sekering udah tua alias bertahun tahun, disarankan langsung lepas dan diganti saja. Harganya ga mahal sebanding dengan keamanan yang diberikan, hitung-hitung peremajaan kak. Oiya jgn lupa perhatikan ukuran ampere nya harus sesuai.

topik said...

Saya taunya sekring otomatis masih berfungsi/tdk bagaimana mas?di sekring juga ada demacam tonjolan kecil warna merah itu fungsinya apa mas?krn saya perhatikan kok y tdk menyala,sy pikir semacam lampu indikator

ariestu.blogspot.com said...

Tonjolan kecil merah itu sebenernya tombol buat off in. Kalau itu dipejet tar listrik off atau mati, dan tombol yang besar item itu ganti menonjol keluar kelihatan banget deh. Kalau masih fungsi ya kalau ada korsleting ntar yang tombol itemnya itu nonjol keluar, untuk nya lainnya tinggal diteken masuk. Umumnya kalau sekering udah tua diganti aja buat peremajaan.

Santoso said...

Saya mau tanya, kalo on-of nya keras sx gimana ya? Sekring nya saya matikan karna hujan keras takut terjadi koslet.. Jujur saya pernah kesetrum jadi.. Na tapi pas mau di nyalakan (on) sekringnya keras sekelai kaya mau pata gitu.. Gimana ya? Ap aman kalo di paksakan..?

ariestu.blogspot.com said...

Sekeringnya model mcb atau sekering otomatis ya?,,, Kalau mcb on nya memang lebih kerasa agak berat ketimbang off in. Tapi seharusnya gak sampai kerasa mau patah. Diganti saja kak dengan mcb baru biar aman. Kalau hujan mungkin bisa mematikan yang di kWh meter saja untuk alternatifnya. Sebaiknya selalu ngecek kondisi rumah jangan sampai ada instalasi listrik dalam rumah yang terkena bocor atau terkena air. Selanjutnya aman gak usah selalu mematikan mcb ketika hujan. Gitu :)

Santoso said...

Saya mau tanya, kalo on-of nya keras sx gimana ya? Sekring nya saya matikan karna hujan keras takut terjadi koslet.. Jujur saya pernah kesetrum jadi.. Na tapi pas mau di nyalakan (on) sekringnya keras sekelai kaya mau pata gitu.. Gimana ya? Ap aman kalo di paksakan..?

120145 kaskus said...

Gan, ane mengalami mati listrik cuma rumah ane, nah mcb di luar ga off, sekring di dalam ada dua, satu off, ane udh matiin semua listrik tapi 1 sekring ga bisa dinaikin seperti membalikkan atau ga bisa naik selalu turun, ane cabut 1 lampu yg emang besar watnya akhirnya sekring bisa on lagi, tapi setelah semua ane on kan mcn dan sekring listrik tetap tidak menyala mohon bantuannya gan

ariestu.blogspot.com said...

Karena posisi mcb dan sekeringnya udah on semua namun masih padam, lapor ke pln aja kak, hubungi call center 123 atau (kode area) 123.

Unknown said...

malam mas mau nanya kalau itu sekring bunyi kresek kresek terus kemudian mati lampu 1 rumah kira kira sengkringya harus ganti?
waktu semuanya di matikan tetep anjlok namun di saat suara kreseknya ilang lampunya nyala tetapi tiba tiba suara kresek dari sekring lalu akhirnya mati apa memang harus ganti? aau kemungkinan ada sarang semut dan sbg?

Sibayukun said...

Punten gan. Mau tanya.. ane bingung sama rumah ane.
Dirumah pakai sekring yang bulat. Entah kenapa kemarin itu jeglek. Trus saya nyalain lewat mcb diluar, udah ON tapi masih nggak nyala. Terus cek sekring trnyata putus serabutnya. Gantilah sma yang bru.

