Tuesday, October 07, 2014

Jika rumahmu padam

Sebagai petugas call center PLN saya rasanya kurang afdol kalau gak menulis tentang listrik padam. Walau tulisan ini standar, tapi banyak juga orang yang masih awam tentang kelistrikan walau kelistrikan di rumah sendiri. Tapi ga papa, saya dulu juga gitu. Wajar kok.

Kerapkali kita harus merasa tidak nyaman karena listrik yang tiba-tiba padam saat enak-enaknya melakukan aktifitas atau beristirahat. Mengapa listrik padam? biasanya ada dua jenis listrik padam, yaitu padam satu rumah saja atau padam satu wilayah. Cara mengetahui nya mudah, demi keamanan cukup anda mengintip ke luar rumah melalui jendela apakah tetangga kanan, depan, kiri anda terang atau gelap. Dengan begini anda dapat melakukan langkah selanjutnya. 

Jika padamnya hanya 1 rumah saja, sedangkan tetangga-tetangga anda asyik-asyiknya bercengkerama, nonton sepak bola, mainan Play Station, masak-masak, menikmati sejuknya pendingin ruangan, maka anda harus segera melakukan tindakan. Ambil penerangan seadanya, lebih baik lampu senter atau emergency lamp. Penerangan lilin atau teplok atau semacamnya ga disarankan di jaman modern ini, soalnya minyak atau apinya dapat membahayakan keselamatan kita. Belum lagi asapnya. Haduh. Minimal menggunakan penerangan di hape jika ada. Siapa yang ga punya hape, ngacung?. hehe. Oiya, Kalau semisal nemuin kejadian ini di tetangga yang sendirian, atau orang tua maka bantulah,, setidaknya menemani memcahkan masalah.

Dengan menggunakan penerangan lampu senter yang anda miliki, berjalanlah ke luar rumah untuk mencari meteran listrik. Sebagai informasi karena ada juga yang belom tahu bahwa meteran listrik ini pasti berada di luar rumah. Banyak orang menyebut meteran listrik ini begenser, kilometer, speedometer, paling parah ada juga yang nyebut pesawat. Kurang paham saya kok ada yang nyebut pesawat, mungkin mirip2 istilah pesawat telepon, oh halloleloo.... Istilah yang bener adalah APP (alat pembatas dan pengukur), atau kwh meter. Tapi saya lebih suka menyebutnya meteran, karena lebih mudah dipahami.

Karena gelap hati-hati kalau berjalan mencari meteran diluar, ingat-ingat perabot atau bentuk rumah dengan baik. Atau inget biasanya si pus nongkrong dimana, agar terhindar dari keserimpet buntut kucing atau kena cakar si pus karena kesakitan buntutnya diinjek.

meteran listrik

Setelah ketemu meteran listrik, apalagi yang kudu dicek. Arahkan senter ke bagian bawah meteran listrik, disitu ada yang namanya MCB (mini circuit breaker), Biasanya banyak yang nyebut saklar, jeglekan, tuas, on-off, Biasanya warnanya biru putih kalau asli dari PLN. Nah setelah nemuin MCB ini, periksa apakah dalam kondisi on atau off?, biasanya di sana ada simbol angka 1 (untuk ON) atau angka 0 (untuk off). 

MCB meteran
Seharusnya posisi normal dalam kondisi ON atau angka 1. Jika kondisinya OFF berarti anjlok karena fungsi MCB ini memutus arus sesuai dengan ukuran kapasitas dayanya. Jika MCB anjlog atau njeglek ke OFF berarti ada arus yang lebih tinggi dari arah dalam rumah. Bisa karena kelebihan pemakaian atau hubungan arus pendek (konslet). Untuk MCB yang turun anjlok ini biarkan dulu mari cek ke tahap selanjutnya.

Gangguan padam serumah aja kebanyakan karena konsleting listrik di dalam rumah, lanjutkan pemeriksaan ke dalam rumah. Pemeriksaan lanjutan yaitu wajib periksa sekering dalam rumah. Dimana letak sekering? letaknya di dalam rumah enggak jauh dari meteran yang diluar. Sekring bentuknya macem2, untuk jaman modern bentuknya MCB sama persis seperti yang di meteran listrik tadi. Bedanya disini biasanya ada lebih dari satu MCB, karena jalur kelistrikannya di bagi2 sesuai dengan selera. 