Ane belinya sekring yang otomatis itu... Semua lancar jaya, hingga datang malam hari. Jam 1 malam pas ane lagi tidur asik2nya. Tiba2 listrik padam lagi karena jeglek tuh si mcb'nya. Ane nyalain, nyala. Cuman kok dri sekering yang oto itu ada suara gesrek2 yah kaya suara listrik yang lagi ngalir gitu padahal masih baru. Suaranya pelan sih, kedengeran klo kuping dideketin ke sekringnya.
Itu kenapa yah kang???

Sekedar info, daya listrik ane 1300 watt, ane tinggal sndirian.

Terimakasih

ariestu.blogspot.com said...

Kemungkinan bisa juga dari rumah sekering nya om,,dicek aja, kalau rusak ganti. Itu juga bisa bikin listrik byar pet,, semoga membantu

ariestu.blogspot.com said...

Coba kak pemakaiannya apa aja,, pas kakak denger ada kresek krrsek, coba kurangin alat listrik salah satu yang berat wattnya.. dengerin laginapa masih kresek2? Kemungkinan itu rumah sekeringnya kak, harus diganti/dicek juga. Rumah saya juga masih pakai sekering gitu tp senyap ga ada suara. Baiknnya diganti model MCb kak, lebih aman.

dayLife said...

Kak. Beberapa hari ini sering listrik mati mendadak kemudian 2 menitan gitu idup lagi. Saya baru cek ternyata sekring yg otomatis itu uda lengket kayak terbakar. Akhirnya mcb nya sati matikan dan sekringnya saya ambil tapi sisahan patahan masih ada. Sementara rumah lg posisi padam listrik mlm ini. Pertanyaan saya kenapa bisa sekringnya sampai lengket, berkarat, dan patah begitu ya? Dan juga kemaren2 klo kita dengerin emang ada suara bising yg halus gt. Lalu seng rumah kan sudah bocor. jadinya sering bocor ke dalam rumah. Nah, ada beberapa jalur asbes yg bocorannya pas di bola lampu. Airnya netes dari situ. Apa ada kemungkinan korslet gak kak bila dibiarkan terus? Atau sebaliknya gak ngefek ke listrik rumah kita? Tq kak.

ariestu.blogspot.com said...

Mungkin sekering dalam kondisi panas kak,, kenapa panas, karena ada konsleting atau beban yang berlebih karena ukuran amperenya ga sesuai. Bisa saja karena pemasangan kurang pas, sudah usang, kotor. Segera ganti sekering atau cek rumah sekeringnya juga.

Untuk instalasi lampu dan alat listrik lain memang harus aman dari air kak,, dicek aja kak vitting/tempat lampunya,, jangan sampai terkena air,, bs nyebapin konsleting.

Lebih amannya memang dimatikan dahulu sampai ada penanganan dari teknisi listrik.

Unknown said...

Pagi pak,trims buat info yg sdh d share,dmn sy bisa blj sdikit hal2 ttg kelistrikan d rmh,utk yg kasus biasanya sy sdh bisa mengatasinya,namun sdh 2 hari ini mcb d rmh njeglek terus,padahal banyak lampu n peralatan listrik gk sy gunakan,sy cabut semua stop kontak,kulkas,tv,charger hp, setelah mcb sy on kan,tdk brp lama njeglek lagi,selang waktu tidak sampai 2 jam pasti njeglek,padahal pemakaian sdh sy minimkan,apa mcb nya hrus dganti,dan kira2 brp biayanya?trims sebelumnya

Unknown said...

Assalamua'alaikum..
Pak Mau tanya..
Kalau setelah mati listrik (PLN) trus listrik nyala lagi tapi MCB langsung ngetrip off/ngejepret, apa ya penyebabnya ?
Padahal beban listrik udh di lepas semua..
Di rmh saya ada pembagian MCB..
Mohon jawabannya..
Nuhunn...

Unknown said...

Assalamua'alaikum..
Pak Mau tanya..
Kalau setelah mati listrik (PLN) trus listrik nyala lagi tapi MCB langsung ngetrip off/ngejepret, apa ya penyebabnya ?
Padahal beban listrik udh di lepas semua..
Di rmh saya ada pembagian MCB..
Mohon jawabannya..
Nuhunn...

ariestu.blogspot.com said...

Walaikumsalam wr wb,, ada beberapa pelanggan mengeluhkan hal yang sama, Tapi sedikit. Jika sudah mematikan smua alat kelistrikan saat pln menyala dan mcb kwh meter masih anjlok, coba mematikannya dari mcb dalam (sekering) sebelum pln nyala. Apabila masih anjlok/trip, kondisinya memang terkadang ada lonjakan daya tinggi saat pertama kali aliran listrik menyala dari trafo,, mcb di rumah anda malah bagus kak bisa anjlok gitu,,hehe.

seoimimagine said...

assalamu'alaikum. mau nanya solusi kalo lampunya bunyi itu konslet atau bukan ya? setelah ganti bola lampu yang baru malah bunyi. padahal kemaren-kemaren enggak. udah coba sama lampu lain sih gak bunyi. itu salah bohlam nya atau emang ada konslet? mohon pencerahn secepatnya. terima kasih.

ariestu.blogspot.com said...

Walaikumsalam wr wb.
Kalau diganti bolam lain tidak ada suara menandakan bolam lampu yang baru yang bermasalah. Dicoba untuk memindah bolam yang baru ke tempat/Vitting yang lain untuk mengecek kebenarannya..Apakah bunyi atau tidak

Unknown said...

Assalamualaikum mas...mau nanya.mlm ini listrik rmh saya mati tiba2 pas lg enak2nya nnton tipi ada suara dorr di meteran depan.lalu saya cek meteran depan ternyata saklar nya di posisi Off.
Lanjut saya copot semua steker dr perabotan elektronik drmh.dan lanjut saya cek sekering dalam ternyata masih dalam posisi tombol tertekan atau On(saya pakai sekering otomatis yg ad tombolnya biru itu).nah lalu saya off kan sekering trsebut.lalu saya on kan kembali saklar meteran luar...nah ketika saya masuk kerumah untuk menyalakan menekan tombol sekering agar On tiba2 bunyi letusan kembali terdengar dari metetan luar.lalu saya cek kembali meteran luar dan saklarmya kembali Off.
Yg mau saya tanyakan....permasalah nnya ada dimanya ya mas....sedangkan steker alat2 elektronik sudah off copot dan off semua.mohon bantuan ya mas....terimakasih...

Unknown said...

Assalamualaikum mas...mau nanya.mlm ini listrik rmh saya mati tiba2 pas lg enak2nya nnton tipi ada suara dorr di meteran depan.lalu saya cek meteran depan ternyata saklar nya di posisi Off.
Lanjut saya copot semua steker dr perabotan elektronik drmh.dan lanjut saya cek sekering dalam ternyata masih dalam posisi tombol tertekan atau On(saya pakai sekering otomatis yg ad tombolnya biru itu).nah lalu saya off kan sekering trsebut.lalu saya on kan kembali saklar meteran luar...nah ketika saya masuk kerumah untuk menyalakan menekan tombol sekering agar On tiba2 bunyi letusan kembali terdengar dari metetan luar.lalu saya cek kembali meteran luar dan saklarmya kembali Off.
Yg mau saya tanyakan....permasalah nnya ada dimanya ya mas....sedangkan steker alat2 elektronik sudah off copot dan off semua.mohon bantuan ya mas....terimakasih...

ariestu.blogspot.com said...

Saya rasa itu masih ada yang konslet kak. Sesuatu yang membuat arus pendek atau konsleting bisa saja bukan cuman saklar atau stop kontak peralatan elektronik saja, bisa juga kabel kabel yang tidak terlihat diatas plafon yang mungkin terkena air atau dimakan tikus. Bisa juga Vitting atau wadah lampu yang kotor dan masih banyak lagi kendala lain. Kalau yang itu sudah dipastikan oke,, rumah sekering otomatis itu juga bisa bermasalah,, seperti ada sarang semut didalamnya, kotor atau konsleting. Jika permasalahan konsleting gak ketemu bisa menghubungi btl atau teknisi listrik. Demikian semoga solusi ya hehe

ariestu.blogspot.com said...