MCB sekering

Ada pula sekering untuk kebanyakan rumah jaman dulu masih menggunakan sekering yang bundar, kelemahannya jika putus kita harus repot ngontel sepeda ke warung untuk beli sekring yang baru. Sekering ini dinamai sekering batu (entah namanya gitu), dan cara melepas sekering ini kudu diputar dari boxnya dan dibuka untuk mengetahui kawatnya putus atau enggak. Kawatnya halus dan sesuai standar ampere nya. Biasanya ada orang suka main ganti kawat aja biar nyambung lagi. Boleh-boleh aja sih tapi buat sementara, soalnya harga sekring murah banget jika dibandingkan sisi keamanan yang diberikan. 

Sekering batu

Tipe sekring lain yaitu sekring otomat, bentuk nya juga bundar tapi sudah ada on offnya. Ini Lebih canggih karena bisa digunakan berulangkali. Buat yang masih pakai sekering batu, segera aja diganti sekering model ini, harganya lebih mahal tapi bisa dipakai terus.

sekring otomatis

Setelah menemukan sekring di dalem rumah, dicek juga dalam posisi ON atau OFF, kalau MCB. Posisi nonjol atau gak untuk sekring otomatis, dan khusus untuk sekring batu, kudu dilepas dengan cara diputer, trus di bongkar dalemnya dengan cara diputar juga, lihat kawat didalemnya putus atau enggak. 

Nah biasanya disini yang paling banyak terjadi adalah sekring di dalem rumah anjlok. Biasanya kita enggak sadar tadi pas padam tiba2 itu saat kita nuncepin alat listrik, atau bisa juga karena sebab lain. MCB sekring di dalem rumah kadang tidak semuanya anjlok atau OFF.

Nah jika yang terjadi ada salah satu MCB atau sekring yang turun atau OFF atau anjlok. Ga usah buru2, tenangkan hati dan pikiran serta yakin bahwa anda bisa mengatasi hal itu. Jangan lalu ga mau berusaha dan menanamkan paham bahwa "jangan main2 sama listrik", "aku awam banget sama listrik", "aku perempuan tua dan aku ga paham listrik". Stop, lebih baik berusaha, karena instalasi listrik sudah dibuat aman oleh pengguna. Untuk pengecekan standar gini ga diperlukan profesional. Siapa tahu bisa kita atasi sendiri, ngapain harus nunggu lama buat teknisi listrik datang. 

Langkah pertama adalah pastikan semua alat2 listrik kamu udah mati. Seperti TV, kipas angin, lampu2, magic jar, pompa air, kulkas, akuarium, lampu taman dan lain2 yang kira2 berpotensi konslet. Ingat2 dan peduli sama alat listrik sekitar, masa alat elektronik yang dimiliki ga tau, kan ga mungkin. Jangan ada yang terlewat, sementara semua kabel2 dilepas dulu dari stop kontaknya. Oiya, biasanya charger itu selalu nancep di stop kontak terus. Kabel rol yang nuncep dimana2. Melepas semua peralatan elektronik ini sama dengan mengamankan jaringan.

Kalau udah dipastikan kamu ngelepasin alat2 listrik tadi semua. Mari kita berjalan lagi ke arah meteran listrik yang diluar. Kamu bisa dengan PD nyalain tuas MCB dari OFF ke ON. Jangan khawatir MCB kalau di pegang gak akan nyetrum kok, karena berupa isolator. Nah setelah berhasil di ON kan, sekring di dalam rumah juga harus di ON kan juga. "Lho kok lampu belum pada nyala juga?", Oiya, kan tadi pada dilepas dan dimatikan alat2 elektroniknya semua. Hmm semoga enggak lupa karena panik tadi.

Nah setelah sudah di on kan semua MCB dan sekringnya, kita test satu persatu kembali nyalakan lampu dan alat2 elektroniknya. Bisa dimulai dari lampu dulu untuk penerangan. Dari yang watt nya kecil dulu. Kembali tancapkan alat2 elektronik seperti sedia kala, satu persatu. Deg2an juga sih. Biasanya kalau penyebab konsleting adalah salah satu dari alat2 elektronik kamu, pas kamu nyalain benda elektronik yang bermasalah, dueerr. Listrik akan mati semua lagi. Cukup lepas alat yang bermasalah tadi, nyalakan MCB dan sekring yang anjlok lagi, semua akan beres.