Kalau memang sudah dikurangin alat listriknya tetap anjlok itu bisa disebabkan karena mcb nya sudah usang atau lemah. Penggantian mcb di kwh meter tidak dikenakan biaya, karena milik PLN, silahkan menghubungi pkn123. Namun jika mcb yang rusak itu didalam rumah (sekering), merupakan tanggungjawab pelanggan dengan menghubungi teknisi listrik

ariestu.blogspot.com said...

Kalau memang sudah dikurangin alat listriknya tetap anjlok itu bisa disebabkan karena mcb nya sudah usang atau lemah. Penggantian mcb di kwh meter tidak dikenakan biaya, karena milik PLN, silahkan menghubungi pkn123. Namun jika mcb yang rusak itu didalam rumah (sekering), merupakan tanggungjawab pelanggan dengan menghubungi teknisi listrik

Tey said...

bang, mau tanya, listrik mati mendadak, saklar spedometter masih di "on", tapi lampu yg nyala cuma hijau, yg merah gk kedip ", kira "kenapa ya? sama solusinya gimana?

ariestu.blogspot.com said...

Cek di mcb atau sekering dalam rumahnya on juga gak?

Nona Nurul said...

mas, dirumah saya akhir2 ini lampunya suka kedap kedip kenapa ya?, gak yang heboh banget sih paling setengah menit abis itu normal lagi, trus beberapa jam ato bbrapa hari kemudian mulai kedap kedip lagi. kadang sehari bisa beberapa kali. kalo kelebihan beban kayanya enggak juga soalnya saya ngeliatnya siang, cuma lampu WC yang nyala. saya nyoba tes nyalain lampu dapur ternyata kedap kedip juga. Soalnya saya mikir bisa aja lampunya mau mati jadi kedap kedipp, ternyata enggak.
itu kira2 kenapa ya mas, perlu manggil PLN ato teknisi ya ? makasih atas responnya ;)

ariestu.blogspot.com said...

Makasih juga atas komentarnya. lampu berkedip bisa diakibatkan karena voltase yang tidak stabil. Penyebabnya bisa karena instalasi di dalam rumah, atau bisa juga disebabkan oleh jaringan PLN, kak. Coba cek apakah tetangga terdekat mengalami hal yang sama? Jika terjadi bukan hanya satu rumah saja, maka dipastikan jaringan PLN yang terganggu.

Jika hanya terjadi di 1 rumah saja, bisa saja tetap melapor ke pln untuk pengecekan, barangkali ada permasalahan di kabel sambungan rumah yang kendur, sehingga kejadiannya ketika kabel tertiup angin akan terjadi lost kontak.

Namun disarankan sebelum melapor ke PLN memastikan apakah instalasi rumah dalam kondisi normal, kebanyakan kasus instalasi milik pelanggan menjadi penyebab terjadi hal tsb, seperti kualitas kabel yang kurang baik, atau pemasangan ground yang tidak benar. Demikian semmoga dapat membantu. Salam...

Herry said...

Mas, tanya nih.
Kalo meteran anjlok tapi masih nyetrum tu kenapa ya? Saya pernah coba off kan ternyata lampu masih menyala redup seperti low volt gitu.
Terima kasih.

Perahu Kertas said...

Mas, saya mau nnya. Listrik drmh saya memakai listrik token kira2,sudah 2tahunan, sblumnya dayanya 450 dinaikkan mnjdi 900.
Sekitar 1,5bln lalu drmh saya lampu mati dan saya cek ada tulisan "dy lebih" di sekering dpn. saya hdupkan skering, lmpuny hidup, tapi tiba2 mati lagi, akhirny saya telp pln dan blg keluhan saya. Stlh itu pln dtg dan mengganti mcb saya krna sudah tua dan menyarankan utk mengganti sluruh kabel listrik.
Setelah 1,5bln hari ini trjdi lgi mas, tiba2 lmpu mati dan ketika mau dihdupkan skring dpannya ada tulisan "dy lebih". Saya baru menyadari bahwa lampu kuning sering hdup blakangan ini di skring itu.
Menurut mas tindakan apa yg harus saya ambil? Saya kebetulan tidak mengerti ttg kelistrikan.
Tlg dibls segera ya mas, karena saya cemas.
Terima Kasih.

Unknown said...

halo mas Ariestu, blognya bagus bgt nambah banyak wawasan dan ada feedbacknya.
oh ya mau tanya, beberapa hari yang lalu rumah saya jeglek kemudian setelah dicek dilakukan pergantian MBC di dalam rumah karena sekringnya dirasa sudah melemah, dan listrik kembali nyala.
besoknya pas lagi hujan saya cek asbes rumah yang bocor di pintu halaman depan, kebetulan di posisi asbes itu ada jalur lampu listrik dan posisinya nyala. pas saya lagi benerin asbes yg bocor tersebut tiba2 saya merasakan setruman listrik kecil di asbesnya.. yang ingin saya tanyakan kenapa asbesnya bisa nyetrum? berbahayakah jika dibiarkan terus? apakah bisa terjadi konslet kembali atau setruman yang lebih besar? terimakasih

ariestu.blogspot.com said...

segera melapor ke call center 123 kak, mcb yang anjlok itu kan sebagai pengaman,, kalau posisi anjlok masih ada setrumnya kan berbahaya..

ariestu.blogspot.com said...

kwh meter prabayar sangat sensitif terhadap kelainan instalasi rumah yg terpasang. Lampu menyala kuning itu berarti ada gangguan​ pada instalasi dalam rumahya kak. Kalau muncul dy lebih. coba ketika dinaikkan mcbnya dikurangi bebannya.. jika masih tetap ada keterangan dy lebih atau lampu warna kuning nyala, kemungkinan ada kesalahan pemasangan instalasi, seperti ground yang digabungkan dengan kabel netral,,.

Karena instalasi listrik milik pelanggan penyebabnya, disarankan menghubungi ke teknisi listrik/BTL(biro teknik listrik) terdekat yang berpengalaman. Kalau Googling bs dengan kata kunci "biro teknik listrik"

semoga membantu, salam...

ariestu.blogspot.com said...

yth Ervan Rvn
Terima kasih kak..,
Oiya setahu saya asbes itu isolator, bukan penghantar listrik.
Ada kemungkinan kabelnya terkelupas, atau asbesnya dalam kondisi lembab atau basah. Sehingga memungkinkan bertegangan walau sedikit. Tentunya hal tersebut tidak boleh dibiarkan terjadi, karena akan menimbulkan arus pendek atau konsleting.
Segera amankan kabel instalasi dari kebocoran air, perbaiki asbes agar tidak rusak lagi dan pastikan kabel instalasi lampu tsb tidak terkena air, ganti kabel dengan kualitas yang baik sesuai standar SNI. Semoga membantu.. Salam

Unknown said...

boleh nanya ni, meteran rumah kelap kelip, ga mau dipencet angkanya, kondisi on, tapi koq listrik mati ya?

Unknown said...

boleh nanya ni, meteran rumah kelap kelip, ga mau dipencet angkanya, kondisi on, tapi koq listrik mati ya?

haris said...

Permisi min, mau nanya?

Mimin petugas call center pln ya? Mcb saya bau hangus dan ternyata di konektornya hangus. Kalo pln bisa ganti mcb gak ya? Trims.

Yanuar Bayu S said...

Gan, mau nanya. Misalkan rumah padam, mcb meteran ga mau ngangkat. Itu kenapa ya? Padahal barang elektronik udah di matiin semua. Terus kalo pale sikring batu, sikring nya ga nonjol tandanya apa?

Unknown said...

Mas.. Klo mati lampu (pemadaman listrik) apakah meteran dan kwhnya ikut mati.. Lcd kwh saya blank

Rahmad Azly said...

RAHMAD
Sebenarnya, kata yang palung umum digunakan utk Menyebut MCB Trip, apakah MCB Turun,MCB Jepret, MCB Jeglek, atau apa, ya?