Pengalaman saya pernah punya charger KW2 yang sudah busuk, masih dipaksa buat nge-charge hape. Akhirnya konslet dan mati serumah. Sempat juga sumpah serapah ke PLN yang ga becus karena akhir2 ini padam2 mulu, padahal karena kesalahan sendiri.

Sistem keamanan listrik di rumah sudah dibuat demikian aman sampai2 dibuat pengaman ganda (MCB luar dan sekring dalam). Anda harus bersyukur jika listrik anda njeglek2 terus itu berarti pengaman listrik di rumah berfungsi dengan baik. Namun dasar karena ada aja orang yang awam, tuas ON OFF di meteran itu dilem pakai alteco biar kuat dan enggak njeglek2 terus. Ya, ini baru orang awam yang bodo, karena MCB yang dilem ga bisa berfungsi lagi untuk mutus arus sewaktu ada arus pendek (konsleting), yang terjadi malah keluar percikan api. Itu masih mujur, kalau ga mujur ya kebakaran. Naudzubillah..


Jika MCB dan sekring On semua tapi kok masih padam?
Artinya gak ada listrik yang masuk ke dalam rumah. Penyebabnya bisa karena kabel sambungan dari tiang ke rumah, atau dari tiang ke tiang putus, tapi ini jarang banget kalau ga ada badai. Bisa juga karena hanya kendur di dak standar. Dak standar adalah tiang kecil letaknya diatas rumah yang terhubung dengan kabel listrik, biasanya nyambung menyambung dari rumah ke rumah, atau langsung ke tiang. Nah kalau hal ini terjadi langsung aja minta bantuan ke petugas PLN. Hubungi ke 123. Dilarang memperbaiki sendiri, karena berbahaya dan butuh penanganan profesional. Penanganannya cukup dikencangkan atau mengganti kabel jika diperlukan.

kabel Sambungan rumah
dan tiang dak standar

Nah demikian ulasan tentang listrik padam satu rumah. Sederhana aja, tapi penting. Ternyata listrik sangat penting buat kehidupan. Ada yang ga bisa tidur, mandi, belajar, makan, jualan makanan karena listrik padam. Karena pasokan listrik di Indonesia pas2an, selalu disarankan untuk menghemat listrik dengan cara apapun.

Have a nice day :)

259 comments:

«Oldest   ‹Older   201 – 259 of 259
Unknown said...

Slmt malam. Lampu indikator warna kuning di meteran pasca bayar saya menyala, setelah saya urut dari sekring. Ternyata penyebabnya adalah kulkas, kerusakan apa kira2 pada kulkas tsb bisa mengaktifkan lampu indikator tsb ? Padahal kulkasnya nyala sempurna. Terima kasih

Unknown said...

Brooo gmn klo penutup sekringnya hancur. Yg mengaitkan tembaga agar tidak terlepas. Itu hancur bro...
Awalnya saya mw liat sekring pas dibuka sekringnya jatuh terus besi penutup bagian ujung hancur mungkin karena usia sekring sdah tua sehingga vesi penutupnya retak hanya tersisa dibagian sampingnya

ariestu.blogspot.com said...

selamat malam juga,, lampu kuning menyala adalah pertanda adanya kesalahan pemasangan instalasi, yaitu digabungkannya kabel grounding dan netral,, tapi kalau tadi sudah dijelaskan hanya kulkas yang membikin lampu tsb menyala berarti ada kerusakan di alat elektronik tsb, atau jika kulkas normal berarti masih ada koneksi antara ground dan netral tsb. Dicek dengan memanggil tukang listrik bersertifikat untuk mengetahui hal tsb. perlu diketahui untuk kWh meter jenis tsb memang hanya diperbolehkan dipasang di satu titik yaitu disalah satu terminal di kwh meter.. untuk menghindari kebocoran arus listrik. demikian

ariestu.blogspot.com said...

selamat malam juga,, lampu kuning menyala adalah pertanda adanya kesalahan pemasangan instalasi, yaitu digabungkannya kabel grounding dan netral,, tapi kalau tadi sudah dijelaskan hanya kulkas yang membikin lampu tsb menyala berarti ada kerusakan di alat elektronik tsb, atau jika kulkas normal berarti masih ada koneksi antara ground dan netral tsb. Dicek dengan memanggil tukang listrik bersertifikat untuk mengetahui hal tsb. perlu diketahui untuk kWh meter jenis tsb memang hanya diperbolehkan dipasang ground di satu titik yaitu disalah satu terminal di kwh meter.. untuk menghindari kebocoran arus listrik. demikian

Tsabita Reyna said...