Thanks

Unknown said...

om..mau tanya, kalo ninggalin rumah tapi agak ragu udah matiin setrika atau belum, kira kira minta tolong tetangga buat matiin sekring bisa jadi solusi yg baik gak yah ?

Unknown said...

Om
Mau tanya..
Kalo listrik mati terus nyala sendiri (nyala beberapa menit mati, nyala mati nyala mati). Tp Tidak anjlok dan tidak ada yg konslet, itu gimana ya ngatasinya

Anonymous said...

om...tanya..salah satu jalur lampu jika dinyalakan awalnya tidak mati..selang beberapa waktu padam semua jalur(mcb off)..itu kenapa om?jalur itu konslet?(padahal awalnya kan tidak mati)solusinya bagaimana?

Rahmad Azly said...

RAHMAD
Terima kasih informasinya sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan, semoga selalu berbagi ilmu pengetahuan kepada semua

Salam

Unknown said...

kalo misal peralatan elektronik nyala, mcb luar dan dalam on, tapi lampu tidak bisa dinyalakan, itu kenapa ya sebabnya?

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
ariestu.blogspot.com said...

Kwh meter prabayarnya rusak kak,, hubungi 123 aja karena kwh meter milik pln, tanggung jawab PLN. Terimakasih

ariestu.blogspot.com said...

Iya kak, call center.
MCB kalau yang di kwh meter bisa kak jika memang rusak tidak dikenai biaya. Tapi kalau mcb didalam rumah itu milik pelanggan, diluar kewenangan PLN. Demikian terimakasih

ariestu.blogspot.com said...

Kalau selama mcb yang diluar (kwh meter) masih turun ga mau ngangkat tandanya masih ada konsleting yang ga terdeteksi. Caranya lepas sekering batunya, coba angkat lagi mcb nya. Jika memang mcb nya ga mau ngangkat, berarti mcb nya udah lemah perlu diganti kak. Semoga solusi ya, trims

ariestu.blogspot.com said...

Harusnya enggak kak karena ada baterainya ,, kalau layar blank hubungi 123 untuk perbaikan/penggantian kwh meter nya.

ariestu.blogspot.com said...

Kalau Tata bahasa saya kurang paham kak,, tapi semua itu umum asal lawan bicara kita paham aja udah cukup hehe. Menurut saya yang sering orang bilang "jeglek", kalau agak teknis orangnya nyebut "trip",, kalau bahasa bakunya "turun"

ariestu.blogspot.com said...

Boleh aja, justru memang fungsi mcb kwh meter itu didepan rumah tujuannya untuk mengamankan kelistrikan rumah kita. Tp apakah mematikan sumber kelistrikan baik buat alat2 listrik dalam rumah? Misalnya barang2 dlm kulkas, nasi di magic com, pompa air untuk ikan di aquarium, cctv, dll. Mungkin perlu diperhatikan sesuai kebutuhan. Demikian terimakasih

ariestu.blogspot.com said...

Bisa menghubugi petugas PLN di 123 untuk cek kabel sak standar yang diatas rumah,, biasanya kendor. Terimakasih

ariestu.blogspot.com said...

Jalur kelistrikan dalam rumah biasanya dibedakan menjadi beberapa jalur.. kalau salah satu jalur ada yang konslet,, waktu mcb kwh meter nya jeglek seluruhnya padam.. dan sekering dalam yang jalur konsleting juga anjlok, pas MCB luar dinyalakan, perlu menaikkan salah satu mcb/sekring didalam rumah yang konsleting tadi.

ariestu.blogspot.com said...

Sama2, terimakasih

ariestu.blogspot.com said...

Lampunya doang? Coba cek vitting/dudukan lampunya kak

Unknown said...

Om sy ini ngalamin jg. Udah dicabut semua barang elektronik tp pas d on mun sama sekring anjlok lagi.terus aja bgitu

Unknown said...

Om sy ini ngalamin jg. Udah dicabut semua barang elektronik tp pas d on mun sama sekring anjlok lagi.terus aja bgitu

mymongmongi said...

Pak, salam kenal,, saya mau tanya,, saya kebetulan mau beli rumah, setelah saya lihat ko cuma rumah saya saja yg kabel listrik ny tidak nyambung langsung ke tiang listrik, tapi nyambung ny ke runah sebelah,, yang saya mau tanyakan adalah apakah diperbolehkan (legal) untuk hal tersebut? Apakah di kemudian hari ada masalah2 yg bisa timbul karna hal tersebut? Terima kasih sebelum nya,,

ariestu.blogspot.com said...

ratu galuh: sepertinya masih ada yg konsleting, telusuri lagi lebih teliti
bisa dicoba untuk membuktikan lepas sekering yang didalam rumah, atau off kan mcb dalam rumah jika sudah berbentuk mcb. lalu on kan Mcb yqng di kwh meter luar. Jika bisa naik/on berarti itu menunjukkan diinstalaai dalam maaih ada konsleting

ariestu.blogspot.com said...
This comment has been removed by the author.
ariestu.blogspot.com said...
This comment has been removed by the author.
ariestu.blogspot.com said...

mymongmongi

salam kenal,

jika kondisinya rumah ada ID pelanggan dan kwh meter sendiri serta membayar tagihan listrik ke pln setiap buln atau sistem prabayar,, memang tidak semua sambungan listrik rumah langsung dari tiang, ada yang dari rumah ke rumah.. gpp itu legal.

namun lain kondisinya,,
jika tidak ada kwh meternya,
tentu saja bangunan tersebut tidak memiliki saluran PLN sendiri dan hanya mengambil dari rumah sebelah. iya itu ilegal, selain itu mebahayakan karena tidak sesuai standar PLN/kelistrikan.

kalau dikemudian hari akan menjadi masalah,, jawabnya iya. karena menyalur listrik seperti itu tidak diperkenankan oleh PLN, karena tidak resmi.

saran cari tau apakah sebelumnya rumah tersebut sudah berlangganan PLN?, dengan mencari posisi kwh meternya. jika ada, cek id pelanggannya disitu. kita bisa tanyakan ke call center 123 apakah ada tunggakan? jika ada, maka harus diselesaikan terlebih dahulu walaupun pemilik lama yg menunggak. Selama belum dilunasi listrik sampai kapanpun tidak akan disambung oleh pln.

namun jika memang belom berlangganan sama sekali listrik (walau saya rasa tidak mungkin), maka bisa melakukan penyambungan baru dengan menghubungi call center 123 untuk pasang baru sesuai prosedur pln.

oiya hati2 dengan percaloan pasang baru PLN, dengan menghubungi 123 kita bisa mendapatkan info yang benar tentang PLN. sekian, semoga membantu ya kak. terimakasih

Unknown said...

min mau tanya, stop kontak dirumah saya mati sebagian, mcb meteran dan sekering semuanya on, kira2 kenapa ya?

Unknown said...

min mau tanya, stop kontak dirumah saya mati sebagian, mcb meteran dan sekering semuanya on, kira2 kenapa ya?

aliya said...

Malam mas. Mau tanya. Mungkin pertanyaannya sama dgn bbrp orang, tp krna saking byk komen jd ga sanggup baca semuanya dan mah kurang paham jg.

Barusan saya mencharger laptop, lalu listrik mati. Tp mcb dan sikringnya msh dlm keadaan On. Saya coba tlpn ke PLN tp disuruh minta bantuan tetangga/ orgyg paham. Baru menghubungi PLN lg..

Sedangkan di lingkungan saya tdk ada yg paham dgn pelistrikan..

Mohon bantuannya ☹️

ariestu.blogspot.com said...

kemungkinan ada jalur/kabel instalasi yang putus. Atau dipastikan lagi cek sekeringnya masih bagus atau enggak. Jgn2 hanya perlu ganti salah satu sekering aja.. :)

ariestu.blogspot.com said...

coba cek lagi, apa bener mcb dan sekeringnya on semua? jika sekering model otomatis,, dimasukkan tombol yang keluar/panjang, atau kalau berbentuk mcb dipastikan terlihat angka 1 di tuasnya. tentunya dengan sudah melepas charger laptopnya ya?
jika ternyata sudah, dan mcb kwh meter on, sekering baik2 saja, hubungi 123 lagi aja, informasikan mcb dan sekring sudah on tapi kondisi listrik masih padam. nanti akan dicek petugas. karena bisa aja kabel sambungan rumah terbakar/rusak krn mcb dan sekring ga berfungsi baik saat terjadi konsleting..