Kasusnya sama kayak dirumah mule beberapa hari ini. Mengingat lg puncak musim hujan, tiap hari ada pemadaman kalo ujan gedhe. Yg msh mengganjal, perlu dilaporin pln tdk ya? Biasanya baru tahu kalo msh padam sendirian, dr masjid yg bisa adzan tnpa ngidupin listrik. Kan repot. >_<

ariestu.blogspot.com said...

pada intinya jika ada lampu kuning menandakan ada instalasi yang salah, mengakibatkan kebocoran arus listtik. Biasanya ada kabel ground dan netral yang nempel atau dijadikan satu padahal seharusnya dipusatkan di satu titik yaitu salah satu diterminal di keh meter. dicoba cek kembali apakah jalur instalasi kulkas tsb ada penempelan tersebut atau memang kulkasnya ada permasalahan,, tentunya kan sudah jelas permasalahannya pada kulkas tersebut

Emma Sabatini said...

Woww terima kasih artikelnya, sangat membantu! Tadi abis jegleg jd lgsg browsing.
Mau tanya, kalau sekering dalam ada beberapa tombol, boleh dijelaskan ga biasanya pembagiaannya seperti apa?
Terima kasih

ariestu.blogspot.com said...

biasanya pembagian terserah pemilik rumah pinginnya bagaimana, biasanya 1 rumah dibagi beberapa jalur kelistrikan,, seperti kamar depan, belakang, sisi kiri atau kanan rumah. tujuannya agar jika ada yang konsleting ketika dihidupkan kembali gak semua bagian rumah padam nantinya. ini juga memudahkan dalam pencarian sumber konsleting nantinya, juga bertujuan agar beban tiap MCB tidak terlalu berat. demikian semoga terjawab. terimakasih :)

Putri said...

Gan mau tanya,tetiba listrik drmh mati,,meteraj yg dluar juga mati,trs yg didlm rmh juga sekring atau MCB itu namanya?? Hehehe ,,mati juga,,nah yg luar sudah dinaikan untuk dinyalakan,,nah yg dalem ,,ko gbsa di naikan,,kaya ngelos gt,,jd g mau d ubah posisi k nyala,,,kira2 saya harus gmn ya??

Putri said...

Gan mau tanya,tetiba listrik drmh mati,,meteraj yg dluar juga mati,trs yg didlm rmh juga sekring atau MCB itu namanya?? Hehehe ,,mati juga,,nah yg luar sudah dinaikan untuk dinyalakan,,nah yg dalem ,,ko gbsa di naikan,,kaya ngelos gt,,jd g mau d ubah posisi k nyala,,,kira2 saya harus gmn ya??

ariestu.blogspot.com said...

itu namanya MCB lemah gan,, harus dibedakan antar njepret turun lagi atau memang ngelos.. ditunggu aampai dingin dulu krn krn mcb cara kerjanya dari panas. kalau memang masih ngelos langsung ganti saja mcb dalamnya. tapi karena mcb dalam milik pelanggan jadi gak bisa minta tolong ke pln. Manggil Teknisi listrik atau BTL (biro teknik listrik) langganan yg terpercaya.

Satria Duta Dirgantara said...

Bang listrik di rumah ane pernah mati lampu tp posisi sekring sm MCB nya dlm kondisi on. Kalo kayak gitu penyebab mati lampu nya apa ya bang?

ariestu.blogspot.com said...

kalau memang sudah dicek semua on tapi listrik masih padam, berarti kemungkinan ada jaringan PLN yang putus atau kendur. Untuk hal ini silahkan hubungi pln 123 atau (kode area) 123 untuk ditangani petugas PLN.

Unknown said...

mau nanya kalau mcb pln ditempat saya 10A/2200W/220V sedangkan mcb dalam rumah dibagi 2 masing masing 10A dan 16A apakah boleh...atau aman aman aja..

ariestu.blogspot.com said...

aman aja, sesuai fungsinya tetap saja mcb akan turun saat ada arus pendek.. dan karena mcb yg di pln 10 ampere maka pemakaian tetap saja dibatasi 2200va,,atau sekitar 1870 watt. jika pemakaian lebih akan jeglek,, walau mcb didalam ada yg 16 ampere

Anonymous said...

Tulisan yang bagus gan, klo butuh bantuan bisa melalui listrikON atau teknisilistrik.online layanan cepat

Unknown said...

Maaf mau nnya mas,listrik drmh sy tiba tiba mati dan mcb sdh di posisi on tp lampu di meteran nya ga nyala?itu knp ya

Anonymous said...

Bang, saya mau nanya.
Kalau daya listrik rumah 900 watt, kita pakai mcb sekring rumah masing-masing 6A dan 6A.
Apakah aman dan tidak bahaya serta menimbulkan masalah?
Sebelumnya pakai sekring bulat otomatis dan sering ada bau hangus dan percikan api.
Jadinya, saya berencana memanggil teknisi listrik untuk mengganti sekring bulat otomatis dalam rumah ke mcb sekring rumah.
Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

ariestu.blogspot.com said...

penggantian dari sekring bulat ke mcb sudah bener, walau mungkin sekalian dipasang 6 ampere setara dengan daya 1300va.. biar nanti kalau misal naik daya ga perlu ganti lagi. Aman sih kalau yang terjadi arus pendek atau konslet tentunya mcb semua akan turun menjalankan fungsinya,, tapi jika mcb sebagai pembatas daya, maka jika pemakaian di rumah lebih dari 900va tapi belum sampai 1300va,, maka yang turun hanya mcb yang dari PLN atau yg di kwh meter

Anonymous said...

Tanya om. Ana tiap kali nyalain mesin cuci mcb selalu jegleg. Pas ana on kan mcb pertama lgsg jegleg lg, on ke 2 baru bisa (colokan mesin cuci tetap terpasang). Selama pemakaian g pernah jegleg. Cuma d saat colokan pertama, itu gimana ya om?

ariestu.blogspot.com said...

kondisi mcb nya masih bagus gak om,, kalau udah lawas,, bisa aja mcbnya udah lemah.. tp kalau masih baru coba cek mesin cucinya apa masih normal, karena mcb jeglek pasti ada arus berlebih atau arus pendek.. kalau dicoba waktu nyalain mesin cuci alat listrik lain dimatikan semua? sama saja apa enggak?

Unknown said...

Ulasannya sangat membantu thanks gan

ariestu.blogspot.com said...

lampu kuning menyala karena ada ground dan netral yg tertempel atau digabungkan. Jadi semacam salah pemasangan grounding di instalasinya. Mungkin karena kulkas salah satu alat elektronik yang menggunakan ground, maka terdeteksi sebagai kendala instalasi (lampu kuning). Memang jika kulkasnya tidak menjadi masalah, yang menjadi permasalahan adalah instalasi rumahnya. Hubungi biro teknik listrik terdekat yang tersertifikasi untuk berkonsultasi.

Unknown said...

Mau nanya om udah dua hari mcb kwh meter dirumah saya jegleg setelah kurang lebih 2-3 jam pemakaian, saya udah ngecek semua mcb group yg dalam rumah semuanya normal alias tidak ada yg jegleg petugas pln jg udah dipanggil dan udah mengganti mcbnya karena suspect mcb lemah tp masih tetap sama, yang bingungnya jika saya menggunakan generator mcb generator tidak jegleg meskipun pemakaian lebih dr 3 jam, untuk daya listrik saya 7700 kwh dan generator saya ada mcb 32 ampere di generatornya terpasang dan sebelum masuk ke instalasi dalam rumah dari keluaran generator ada terpasang mcb jg sebesar 25 ampere mohon pencerahannya om udah bingung berat

Unknown said...

Halo saya ingin bertanya, mengapa meteran listrik dirumah saya, setelah listrik menyala (pasca padam listrik), meteran listrik otomatis turun, sehingga harus di-on-kan secara manual, sedangkan rumah tetangga, saat listrik menyala, maka meteran listriknya tdk jeglek, listrik drumahnya bisa langsung menyala. Apakah ada cara mensetting meteran agar tdk otomatis jeglek saat listrik nyala pasca mati lampu? Terimakasih

Unknown said...

Makasih bang sangat bermanfaat ketika jeglek di tengah malam :3

Unknown said...

Selamat malam. Saya mau nanya listrik dirumah sering hidup mati sendiri padahal mcbnya on dan sekringnya juga on. Terus ada bunyi tak tak gitu pas listrik mati dan pas listrik hidup kembali.