Dewi Meouw said...

tengkyu banget gan,, gua save yaa :)

Unknown said...

Nuwun sewu mimin..
Mau tanya..
Posisi ku ni ngontrak rmah. Rumah aq tinggal 3 harian posisi yg nyala 2 lampu + 1 lampu tidur..
Td aq msuk rmah, gelap bgt. Wktu aq cek..mcb token on tp mcb (mgkn sekring) satunya off. Wktu aq on kan meletup, alhasil rumah gelap bgt. Itu kira2 knp y?

ariestu.blogspot.com said...

siapp gan

ariestu.blogspot.com said...

iya kak itu ada konsleting. karena ada mcb/sekring yang turun. tinggal matiin2 aja lampu2 atau alat2 kelistrikan semua.. lalu coba angkat semua mcb. saran aja kalau ditinggal lama rumahnya pastikan tidak ada alat listrik yang rawan konslet.. seperti lampu tidur yang mudah panas/leleh. minimalkan saja kelistrikan yg mengharuskan nyala, seperti kulkas atau lampu teras. Sedangkan lampu teraspun juga bisa kok ditambahkan sensor agar bisa nyala mati scara otomatis.

Anonymous said...

Rumahnya saya tadi anjlok. Terus di hidupkan on off nya. Yo kok gak hidup ya.

ariestu.blogspot.com said...

cek on off yang di kwh meter dan juga sekering di dalam rumah kak,, harusnya on semua

Unknown said...

Sudah 3hari Semua lampu mati total, saklar meteran posisi ON, sy udah ganti sikring otomatis!!! Sikring otomatis terpasang dan saklar d ON lgi masih tatap lampu mati total.... bagai mana caranya supaya lampu d rumah sy hidup kembali.... sebelumnya trimaksih

ariestu.blogspot.com said...

kalau sudah dicek mcb meteran on dan sekering on masih tetep padam,, langsung hubungi PLN ya kak,, telp 123 atau (kode area)+123 jika memakai ponsel... nanti akan dicek petugas apakah ada kendala di sambungan dari PLN.. demikian semoga solve ya

Unknown said...

Halo om, mau nanya. Baru kejadian tadi siang waktu mau ngecas hp tiba tiba meteran OFF. Ketika mau di ON ada percikan api di meteran. Nah akhirnya cabut kabel yang terhubung dengan cas ternyata pas di ON oke gak ada masalah. Gw curiga di stopkontak pas gw nyalain stopkontak malah bener ada percikan api terus OFF lagi meteran. Akhirnya gw matiin stopkontak dan cabut kabel tadi buat penerangan dlu. Gw mau nanya om, Apakah stopkontak dengan rumah kabel yang gw pake ngecas hp ada hubungannya? Dan kalau gak ada hubungan apakah gw bisa menghubungkan kabel kembali? Dengan posisi stopkontak di offkan, karna butuh bwt cas hp sama laptop. Terimakasih dan mohon bantuannya om..

feodora25. said...

bagaimana kalo hanya sebagian lamou yg mati walaupun dicoba berulang kali

ariestu.blogspot.com said...

hehe sudah saya baca berulangkali.kok saya belum paham bener,, intinya tinggal jangan dipakai yang nyebapin konsleting tadi,, pakai kabel lain atau stop kontak lain.. trimkasih

Unknown said...

Slmt malam. Lampu indikator warna kuning di meteran pasca bayar saya menyala, setelah saya urut dari sekring. Ternyata penyebabnya adalah kulkas, kerusakan apa kira2 pada kulkas tsb bisa mengaktifkan lampu indikator tsb ? Padahal kulkasnya nyala sempurna. Terima kasih

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 259   Newer› Newest»