Unknown said...

mf mass kalau meteran posisi on mcb on gimna..padahal meteran hidup tapi listrik gak masuk rumh tapi klok d biarkn. listrik stabil nyala sendiri dan ada bunyi d meteran

Unknown said...

Selamat Pagi saya mau bertanya, kalau listrik njeglek karena ada kabel konslet di rumah lantai 2, trus waktu dinyalakan lagi yang nyala hanya rumah lantai 1 dan listrik rumah lantai 2 mati, saya harus bagaimana yaa? terima kasih banyak

meida second sister said...

Agan mau tanya dong... metwran listrik saya.... sudah di off kan tapi lampu dirumah masih tetap menyala....dan meteran masih terus berjalan...itu kenapa yah agan yah mohon bantuannya

ariestu.blogspot.com said...

siap,, terimakasih

ariestu.blogspot.com said...

siapp.. sama2

ariestu.blogspot.com said...

apakah pemakaian alat listriknya sama, ketika pakai generator dengan listrik nyala dari PLN? kalau semisal daya yang dikontrak pln 7700 va,, pemakaiannya alat listriknya disarankan tidak mepet mendekati batas daya tsb..

ariestu.blogspot.com said...

ada kwh meter yang sensitif terhadap lonjakan daya listrik yang baru saja mengalir setelah padam. justru mcb yang jeglek saat listrik menyala kembali itu aman untuk alat2 listrik yg dimiliki. Coba ketika padam alat listrik dikurangi atau dimatikan sebagian.. apakah ketika menyala kembali masih terjadi hal demikian. Jika tidak berarti kemungkinan ada alat listrik yang bermasalah

ariestu.blogspot.com said...

siap.. terimakasih juga sudah mampir

ariestu.blogspot.com said...

coba di cek bunyinya di sebelah mana, biasanya yang sering terjadi rumah sekering bermasalah, atau kabel dak standar (yg diatas rumah) kendor. Hubungi aja kontak PLN 123 via telp, sosmed atau email, agar ditangani petugas PLN

ariestu.blogspot.com said...

kalau memang sudah dipastikan begitu langsung saja telp call center PLN 123, atau via sosmed PLN123, aplikasi PLN mobile untuk melapor.. nanti akan dicek petugas..

ariestu.blogspot.com said...

berarti ada pembagian jalur kelistrikan antara lantai 1 dan 2, coba cek MCB sekering (tuas uas on off) yang ada di dalam rumah, pastikan posisinya on semua (angka 1). Kalau ada yang off, sebelum dinaikkan cek dulu alat listrik yg berada di lantai 2,, pasti ada yg konsleting,, lepas dulu dan amankan. Jika sudah, bisa langsung yakin On kan MCb yang off. Seharusnya menyala

ariestu.blogspot.com said...

urgent kak,, hubungi PLN untuk mrmperbaiki atau mengganti MCB nya.. kalau terjadi konsleting atau arus pendek fungsinya memutuskan arus listrik secara otomatis. kalau tidak bisa off berbahaya. hubungi kontak pln123 untuk ditangani petugas PLN secepatnya, demikian terimakasih

Unknown said...

Selamat malam min mau tanya, waktu saya nyalakan lampu kamar mandi selang beberapa menit tiba2 listrik mati ketika saya cek sikring on semua , lalu saya cek mcb meteran dalam keadaan off, setelah saya matikan semua perangkat saya on kan kembali mcb meteran dan listrik menyala, lalu saya tes tes satu2 baik lampu dan alat elektronik lainya menyala dengan normal itu kenapa ya min??

Unknown said...

J

ariestu.blogspot.com said...

cek lagi lampu kamar mandinya kak,, cek lagi yang teliti.. barangkali basah, lembab, saklarnya juga, ada serabut kabel yang nempel positip negatif atau enggak. Jikalau udah dipastikan aman, mungkin mcb meteran lemah, hubungi pln 123. tapi kalau feeling saya ada kendala di instalasi lampu kmr mandinya. Kenapa sekering gak turun, cek sekeringnya amperenya sesuai atau enggak, kurang sip kalau yg berfungsi hanya mcb di meteran. Kalau kendala di dalem rumah,, hubungi tukang listrik langganan. trims :)

Unknown said...

Saya sudah cek mas mcb sikring c10 daya listrik rumah 1300 VA. beberapa hari sebelumnya kejadiannya hampir mirip saat menyalakan lampu kamar mandi mcb sikring off ,mcb meteran off, dan sudah diperbaiki oleh teknisi listrik,

Unknown said...

Kejadian barusan..
Meteran nyala (indikator hijau on), mcb on tapi listrik tidak nyala.. Cuma dirmah ku aja.. Sudah tak usahakan copot semua sambungan2 .. Tp blm bisa.

ariestu.blogspot.com said...

coba dicek sekering (mcb yang didalem rumah) sudah posisi on / angka 1 belum? jika sudah, tetap masih padam silahkan hubungi contact center pln123 via telpon, sosial media atau pln mobile.

Cak har said...

Mas...Mau nanya...di rumah sy kl listrik PLN padam itu mcb luar jeglek sendiri tapi mcb dalam posisi on/ normal....jadi kl PLN hidup lagi, terpaksa kita hrs naikin mcb yg luar dulu baru nyala lagi.....itu sebabnya ap ya mas

sobiri wonk kalisapu said...

Mau tanya kalau tiap pertama nyolokin ups ke stop kontak mcb kwh selalu turun tu terjadi saat pertama kali nyolok saja tp di coba colok lagi sampai 3x jalan normal. Yg saya heran kok yg mcb kwh yg turun padahal tapi sekring otomatis tidak turun/terputus

ariestu.blogspot.com said...

apakah memakai kwh listrik prabayar?

ariestu.blogspot.com said...

coba cek kabel kabel2 ups atau stop kontaknya terkadang perlu diganti? mcb turun biasanya memang karena ada lonjakan beban atau arus pendek.. tapi kalau memang tidak bermasalah kemungkinan mcb di kwh meter lemah.. perlu diganti oleh pln. Namun itu jarang kejadian jika kondisi mcb nya secara fisik masih oke..

Unknown said...

Mau tanya, lampu tiba2 pecah, dirumah menggunakan lampu led. karena takut koslet meteran di matikan dan lampu pecah lagi. Itu kira2 kenapa?

ariestu.blogspot.com said...

coba cek menggunakan multitester di lubang colokan listriknya voltasenya apakah normal 220 volt.. kalau lebih hub pln untuk dicek dan diperbaiki

Nur said...

Siang min, mau tanya. Sekring dan mcb rumah di off kan dengan sengaja karena lagi keluar kota tapi kok meskipun dalam keadaan off lampu indikator merah pada sekring tetap kelap kelip ya dan angka pada sekring bertambah terus padahalkan sekring dan mcb nya off. Knp ya? Mohon bantuannya. Sekedar info, sekringnya sudah diganti yg baru sama pln tapi masi sama saja keadaannya, tetap bertambah angkanya meskipun di off sekring dan mcb nya. Trimkasih

candrayanuar said...

Kejadian di listrik rumah saya...mcb on semua tapi listrik padam..rumah lain ga padam... kondisi lagi hujan angin

Rivi Amali said...

Wah membantu sekali gan
Jarang jarang ada ilmu kyak ginian tapi manfaatnya terasa gan.
Mantab gan.respect you

Unknown said...

Selamat malam .sekring baik2 saja meteran juga GX off kenapa bisa tiba2 mati nya padahal dari dalem sekring tu saya cek ada arus butuh saran donk

Akhbar Sanusi said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Baca lebih lengkap tentang komparasi Hemat Mana Listrik Token atau Meteran Hemat mana listrik token atau meteran

Akhbar Sanusi said...

Ketika Kita sudah mempunyai token listrik, tentu Kita perlu memasukkan kode tersebut dengan alat meteran prabayar yang ada di depan rumah Kita. Yang menjadi masalah adalah, banyak diantara Kita yang tidak tahu cara mengecek nomor token listrik Cara Mengecek Nomor Token Listrik

Unknown said...

Mas mau Tanya... Aku kemaren tambah Daya jadi 16 A... MCB Dalam rumah cuma satu 10A.. akhir2 ini MBC Dalam rumah sering ngetrip padahal nggak Ada nyalain apa2 MBC meteran on. Setelah finyalain listrik normal lagi Tanpa Ada konslet tapi selang berapa jam ngetrip lagi tapi nggak Ada konslet Dan pemakaian Daya rendah. Itu kenapa apa karena MCB Dalam lebih kecil Dari MCB meter? Makasih pencerahannya

«Oldest ‹Older   201 – 259 of 259   Newer› Newest»